James Cameron baru-baru ini memberi tahu majalah People bahwa Avatar 3 masih direncanakan untuk rilis pada Desember 2025. Film tersebut sudah mulai digarap sebelum Avatar: The Way of Water tayang di bioskop pada Desember 2022 dan menjadi film dengan pendapatan tertinggi ketiga dalam sejarah dengan $2,3 miliar secara global. Di saat yang bersamaan, James Cameron juga memproduksi Avatar 3 bersamaan dengan Avatar 4 untuk memangkas biaya produksi yang akan semakin banyak jika filmnya dikerjakan secara terpisah.

“Kami melakukan pemotretan (motion capture) untuk film ketiga dan syuting untuk film ketiga, dan sebagian produksi bercampur dengan (Avatar: The Way of Water), dan bahkan kami melakukan (syuting) untuk sebagian dari film keempat karena karakter muda kami semua akan mengalami lompatan waktu yang besar di film empat. Kita melihat mereka dan kemudian kita pergi selama enam tahun dan kita kembali.” Ungkap James Cameron tentang lompatan waktu alias time skip di Avatar 4.

Cameron masih memiliki sisa syuting untuk Avatar 4, sementara untuk Avatar 5, dia masih belum memulainya. Film ketiga awalnya akan dirilis pada 2024, tetapi Disney menunda waralaba tersebut dan menjadwalkan Avatar 3 untuk rilis pada 19 Desember 2025. Sementara Avatar 4 dijadwalkan untuk rilis pada 21 Desember 2029, diikuti oleh Avatar 5 pada 19 Desember 2031. Berdasarkan jadwal ini, film Avatar terakhir akan tayang 22 tahun setelah film pertamanya rilis tahun 2009.

Menariknya, menurut James Cameron, membuat film ketiga sebenarnya jauh lebih mudah daripada film kedua. Menurut James Cameron, pembuatan film kedua memang terganggu akibat adanya pandemi COVID-19, yang menganggu produksinya selama beberapa waktu, sementara di film ketiga ini, produksinya menjadi jauh lebih mudah, karena semuanya berjalan normal. Masih belum diketahui cerita apa yang bakal dihadirkan dalam film keempat nanti, mengingat masih sangat lama bagi kita untuk dapat menyaksikan filmnya.

Sementara itu dalam film ketiga, sudah dikonfirmasi bahwa ada suku baru yang akan dihadapi para karakter utama yaitu suku Ash People. Akan sangat menarik untuk melihat seberapa besar ancaman yang akan diberikan oleh Ash People nanti. Kita tunggu aja Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/