Selain dari Jepang, ternyata ada beberapa Kaiju yang tidak kalah dahsyat dan mengerikan yang berasal dari berbagai negara. Kaiju atau monster raksasa biasanya erat kaitannya dengan Jepang. Hal ini wajar, karena negara tersebut merupakan pencipta dari karakter kaiju di mana Godzilla sendiri muncul pertama kali pada tahun 1954. Namun, ternyata, selain di Jepang beberapa negara lainnya juga memiliki Kaiju versi mereka. Seperti apa?

1Kaiju Dari Film The Host

Kaiju dari berbagai negara yang pertama berasal dari Korea Selatan. Sayangnya, Kaiju ini tidak memiliki nama. Kaiju tersebut muncul di film garapan sutradara Bong Joon-Ho yaitu Gwemul atau The Host. Bersetting di tahun 2000, ceritanya bermula ketika seorang ahli patologi militer Amerika memerintahkan asistennya yang berasal dari Korea Selatan untuk membuat 200 botol formaldehyde ke saluran pembuangan.

Saluran pembuangan tersebut bermuara di sungai Han. Tanpa mereka sadari ternyata cairan kimia tersebut membuat makhluk yang ada di sungai Han bermutasi dalam beberapa tahun kedepan, di mana salah satunya adalah makhluk amfibi misterius. Ternyata, makhluk tersebut menebarkan teror di mana makhluk mutasi itu memakan korban manusia.

Berbagai pihak pun kemudian bersatu untuk bisa menghentikan kaiju mengerikan itu. Meskipun secara kualitas CGI kaiju yang muncul kurang maksimal, namun permainan tracking dan lighting yang apik membuat kaiju tersebut terlihat nyata. Yang menarik juga adalah alur cerita yang muncul dalam film ini terinspirasi dari peristiwa politik di dunia nyata di mana di tahun tersebut seorang petugas yang biasa mengurusi jenazah dari pihak Korea mendapatkan perintah dari pihak militer Amerika untuk membuang formaldehyde ke saluran pembuangan.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.