Sutradara Jake Schreier pastikan jika film Thunderbolts yang akan tayang bukan merupakan sekuel dari film MCU manapun. Thunderbolts merupakan salah satu proyek film yang sudah dipersiapkan oleh Marvel Studios sejak lama. Film ini sendiri rencananya rilis pada 20 Desember 2024 mendatang. Berbeda dengan mayoritas flm MCU, seperti Avengers, Thunderbolt merupakan film yang berisi para karakter antihero yang sudah muncul di film MCU sebelumnya.

Sejauh ini, diketahui sudah ada beberapa karakter yang bergabung dalam tim Thunderbolts. Mereka adalah Bucky Barnes, Ghost, US Agent, Red Guardian, Yelena Belova, Taskmaster, dan Val. Empat orang nama terakhir diketahui pertama kali muncul dalam film Black Widow yang rilis pada 2021. Meskipun ada banyak karakter villain dari film Black Widow, dan status sebelumnya sebagai sekuel, sang sutradara filmnya kemudian memberikan penegasan.

Berbicara kepada Collider, Jake Schreier, mengatakan jika film Thunderbolts bukan sekuel dari film MCU manapun. Dia menggambarkannya sebagai sesuatu yang berbeda dan mrupakan sebuah alur cerita yang baru. “(Film) ini memiliki pendekatan yang berbeda dan alur cerita yang baru, yang mana aku tahu mereka sudah menghadirkan banyak hal, tetapi ini (Thunderbolts) bukanlah sekuel.” Meskipun begitu, Schreier sendiri mengakui jika filmnya menghadirkan banyak karakter dari film Black Widow.

thunderbolts mcu

Selain menghadirkan karakter dari film Black Widow, Schreier juga mengakui bahwa banyak karakter yang sudah muncul di film sebelumnya. Namun, kembali, Schreier menegaskan jika Thunderbolts akan menghadirkan sesuatu yang baru baik dari segi narasi maupun segi perspektif serta bukan sesuatu yang bisa diprediksi para fans. Ide bahwa film Thunderbolts adalah sekuel dari film Black Widow muncul dari salah satu pernyataan petinggi Marvel Studios, Andy Park.

Hal ini dikarenakan ada banyak karakter yang sebelumnya muncul di film Black Widow, membuat Andy Park sempat menyatakan bila Thunderbolts “terasa seperti sekuel ‘Black Widow’ dan film ini terkoneksi satu sama lain.” Pernyataan ini disampaikan oleh Andy Park saat Januari kemarin dan kemudian muncul rumor yang menyebutkan jika Marvel Studios kemudian melakukan perubahan cerita karena dianggap terlalu fokus terhadap karakter Black Widow. Apakah Thunderbolts pada awalnya merupakan Black Widow 2 yang dirombak besar-besaran memang masih perlu konfirmasi lebih lanjut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.