Sejauh ini film Avatar: The Way of Water telah berhasil memecahkan sejumlah rekor dunia, termasuk film tahun 2022 tercepat yang mencapai pendapatan 1 miliar dolar Amerika. Kesuksesan ini secara tidak langsung telah menggambarkan betapa besarnya perhatian penggemar terhadap waralaba Avatar dari sutradara James Cameron. Menariknya, untuk lebih meningkatkan antusiasme penggemar, Cameron baru saja membagikan beberapa detail baru terkait film Avatar 3 mendatang, yang melibatkan suku Na’vi api. Siapa dan seperti apa suku baru ini? Mari kita coba telusuri berbagai petunjuk dan teorinya, Geeks.

Ash People, Suku Protagonis di Avatar 3

Seperti yang kita tahu, film Avatar The Way of Water sendiri telah memperkenalkan suku Na’vi baru yang berbasis di samudra Pandora, yaitu Metkayina. Meskipun kuat dan juga dipenuhi dengan jiwa-jiwa perlawanan layaknya suku hutan Omaticaya di film pertama, Metkayina pada dasarnya adalah suku Na’vi yang baik. Di mana Jake dan kepala suku Tonowari baru memberikan perlawanan kepada para manusia dari RDA, ketika kestabilan desa mereka benar-benar terancam. Berbeda dari Metkayina, suku Na’vi api di Avatar 3 nanti dikabarkan akan jauh lebih agresif dari itu.

Tidak lama setelah film The Way of Water dirilis, dalam sesi wawancaranya dengan majalah 20 Minutes, Cameron menjelaskan bahwa film Avatar 3 nanti akan memperkenalkan suku Na’vi yang cukup dekat dengan api, yaitu ‘Ash people’. Dia bahkan memberikan sedikit bocoran bahwa Ash People akan jadi protagonis di film trikuelnya nanti. “Saya ingin mengungkap [kehidupan] Na’vi dari sudut pandang lain. Di dua film perdananya ada contoh manusia yang sangat negatif dan contoh Navi yang sangat positif. Di Avatar 3 kita akan melakukan sebaliknya,” ungkap Cameron.

Berdasarkan petunjuk dari Cameron ini, di film Avatar 3 nanti suku api mungkin akan digambarkan lebih jahat dari manusia, di mana mereka tidak akan ragu dalam menyerang sesama Na’vi. Meskipun Cameron tidak menjelaskan lebih lanjut, ada kemungkinan para anggota suku api ini nantinya akan mempunyai karakteristik yang mirip Neytiri. Di mana kita semua tahu bahwa Neytiri mempunyai kebencian yang sangat mendalam terhadap bangsa manusia yang menjajah Pandora. Bedanya, di Ash People nanti tidak ada orang yang bisa meredam mereka, seperti yang sering dilakukan Jake kepada istrinya, Neytiri.

Ash People, Na’vi Gunung Berapi?

Berdasarkan informasi yang beredar, disebutkan juga bahwa suku api di Avatar 3 nanti akan mempunyai kedekatan khusus dengan gunung berapi, mirip seperti suku Metkayina yang dekat dengan samudra atau Omaticaya yang menghormati hutan. Dari sinilah muncul sebuah teori yang dapat membuat suku api Pandora alias Ash People terlihat lebih jahat dari suku Na’vi lainnya. Salah satunya bisa saja terletak pada budaya dan cara pandang sukunya yang senang melakukan ritual pengorbanan untuk gunung berapi.

Mungkin pada dasarnya Ash People juga sama seperti suku Na’vi lain yang sangat menghormati Eywa, entitas penuntun semua kehidupan Na’vi di planet Pandora. Bedanya, untuk menghindari kemarahan Eywa yang telah membimbing mereka selama ini, para Ash People akan menjadikan manusia penjajah Pandora sebagai subjek ritualnya. Di mana mereka akan menangkap sejumlah manusia di Pandora dan melemparkan mereka ke dalam gunung berapi. Dengan begitu, untuk pertama kalinya suku Na’vi akan terlihat lebih buruk dari manusia RDA, sesuai dengan tujuan Cameron di Avatar 3 nanti.

Kiri Mengetahui Sisi Gelap Ash People

Di film Avatar The Way of Water, kita juga telah diperkenalkan kepada karakter Kiri, anak angkat Jake dan Neyiri yang bisa berhubungan langsung dengan Eywa. Jika teori tentang Ash People ini benar, ada kemungkinan Kiri nantinya akan jadi orang pertama yang menyadari sisi gelap dari suku api di Avatar 3 tersebut. Dia tahu bahwa pengorbanan yang dilakukan oleh Ash People justru tidak disukai oleh Eywa bahkan mungkin membuatnya marah. Hal inilah yang nantinya akan memicu konflik antara Ash People dengan Metkayina, suku Na’vi yang menaungi Kiri dan keluarganya.

Itulah pembahasan tentang gambaran suku api di film Avatar 3 mendatang beserta teori kemunculannya. Dengan membalik peran antara manusia RDA dan suku Na’vi di film ketiganya nanti, setidaknya hal itu akan membuat waralaba Avatar tidak terasa membosankan dan mudah ditebak. Terlebih lagi bagi Jake dan Neytiri, hal tersebut akan membuat mereka berpikir ulang bahwa tidak semua manusia jahat dan tidak semua Na’vi baik. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya ya, Geeks. Saat ini film Avatar 3 sendiri dijadwalkan untuk tayang pada 20 Desember 2024 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.