71. The Great Gatsby dan Titanic

Film yang disebut masih satu universe yang pertama adalah Titanic dan The Great Gatsby. Dua film ini sama-sama menghadirkan tema cerita dan setting yang serupa, yaitu pada tahun 1900an dan di kota New York. Dalam film Titanic, diketahui jika kapal tersebut berlayar menuju kota New York pada 1912. Dalam filmnya, Jack Dawson berencana untuk mengubah hidupnya.

Film The Great Gatsby berlatar belakang kota New York di tahun 1922, di mana sosok protagonis utamanya, Jay Gatsby, berhasil menjadi sosok kaya raya di kota tersebut setelah sebelumnya dia berasal dari keluarga miskin. Ada beberapa hal yang membuat para fans kemudian memunculkan spekulasi jika dua film ini masih di satu universe yang sama. Pertama dari setting waktunya.

Dua film tersebut hanya berjarak 10 tahun. Kedua, baik Jack Dawson dan juga Jay Gatsby sama-sama diperankan oleh aktor Leonardo DiCaprio. Ketiga, alur cerianya sendiri saling mendukung satu sama lain dan tema tentang perbedaan kelas sosial juga menjadi salah satu sorotan yang muncul dalam kedua film ini. Banyak fans menduga jika Jack Dawson sebenarnya selamat dari peristiwa Titanic dan menjadi Jay Gatsby.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.