Ternyata Vegapunk memiliki tujuan tertentu mengapa kemudian dia simpan ingatan Kuma di pulau Egghead dan menyembunyikannya dari orang lain. Dalam alur cerita Egghead, kita meliht bagaimana Vegapunk menyimpan seluruh ingatan dari Bartholomew Kuma di sebuah tempat yang tersembunyi. Vegapunk juga tidak mengizinkan siapapun melihat isi kenangan tersebut, termasuk Bonney. Namun, ternyata memang ada tujuan dari Vegapunk mengapa kemudian dia melakukan hal tersebut.

3Kuma Menjadi Pacifista

Di chapter 1100 kita akhirnya tahu apa yang kemudian jadi alasan besar mengapa Bartholomew Kuma setuju untuk menjadi Pacifista. Seperti yang Geeks ketahui, dalam cerita One Piece sosok Kuma adalah sumber kekuatan dari para Pacifista. Dia merupakan senjata manusia, yang kemudian jadi sumber dari kloning senjata milik World Government. Menjadi Pacifista, Kuma sudah kehilangan kesadaran akan dirinya.

Dia sudah bukan lagi manusia, melainkan robot yang mendapatkan perintah. Kuma pada awalnya adalah manusia biasa. Dalam alur cerita kilas baliknya kemarin, kita menemukan fakta jika Kuma terlahir dari keluarga normal. Namun, sang ayah ternyata merupakan keturunan bangsa Buccaneer yang memiliki DNA suku raksasa. Hal tersebut kemudian diwarisi kepada Kuma.

Selain kehilangan sisi manusianya, Kuma juga diketahui harus kehilangan seluruh ingatannya setelah berubah menjadi Pacifista. Banyak para fans yang kemudian penasaran apa yang menjadi alasan Kuma mau menerima tawaran Vegapunk menjadi Pacifista. Banyak teori yang kemudian muncul terkait hal ini, namun akhirnya pertanyaan tersebut terjawab di chapter 1099 dan 1100.

Ternyata, pada awalnya, Vegapunk hanya akan mengubah Kuma menjadi sumber kloning dari tentara super yang kemudian kita kenal dengan Pacifista. Kuma sepakat melakukan hal tersebut, karena Vegapunk berjanji akan menyembuhkan penyakit Sapphire Scale milik Bonney. Namun, Gorosei Saturn berhasil mencuri dengar kesepakatan tersebut yang mana ternyata dia memiliki rencana jahat terhadap Kuma.

Ada tiga hal yang harus Kuma penuhi agar dia bisa selamat dan juga Bonney pun bisa selamat. Yang pertama adalah Kuma harus mau menjadi Shichibukai. Kedua, dia harus menjadi senjata manusia yang hebat dengan mengubahnya menjadi cyborg. Dan yang ketiga adalah Kuma harus dihapus ingatannya tentang semua hal yang terjadi. Vegapunk sendiri sebenarnya tidak setuju dengan hal tersebut, namun Gorosei Saturn memiliki kuasa akan hal itu. Dan akhirnya, Kuma pun menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Vegapunk Selamatkan Kuma – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.