Gear 5 merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam cerita One Piece, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari kekuatan ini. Pertarungan Luffy melawan Kaido dalam puncak pertarungan di arc Wano Country kemarin dikejutkan dengan kemunculan awakening dari buah iblis milik Luffy yang kemudian disebut sebagai Gear 5. Meskipun jadi salah satu kekuatan yang dahsyat, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari Gear 5. Apa saja?

7Energi Terkuras Habis

Kelemahan Gear 5 yang pertama yang paling mencolok adalah memerlukan stamina yang besar, sehingga energi Luffy terkuas habis. Seperti yang pernah diucapkan oleh Trafalgar Law dan Eustass Kid saat menggunakan kekuatan baru mereka yang merupakan awakening dari buah iblis masing-masing, kekuatan awakening benar-benar sangat menguras tenaga dan stamina mereka.

Dalam kasus Luffy, bukti dari hal ini diperlihatkan di chapter 1045 kemarin. Setelah cukup lama menggunakan kekuatan Gear 5, Luffy nampak kelelahan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan wajahnya, di mana Luffy berubah menjadi sangat lemas dan seperti orang yang berada di ujung kematiannya. Luffy nampak kehabisan tenaga setelah penggunaan Gear 5 tersebut dan Luffy sendiri mengatakan jika Gear 5 benar-benar menguras semua energi dan stamina miliknya.

Hal ini juga kembali terjadi pasca pertarungan melawan Rob Lucci dan juga admiral Kizaru, di mana Luffy nampak kelelahan dan berubah wujud menjadi sosok orang tua. Selain beristirahat, suara genderang kebebasan menjadi cara lain untuk bisa bangkitkan kembali kekuatan Luffy. Hal ini diperlihatkan dalam momen pertarungan melawan Kaido sebelumnya. Sedangkan, saat menghadapi Rob Lucci dan Kizaru sepertinya istirahat menjadi jalan untuk memulihkan stamina Luffy.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.