Tahun 2021 lalu, kita disuguhkan dengan pertarungan epik antara Godzilla dan Kong. Dalam film tersebut, sebenarnya Godzilla mampu memenangkan pertarungan sebelum akhirnya dia dikalahkan oleh Mechagodzilla. Beruntung karena akhirnya, Kong mampu menyelamatkan Godzilla yang terpojok oleh Mechagodzilla. Nah setelah penantian yang cukup panjang, tak lama lagi kita akan segera menyaksikan sekuel Godzilla vs Kong, yang berjudul resmi Godzilla x Kong: The New Empire. Teasernya pun telah dirilis, dan mengungkap kemunculan kaiju baru yang sepertinya menjadi musuh Godzilla dan Kong sekaligus menjadi musuh utama di MonsterVerse. Lantas siapa kaiju misterius tersebut?

Musuh Utama di MonsterVerse?

Di film Kong: Skull Island, semuanya menjadi cukup jelas. Kong diceritakan menjadi sosok terakhir dari spesiesnya. Dan jika Kong tewas, maka spesiesnya akan punah. Tetapi dalam film Godzilla vs Kong, terungkap bahwa sebenarnya ada sebuah tempat bernama Hollow Earth, yang ternyata adalah rumah asli dari Kong dan spesiesnya. Kong pun berhasil masuk ke Hollow Earth, dengan harapan menemukan spesiesnya yang lain yang bertahan hidup.

Sayangnya, Kong tidak menemukan mereka yang hidup. Kong mungkin belum bisa bertemu dengan spesiesnya yang lain bukan karena spesiesnya benar-benar punah, melainkan karena Hollow Earth sangatlah luas. Kong masih perlu waktu lebih banyak untuk menjelajahi tempat yang masih menyimpan banyak misteri itu, untuk menemukan keluarganya yang lain.

Menariknya dalam teaser Godzilla x Kong: The New Empire, muncul kaiju misterius yang tengah duduk di sebuah tahta yang dikelilingi tengkorak Kong dan Godzilla. Kemungkinan, kaiju itulah yang menjadi lawan yang dihadapi Godzilla dan Kong nanti. Yang membuat gempar adalah kaiju tersebut mirip seperti kera, yang kemungkinan masih satu spesies dengan Kong. Karena kaiju misterius itu menjadi antagonisnya, masuk akal jika dia diteorikan sebagai penyebab mengapa nenek moyang Godzilla dan Kong saling berselisih. Sepertinya dialah penyebab semua itu, sehingga Godzilla dan Kong sempat bermusuhan.

Memperebutkan Hollow Earth?

Beberapa waktu lalu, Adam Wingard yang menjadi sutradara Godzilla vs. Kong sudah mengkonfirmasi bahwa Kong sudah menjadi raja, sehingga dia sekarang dijuluki dengan nama King Kong. Hal itu terjadi setelah Kong berhasil menduduki singgasananya di Hollow Earth, yang mengukuhkan posisinya sebagai King Kong. Itu juga berarti bahwa Kong menjadi alpha di Hollow Earth. Tetapi mungkin saja, sebelum Kong menjadi alpha di Hollow Earth, adalagi sosok sebelum dia yang menyandang gelar tersebut, dan, kaiju misterius itulah yang mungkin menjadi alpha sebelum Kong.

Pasalnya seperti yang disebutkan di atas bahwa kaiju misterius itu juga duduk di singgasananya. Apakah dalam film The New Empire, Kong dan kaiju misterius itu akan melakukan pertarungan satu melawan satu, demi membuktikan diri sebagai penguasa Hollow Earth yang sesungguhnya? Hal tersebut memang sangat mungkin terjadi, karena tentu saja setiap monster memiliki insting untuk menjadi alpha, predator puncak di wilayah tersebut. Kemenangan Kong di akhir filmnya bisa saja mengukuhkan statusnya sebagai raja di Hollow Earth. Akan sangat menarik melihat musuh baru di Monsterverse ini beraksi

Adanya Perang Kaiju?

Godzilla x Kong: The New Empire sepertinya bukan hanya menampilkan konflik antara satu atau dua spesies monster saja. Beberapa petunjuk dalam teasernya seolah menunjukkan bahwa akan ada skala pertarungan yang jauh lebih besar lagi. Dalam teaser, ada beberapa tulang yang berserakan di depan singgasana. Meski tulangnya mirip tulang Godzilla dan Kong, tetapi kita meyakini bahwa itu bukanlah tulang Godzilla dan Kong yang selama ini kita lihat di Monsterverse. Bisa jadi itu adalah spesies Godzilla dan Kong telah eksis ribuan tahun di Hollow Earth.

Nah dalam sebuah adegan pembuka di film Godzilla vs Kong, tampak sebuah mural yang sepertinya memprediksi bahwa Mothra dan Skullcrawler ikut terlibat dalam pertempuran di masa yang akan datang. Dengan bukti tersebut, perang kaiju di Godzilla x Kong: The New Empire sepertinya benar-benar akan terjadi.

Ada kemungkinan jika nantinya Godzilla dan Kong akan kembali bekerjasama lagi. Pasalnya judul film ini adalah Godzilla x Kong. Jika merujuk kata “x”, sepertinya itu menjadi tanda bahwa akan ada kolaborasi di antara keduanya. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa di akhir film Godzilla vs. Kong, keduanya berakhir dengan “damai”, setelah keduanya mencoba mengalahkan Mechagodzilla yang lepas kendali. Dan tentu saja keduanya akan berusaha keras untuk mencoba mengalahakan kaiju misterius yang kita bahas di point pertama.

Tentunya Geeks, semua itu masih sebatas teori, dan sangat besar kemungkinan jika teori itu salah tentang siapa musuh baru di Monsterverse itu. Untuk mengetahui detail pastinya, tentunya kita baru akan mengetahui saat filmnya rilis tahun depan. Kita tunggu aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/