Berdasarkan dari apa yang Kizaru hadirkan dalam cerita One Piece kemarin sang admiral mungkin akan khianati Gorosei Saturn di Egghead. Situasi di pulau Egghead saat ini sedang bersiaga. Hampir semua jalur menuju pulau tersebut dikepung oleh kekuatan angkatan laut yang diketahui menerjunkan 30.000 pasukan.

Dalam chapter 1089 kemarin, diperlihatkan bagaimana Sentomaru sempat berdiskusi dengan Kizaru karena mereka berdua memiliki hubungan yang dekat. Dia tidak percaya jika Kizaru harus menghabisi sosok Vegapunk yang juga dekat dengan mereka. Namun, Kizaru sendiri mengaku bahwa dia hanya “roda gigi kecil yang ada di dalam mesin.” Meskipun begitu, Kizaru kemungkinan akan khianati Gorosei dan membiarkan Vegapunk pergi di cerita One Piece selanjutnya.

Arti Filosofi Kizaru

Kizaru merupakan salah satu karakter yang unik dalam cerita One Piece. Dia merupakan salah satu admiral yang sekaligus juga merupakan salah satu karakter paling kuat di seriesnya. Kizaru pun adalah admiral yang masih bertahan di posisinya setelah pertama kali diperkenalkan dalam arc Sabaody. Seperti yang Geeks ketahui, Aokiji memutuskan keluar dari angkatan laut dan bergabung dengan Blackbeard.

Sementara itu, Akainu saat ini menjabat sebagai Fleet Admiral di markas pusat. Kizaru sendiri adalah admiral yang memimpin para angkatan laut yang pergi ke pulau Egghead.  Dia bahkan yang mengajukan diri untuk pergi ke sana. Kizaru membawa 30.000 pasukan angkatan laut dan 100 kapal perang untuk menyerbu Egghead. Saat ini situasinya mereka sedang bersiap untuk bertempur.

Dalam chapter 1089, diperlihatkan jika ada komunikasi yang terjalin antara angkatan laut dan pihak di pulau Egghead. Komunikasi pun terjadi antara Sentomaru dan Kizaru, di mana Sentomaru mengaku bahwa dia tidak percaya jika Kizaru jadi orang yang diutus untuk menghabisi nyawa Vegapunk. Padahal, mereka bertiga memiliki kebersamaan yang cukup dekat. Tetapi, Kizaru mengatakan bahwa diaa hanya roda gigi kecil yang ada di sebuah mesin.

kizaru one piece gorosei

Apa yang diungkapkan oleh Kizaru dalam kaliman metafora atau kiasan tersebut sebenarnya bisasa diartikan jika dia merasa tidak memiliki kuasa atau kekuatan untuk melawan sebuah “mesin besar” yang tidak terhentikan, yaitu World Government. Dengan kata lain, Kizaru tidak memiliki kekuatan untuk melawan sistem yang ada. Dia harus ikut dan tunduk dengan hal tersebut.

Apa yang dialami oleh Kizaru ini sebenarnya dialami juga oleh Garp – dan mungkin beberapa angkatan laut lainnya. Ketika cucunya, Ace, hendak dihukum mati Garp nampak tidak bisa berbuat banyak. Dia tidak bisa melawan sistem yang ada, karena dia adalah bagian dari angkatan laut. Dan angkatan laut sendiri berada di bawah kendali dari World Government. Sehingga, wajar jika Garp mengalami dilema pada saat itu.

Vegapunk Akan khianati Saturn

Yang menarik dari ucapan Kizaru tersebut adalah sebenarnya Eiichiro Oda pernah juga menghadirkan analogi tentang roda gigi dan mesin yang merupakan bagian dari sebuah mesin yang besar. Hal ini diperlihatkan dalam cerita Punk Hazard. Law mengumumkan jika Worst Generation akan ‘menghancurkan roda-roda gigi’ yang sudah dibangun oleh World Government dan juga para Yonko.

Dan yang tidak kalah menarik adalah menurut Law pertempuran tersebut baru permulaan. Apa yang dirasakan dan diyakini oleh Kizaru, bahwa dia tidak bisa melawan sistem yang ada, berbanding terbalik dengan filosofi yang dianut oleh Aokiji. Dia justru bertekad untuk melawan – bahkan menghancurkan – sistem yang rusak dan korup yang terjadi di organisasi World Government.

Dalam peristiwa Ohara, Aokiji sempat meengatakan bahwa keadilan bisa berubah bentuk/wujud tergantung di mana kita berada atau berdiri. Terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika apa yang terjadi kepada Kizaru ini ada kaitannya dengan sifat cahaya. Seperti yang diketahui, cahaya memiliki kemampuan untuk menembus benda yang mana membuat cahaya tersebut berbelok atau melengkung.

kizaru one piece gorosei

Kizaru mungkin sedikit membengkokan aturan, tetapi dia tetap tidak bisa melanggarnya. Dalam ceritanya, Kizaru mungkin bisa menyarankan berbagai aksi tetapi pada akhirnya dia tidak bisa melanggar atau tidak mematuhi apa yang sudah diperintahkan dalam sebuah sistem. Ketika Saturn memerintahkan Kizaru untuk mengabaikan Sentomaru, Kizaru pun sempat merespon jika dia tidak akan mengkhianati idealismenya. Tapi, pada akhirnya, dia tetap mematuhi perintah Saturn.

Meskipun begitu, cahaya juga bisa dimanipulasi yang mengakibatkan jalurnya berubah. Vegapunk dan Luffy dianggap bisa jadi orang yang memanipulasi Kizaru. Dengan demikian, dia mungkin akan mengkhianati Saturn dan memberikan celah bagi Vegapunk dan kru Topi Jerami untuk bisa kabur dari Egghead. Dan inilah yang kemungkinan dianggap sebagai “insiden besar” yang mengguncang dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.