Gear 5 merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam cerita One Piece, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari kekuatan ini. Pertarungan Luffy melawan Kaido dalam puncak pertarungan di arc Wano Country kemarin dikejutkan dengan kemunculan awakening dari buah iblis milik Luffy yang kemudian disebut sebagai Gear 5. Meskipun jadi salah satu kekuatan yang dahsyat, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari Gear 5. Apa saja?

5Durasi Penggunaan Gear Berkurang

Seperti yang diperlihatkan dalam pertarungan di Onigashima, daya tahan tubuh Luffy benar-benar dibawa sampai ke batas maksimalnya. Sebelumnya, Luffy menggunakan Gear 4 yang mana hal itu hanya bertahan selama kurang lebih 10 menit. Sedangkan, saat penggunaan Gear 5 jangka waktu penggunaannya benar-benar sangat singkat sebelum kemudian dia kehabisan tenaga.

Dalam pertarungan melawan Rob Lucci, penggunaan Gear 5 Luffy memang cukup lama dibandingkan saat melawan Kaido. Mungkin, karena Luffy sudah sedari awal langsung menggunakannya dan energinya masih sangat penuh. Meskipun begitu, bukan mustahil jika terlalu sering digunakan maka penggunaan teknik Gear Luffy akan berkurang durasinya. Karena, penggunaan energi yang sangat luar biasa.

Penggunaan Gear 5 dengan durasi yang singkat juga diperlihatkan dalam pertarungan menghadapi Kizaru. Demi mencegah Kizaru mendekati Vegapunk, dia pun kembali menggunakan teknik Gear 5. Jika membandingkannya dengan saat pertarungan melawan Rob Lucci, durasinya bahkan bisa dibilang jauh lebih singkat lagi. Dan yang menjadi catatan adalah sebelum pertarungan, Luffy sempat makan terlebih dahulu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.