Gear 5 merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam cerita One Piece, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari kekuatan ini. Pertarungan Luffy melawan Kaido dalam puncak pertarungan di arc Wano Country kemarin dikejutkan dengan kemunculan awakening dari buah iblis milik Luffy yang kemudian disebut sebagai Gear 5. Meskipun jadi salah satu kekuatan yang dahsyat, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari Gear 5. Apa saja?

6Rentan Terhadap Serangan Benda Tajam

Meskipun jadi salah satu kekuatan terbesar, Gear 5 nampak masih memiliki kelemahan dasanya yaitu rentan terhadap serangan benda tajam yang bisa melukai tubuh Luffy. Dalam chapter 1047, Kaido nampak menggunakan teknik Dragon Twister Demolition Breath. Teknik ini mengeluarkan angin yang mampu memotong apa pun. Ternyata, ada alasan Kaido menggunakan teknik tersebut.

Kaido sendiri kemudian menjelaskan bahwa Luffy masih lemah terhadap serangan tebasan atau serangan yang berbasis pisau atau semacamnya alias dia masih rentan terhadap serangan benda tajam. Sebenarnya, hal ini sudah sejak lama diperhatkan oleh Oda Sensei. Contohnya bagaimana Luffy terluka oleh serangan pisau dari Buggy. Dan ini juga yang kemudian membuat Luffy sadar terhadap serangan Mihawk.

Dalam pertempuran di Marineford, Luffy nampak menyadari jika dia bertindak gegabah untuk menyerang atau maju maka dia akan terkena tebasan dari Mihawk. Karena itulah, dia kemudian “melibatkan” Buggy sebagai tameng hidup. Luffy sadar bahwa dia tidak akan bisa menghindari serangan benda tajam, yang mana nyatanya ini juga yang kemudian jadi kelemahan dari Gear 5.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.