Selain dari Jepang, ternyata ada beberapa Kaiju yang tidak kalah dahsyat dan mengerikan yang berasal dari berbagai negara. Kaiju atau monster raksasa biasanya erat kaitannya dengan Jepang. Hal ini wajar, karena negara tersebut merupakan pencipta dari karakter kaiju di mana Godzilla sendiri muncul pertama kali pada tahun 1954. Namun, ternyata, selain di Jepang beberapa negara lainnya juga memiliki Kaiju versi mereka. Seperti apa?

2Gorgo

Gorgo sebenarnya merupakan kaiju yang berasal dari era yang sama dengan Godzilla. Kaiju ini pertama kali muncul di tahun 1961, hanya berjarak tujuh tahun dari perilisan perdana film pertama Godzilla. Namun, memang popularitas Gorgo sangat jauh di bawah Godzilla. Gorgo sendiri merupakan kaiju dari film dengan nama yang sama, yang merupakan hasil kerja sama beberapa negara.

Negara yang terlibat dalam pembuatan Gorgo adalah Amerika, Inggris, dan Irlandia. Karena terinspirasi dari Godzilla, Gorgo benar-benar menghadirkan hampir setiap aspek yang ada dari kaiju legendaris tersebut. Ceritanya sendiri berfokus pada sekelompok pencari mutiara dan nelayaan yang menemukan seekor makhluk amfibi yang sangat aneh di lepas pantai Irlandia.

Setelah berhasil ditangkap, nelayan itu kemudian memberi nama makhluknya ‘Gorgo’ dan menjualnya sebagai sebuah atraksi karnaval di London. Hal ini pun membuat ibu dari sang monster, Ogra, marah dan menghancurkan daerah London dengan berharap anaknya bisa kembali. Gorgo sendiri sebenarnya hendak ditayangkan di Jepang, namun batal untuk terlaksana. Dan film ini pun mampu menghadirkan efek yang menarik dan luar biasa di era tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.