Batman adalah salah satu karakter populer DC yang mempunyai penampilan khas. Jika tidak keren, dia selalu diperlihatkan mengerikan sesuai dengan penggambaran masa lalu dan sifatnya yang kelam serta serius. Namun seiring dengan berjalannya waktu, karakter dan penampilan Batman juga turut berubah, khususnya dengan para versi alternatif di multiverse DC. Nah di dalam multiverse yang luas dan penuh imajinasi tersebut, terdapat banyak sekali versi alternatif yang tidak biasa, termasuk yang penampilannya aneh dan konyol. Berikut ini lima versi Batman dengan bentuk paling aneh dalam sejarah DC!

Bat Baby

Batman Aneh

Seusia dengan namanya, Bat Baby adalah Batman aneh versi bayi yang diceritakan di komik Batman #147 (1962). Versi alternatif yang imajinatif ini muncul dalam cerita one-shot berjudul ‘Batman Becomes Bat-Baby!’ di mana sang superhero Gotham ini harus menjalani petualangan yang tidak biasa setelah ilmuwan gila bernama Garth menggunakan mesin canggih untuk mengubahnya menjadi anak berusia 4 tahun. Kabar baiknya Batman masih mempunyai pikiran dewasanya, sehingga dia mampu membuat kostum dan gadget yang sesuai untuk tangan-tangan mungilnya. Meskipun hanya sementara, tetapi melihat bayi beraksi sebagai vigilante Gotham adalah sesuatu yang sangat langka

Bat-Mite

Batman Aneh

Pertama kali diperkenalkan di Detective Comics #267 (1959), Bat-Mite sejatinya adalah makhluk yang berasal dari Fifth Dimension, sama seperti musuh tangguh Superman yang bernama Mister Mxyzptlk. Sebagai makhluk yang berasal dari Fifth Dimension, Bat-Mite juga mempunyai kekuatan untuk mengubah realitas di DC Universe. Nah karena Bat-Mite sangat mengidolakan Batman dan senang melihatnya beraksi, dia selalu menciptakan situasi di mana sang Dark Knight mau tidak mau harus bertarung. Letak penampilan aneh versi alternatif Batman ini terlihat dari penampilannya yang seperti anak nakal, dengan gigi dua yang menonjol serta proporsi tubuh yang mirip kartun jadul.

Batmouse

Batman Aneh

Dalam cerita Captain Carrot and the Zoo Crew yang rilis tahun 1980-an, para superhero DC khususnya anggota Justice League yang eksis di semesta alternatif pernah digambarkan sebagai hewan menggemaskan yang bisa berbicara. Misalnya sidekick Batman, yaitu Robin yang digambarkan sebagai seekor burung robin bernama Boyd the Robin Wonder. Namun entah mengapa ketika yang lain menjadi hewan sesuai dengan namanya, Batman justru dihadirkan sebagai seekor tikus dengan ambisi aneh yaitu menjadi kelelewar. Misi utamanya tidak lain adalah mengalahkan versi babi dari Joker yang bernama Porker.

Li’l Batman

Li’l Batman adalah versi alternatif aneh Bruce Wayne yang berasal dari Li’l Gotham. Pertama kali diceritakan di komik Batman Annual #27 (2009), Li’l Gotham sendiri merupakan semesta alternatif di mana semuanya lebih kecil dan menggemaskan, termasuk penampilan serta kisah dari anggota Bat-Family dan para villainnya. Khusus untuk Batman, dia hadir dengan tubuh chibi, tetapi tidak menghilangkan esensi karakternya yang serius dan mengintimidasi. Lucunya lagi, alih-alih melihat orang tuanya tewas dibunuh dalam sebuah gang, motivasi Bruce menjadi Li’l Batman justru karena dia melihat ayah dan ibunya didorong oleh para perundung bertubuh mungil juga.

Batman 800,000 A.D

Batman Aneh

Muncul di series animasi Batman: The Brave and the Bold episode 13 yang rilis tahun 2009 silam, Batman 800 ribu A.D dapat dengan mudah dikenal di ukuran kepalanya yang besar dan aneh. Sebagai satu dari sekian banyak Batman dari multiverse yang dimintai Batman utama untuk mengalahkan Owlman, versi alternatif dari masa depan ini diceritakan telah mengalami evolusi yang membuat otaknya lebih besar dari bagian tubuh lainnya. Selain itu, isi pengetahuan dan kecerdasannya juga jauh lebih superior dari manusia biasa. Dalam kisahnya dia diceritakan harus berhadapan dengan villain bernama The Brain dan akhirnya memang setelah menggunakan kekutan psikisnya yang luar biasa.

Itulah lima versi alternatif Batman yang punya bentuk paling aneh di multiverse DC. Pada akhirnya eksistensi dari para versi Batman ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa kreativitas multiverse DC sangatlah luas dan tak terbatas. Meskipun terlihat konyol, semua versi alternatif ini juga secara tidak langsung mencoba mengingatkan penggemar bahwa seorang superhero paling ikonis pun bisa diinterpretasikan dengan berbagai cara yang unik dan menyenangkan. Mulai dari Bat Baby hingga Batman 800 ribu AD, mana kira-kira yang menurut kalian paling aneh, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.