Selama bertahun-tahun, banyak artis yang datang dan pergi ke MCU. Contohnya adalah Christian Bale dan Cate Blanchett, di mana keduanya memerankan karakter Gorr the God Butcher dan Hela, dua villain yang muncul dalam film Thor: Love and Thunder dan Thor: Ragnarok. Setelah kemunculan perdana pada dua film tersebut, Bale dan Blanchett tidak pernah kembali ke MCU. Mungkin cerita tentang karakternya telah berakhir, dan pekerjaan mereka telah selesai. Tetapi nih Geeks, ada beberapa aktor di MCU yang tidak pernah kembali di MCU karena mereka telah meninggal dunia. Siapa saja aktor MCU yang telah meninggal dunia?

Chadwick Boseman

Pemeran "Black Panther" kenang Chadwick Boseman

Pada tanggal 28 Agustus 2020, muncul kabar mengejutkan dari Chadwick Boseman. Dia diberitakan meninggal dunia. Kabar kematiannya mengejutkan banyak pihak. Apalagi saat itu, namanya tengah naik daun setelah memerankan karakter T’Challa alias Black Panther di MCU. Selain membintangi MCU, dia juga membintangi film-film lain seperti 42, 21 Bridges, dan Get on Up. Boseman meninggal akibat kanker usus yang dia sembunyikan sejak lama. Memang selama bertahun-tahun, tidak ada yang menyangka bahwa Boseman memendam penyakit mematikan karena dia selalu tampil prima. Boseman dikenal sebagai aktor berbakat, dan kehilangannya memberikan pengaruh besar dalam dunia hiburan.

Stan Lee

Stan Lee masuk dalam daftar ini karena dia juga sebenarnya adalah aktor MCU. Meski hanya tampil sebagai cameo dihampir semua film MCU, tetapi itu sudah cukup untuk membuatnya disebut aktor. Tentunya semua orang sudah tahu bahwa Stan Lee juga memiliki keterlibatan yang besar dalam terbentuknya MCU. Dialah sosok yang menciptakan berbagai karakter Marvel seperti Hulk, Spider-Man, Black Widow, dan masih banyak lagi. Stan Lee meninggal karena gagal jantung dan pneumonia pada tanggal 18 November 2018 di usia 95 tahun. Namun dia meninggalkan warisan epik bagi MCU, dan warisannya akan terus ada.

William Hurt

Aktor MCU berikutnya yang meninggal dunia William Hurt. Hurt adalah aktor berbakat. Dia sudah mengantongi banyak penghargaan bergensi, seperti BAFTA Award, Festival Film Cannes, hingga Academy Award. Dengan deretan penghargaan yang telah Hurt terima, Marvel Studios beruntung karena memiliki aktor tersebut. Di MCU, William Hurt memerankan seorang karakter bernama Jenderal Thaddeus Ross. Dia melakukan debut di tahun 2008. Kemudian dia mengulangi peran tersebut dalam film Captain America: Civil War, Infinity War, Endgame, dan film Black Widow. Tetapi pada tahun 2022, Hurt meninggal dunia di usia ke 71 tahun. Padahal ketika itu, dia disiapkan untuk membintangi film Captain America 4.

Garry Shandling

Nama Garry Shandling memang cukup asing ditelinga kita. Tetapi sebenarnya dia adalah aktor yang sudah membintangi banyak series dan film semasa hidupnya. Contohnya adalah series The X-Files, dan Zoolander. Sementara itu di MCU, dia setidaknya sudah muncul di dua film yaitu Iron Man 2 dan Captain America: The Winter Soldier. Buat kalian yang lupa, Shandling memerankan Senator Stern, yang akhirnya terungkap bahwa dia adalah pendukung HYDRA. Sayangnya kita tidak akan pernah melihatnya kembali ke MCU, karena Shandling meninggal dunia pada Maret 2016 di usia 66 tahun akibat penyakit paru-paru yang dia derita.

Gaspard Ulliel

Gaspard Ulliel adalah aktor asal Prancis yang sebenarnya baru bergabung di MCU. Dia bergabung ke MCU di tahun 2022, tepatnya dalam series Moon Knight. Ulliel memerankan seorang kolektor barang antik sekaligus kenalan Layla El-Faouly bernama Anton Mogart. Tetapi Ulliel meninggal dunia pada Januari 2022 di usianya yang cukup muda yaitu 37 tahun. Ulliel meninggal setelah menderita luka serius di kepalanya setelah mengalami kecelakaan ski di Prancis. Setelah kematian Ulliel, beberapa organ tubuhnya didonasikan kepada enam orang lain yang membutuhkan. Selain membintangi Moon Knight, Ulliel juga membintangi film Hannibal Rising dan Paris Je T’aime.

Neil Fingleton

Kita sebenarnya tidak pernah melihat wajah Neil Fingleton di MCU. Bagaimana bisa? Yap, itu karena Fingleton hanya menggunakan motion capture ketika memerankan Ultron di Avengers: Age of Ultron. Sementara itu suara Ultron disuarakan oleh James Spader. Fingleton sebenarnya seorang aktor kebangsaan Inggris, dan dia juga masuk di antara 25 pria tertinggi di dunia, karena memiliki tinggi badan 232,6 cm. Karena tinggi badan itulah yang membuatnya dipilih sebagai pemeran Ultron yang juga sama tingginya. Selain Age of Ultron, Fingleton juga pernah membintangi proyek lain seperti X-Men First Class, Game of Thrones, dan Doctor Who. Namun dia meninggal dunia pada tahun 2017 lalu karena penyakit jantung.

Miguel Ferrer

Aktor MCU berikutnya yang meninggal dunia adalah Miguel Ferrer. Pada tahun 2013, Miguel Ferrer membintangi film MCU berjudul Iron Man 3. Dalam film tersebut, Ferrer memerankan Wakil Presiden Amerika Serikat yaitu Rodriguez. Jelang akhir film, ternyata terungkap bahwa Rodriguez bekerja sama dengan sang villain utama yaitu Aldrich Killian, dalam upaya untuk menyembuhkan putrinya. Ferrer sendiri meninggal pada Januari 2017 pada usia 61 tahun karena gagal jantung dan komplikasi kanker tenggorokan. Selain membintangi film Iron Man 3, Miguel Ferrer juga merupakan aktor kawakan yang sudah membintangi banyak film seperti Noah, Sunshine State, dan masih banyak lagi.

Eugene Lazarev

Ketika mendengar namanya, kalian akan langsung mengetahui bahwa Eugene Lazarev adalah seorang aktor keturunan Rusia-Amerika. Pada tahun 2010, tepatnya dalam film Iron Man 2, Lazarev memerankan Anton Vanko, ayah Ivan Vanko sekaligus mantan mitra bisnis Howard Stark. Hubungan yang tidak sehat antara keluarga Vanko dan Stark yang pada akhirnya memicu Vanko untuk menghancurkan Stark Industries. Memang Lazarev hanya muncul cukup singkat dalam film tersebut, dan ternyata itu adalah film terakhir yang Lazarev bintangi. Pada November 2016, Lazarev meninggal dunia di usia 79 tahun akibat serangan jantung. Selain membintangi film Iron Man 2, Lazarev juga membintangi film Hollywood lainnya seperti The Saint, Lord of War, dan The Sum of All Fears.

Ray Stevenson

Ray Stevenson adalah aktor Irlandia Utara yang memulai debutnya di MCU dalam film Thor. Dia memerankan karakter bernama Volstagg, yang merupakan anggota Warriors Three. Dia kemudian tampil dalam sekuel Thor: The Dark World, dan Thor: Ragnarok. Buat kalian yang belum tahu, Warriors Three adalah orang-orang Asgardian yang menjadi sekutu atau penjaga bagi Thor. Dan setelah Thor: Ragnarok, sayangnya kita tidak pernah melihatnya lagi muncul di MCU, termasuk di film Thor: Love and Thunder. Di tahun 2023, Ray Stevenson sendiri diberitakan meninggal dunia. Tidak diketahui apa penyebab kematiannya, tetapi Stevenson meninggal dunia di usia yang ke-59 tahun. Selain membintangi film MCU, Stevenson juga membintangi film lain seperti King Arthur, Rome, The Punisher: War Zone, dan pengisi suara di Star Wars Rebels dan Star Wars: The Clone Wars.

Lee Moore

Aktor MCU terakhir yang meninggal dunia adalah Lee Moore. Moore hanya muncul sekilas di MCU dalam film Avengers: Endgame di tahun 2019. Dia memerankan Scott Lang versi tua, yang muncul dari Terowongan Quantum, saat Smart Hulk mencoba menciptakan perjalanan waktu. Karier Moore yang luar biasa dimulai lewat King of the Turf pada tahun 1939, di mana dia saat itu masih berusia sepuluh tahun. Moore kemudian berperan dalam film Night of the Zombies, The Law of the Desert, The Guiding Light, dan Mr. Popper’s Penguins. Moore sendiri meninggal dunia pada Agustus 2018, di usia 89 tahun, yang berarti tak lama setelah dia menyelesaikan syuting untuk film Avengers: Endgame.

Itulah dia Geeks beberapa aktor MCU yang telah meninggal dunia. Kemunculan mereka di MCU mampu memberikan warna baru, dan tentu saja sangat berkenang bagi para penontonnya. Sekarang, MCU masih terus berlanjut meski tanpa kemunculan mereka. Di antara mereka, mana yang menjadi aktor favorit kalian saat semasa hidupnya?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/