Meski film 2023 masih belum berakhir, tetapi saat ini kita sudah mengetahui mana-mana saja film yang sukses, dan mana-mana saja film yang berakhir dengan kegagalan. Oppenheimer dan Barbie menjadi salah satu film paling sukses di tahun ini, di mana kedua film itu merajai box office ketika rilis. Sementara itu, ada beberapa film yang dianggap paling merugi di tahun 2023, karena anggaran pembuatan dan promosi filmnya dianggap lebih besar daripada total pendapatannya di box office. Biasanya sebuah film dianggap tidak merugi jika pendapatannya 2x lipat dari total anggaran yang dikeluarkan. Lantas apa saja film paling merugi di tahun 2023?

Haunted Mansion

Membawa nama besar Disney ternyata tidak membuktikan bahwa sebuah film akan sukses besar. Haunted Mansion mengambarkan hal tersebut, di mana filmnya gagal bersinar di box office. Film ini hanya sukses mendapat pendapatan $106 juta. Padahal Disney sudah menggelontorkan dana sebesar $157 juta (via Deadline). Kerugian tersebut sepertinya disebabkan dengan ulasan beragam yang diterima filmnya, ada yang menganggap film ini baik, di satu sisi filmnya dianggap buruk. Buat kalian yang belum tahu, Haunted Mansion diadaptasi dari wahana populer di Disneyland. Filmnya menceritakan tentang ibu dan anak yang pindah ke sebuah rumah yang penuh hantu. Dan di saat itulah sebuah tim dibentuk untuk memerangi hantu-hantu yang bersemayam di dalamnya.

The Flash

Sebelumnya, banyak yang memprediksi bahwa film The Flash akan gagal total. Prediksi tersebut akhirnya terbukti saat filmnya rilis di Juni 2023 lalu, di mana filmnya hanya meraup $268 juta saja. Padahal Warner Bros sudah menggelontorkan dana $200 juta untuk memproduksinya, dan $65 juta untuk mempromosikannya di seluruh dunia. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan film ini, dari mulai filmnya yang berada ditengah-tengah reboot yang dilakukan DC Studios, hingga kasus kontroversial yang terjadi dengan sang bintang, Ezra Miller. Para penonton pun mengeluhkan CGI buruk yang dihadirkan dalam film ini, sehingga banyak penonton yang memprotesnya. Agar The Flash dikatakan sukses, filmnya harus meraup pendapatan $400 juta lebih.

Shazam! Fury of the Gods

Film paling merugi berikutnya adalah Shazam! Fury of the Gods. Ini menjadi film pembuka DC yang mengawali tahun 2023. Film ini menjadi sekuel langsung dari film Shazam pertama yang rilis tahun 2019 lalu. Filmnya menceritakan tentang sang karakter utama Shazam yang harus menghadapi ancaman villain baru bernama Hespera dan Kalypso. Nama-nama besar yang membintangi film ini seperti Zachary Levi dan Helen Mirren belum cukup untuk membuat film ini sukses. Filmnya hanya mampu mendapatkan pendapatan $133 juta saja. Padahal pembuatan filmnya menghabiskan anggaran sebesar $125 juta, dan itu belum termasuk biaya promosi yang digelontorkan. Awalnya film ini diprediksi akan sukses, tetapi prediksi tersebut meleset hingga membuat kerugian bagi Warner Bros.

Indiana Jones and the Dial of Destiny

Ini adalah film kelima dari franchise Indiana Jones, sekaligus film terakhir Harrison Ford sebagai sang karakter utama, Indiana Jones. Meskipun filmnya menawarkan hype karena perpisahaan bagi sang aktor, tetapi Dial of Destiny hanya berhasil mendapatkan pendapatan $360 juta saja, jauh dari yang diharapkan oleh Disney. Karena sebelumnya film ini ditargetkan untuk menghasilkan setidaknya $600 juta. Untuk membuat film ini, Disney menggelontorkan dana $300 juta (via Screenrant), sehingga menjadikan film ini sebagai salah satu film termahal di tahun 2023. Kemungkinan besar, Dial of Destiny kehilangan peminat, karena filmnya terlalu lama dibuat, karena film sebelumnya rilis di tahun 2008 lalu. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/