Tantangan dan ketegangan emosi dalam film-film thriller umumnya selalu berhasil memikat dan membuat hati para penontonnya berkecamuk. Nah dari sekian banyak industri perfilman yang mengunggulkan genre seperti itu, bisa dibilang film Korea Selatan adalah jagonya. Di mana banyak dari film thriller Korea Selatan yang mempunyai plot penuh intrik, karakter kompleks, serta twist tak terduga, yang pada akhirnya menghadirkan pengalaman menegangkan yang sulit terlupakan. Berikut ini tujuh film thriller Korea terbaik yang terbukti telah berhasil memukau banyak penggemar di seluruh dunia!

Oldboy (2003)

film thriller korea terbaik

Oldboy merupakan film thriller aksi legendaris dari Korea Selatan yang sampai hari ini masih dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Pasalnya film yang mengambil inspirasi dari manga karya Garon Tsuchiya ini, punya elemen kejutan dan kekerasan yang bisa membuat para penontonnya ternganga. Digarap oleh sutradara Park Chan-wook dan dibintangi secara brilian oleh aktor Choi Min-sik, plot filmnya menceritakan perjuangan seorang ayah bernama Oh Dae-su yang berusaha membalaskan dendamnya kepada orang yang telah menculik dan mengurungnya selama 15 tahun. Semuanya bertambah runyam ketika Dae-su menjalin hubungan dengan seorang wanita muda.

Memories of Murder (2003)

film thriller korea terbaik

Pada tahun yang sama dengan dirilisnya Oldboy, Korea juga punya film thriller terbaik lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Memories of Murder dengan nuansa misteri yang lebih kental. Film karya sutradara Bong Joon-ho ini memang tidak mempunyai banyak adegan aksi, tetapi setiap adegan drama yang ada di dalamnya akan membawa kita pada sebuah misteri kelam tentang pembunuhan berantai para wanita di desa-desa Korea Selatan. Dari sinilah tugas sulit dua detektif dimulai, termasuk yang diperankan oleh aktor Song Kang-ho, di mana mereka harus menemukan siapa pelaku yang telah melakukan rudapaksa dan membunuh para korban.

The Handmaiden (2016)

film thriller korea terbaik

Berlangsung pada era penjajahan Jepang, The Handmaiden bercerita tentang kisah seorang gadis pencuri bernama Sook-hee (Kim Tae-ri) yang disewa oleh seorang pria untuk menyamar sebagai pelayan pribadi wanita Jepang kaya bernama Hideko (Kim Min-hee) agar mau menikah dengan pria tersebut. Dalam prosesnya cinta terlarang justru tumbuh di antara Sook-hee dan Hideko, yang mendorong mereka untuk saling menyelamatkan satu sama lain. The Handmaiden memang bukan film untuk semua umur dan kalangan, tetapi jika kalian mencari film thriller Korea terbaik sekaligus terpanas, maka mahakarya lain dari sutradara Park Chan-wook ini mungkin memang diciptakan untuk kalian.

The Wailing (2016)

Satu lagi film thriller Korea terbaik yang mengandalkan elemen Jepang untuk membangun misteri dan ketegangan dalam alur ceritanya adalah The Wailing. Film yang juga punya unsur drama dan horor dari sutradara Na Hong-jin ini bercerita tentang munculnya semacam infeksi misterius yang menyebabkan penduduk desa di kaki gunung Korea Selatan menjadi kesurupan dan membunuh keluarga mereka. Semuanya terjadi setelah seorang pria Jepang misterius (Jun Kunimura) datang ke desa mereka. Alasan mengapa film ini sangat mengerikan adalah karena alur ceritanya yang cukup relate dengan kehidupan mistis di desa-desa Asia pada umumnya.

Burning (2018)

Burning adalah salah satu film thriller terbaik yang menandai kembali bintang Hollywood Steven Yeun untuk berkarier di negaranya sendiri Korea Selatan. Disutradarai oleh Lee Chang-dong, plot filmnya bercerita tentang pria muda bernama Jong-su (Yoo Ah-in) yang mengenalkan seorang pria bernama Ben (Yeun) kepada teman masa kecilnya Hae-mi (Jeon Jong-seo). Namun seiring dengan berjalannya waktu Jong-su mulai curiga dan percaya bahwa Hae-mi dalam bahaya. Meskipun punya alur cerita yang sederhana dan berjalan cukup lambat, tetapi elemen kejutan di filmnya mampu membuat penonton berpikir bahwa tidak semua yang kita percayai dapat membawa kebaikan bagi orang lain.

Parasite (2019)

film thriller korea terbaik

Datang dari sutradara Memories of Murder Bong Joon-Ho, Parasite adalah film yang sempat menjadi fenomena unik di seluruh dunia. Karena film thriller terbaik dari Korea Selatan ini berhasil mengguncang dunia dengan cerita yang sederhana dan relate dengan kehidupan nyata, di mana kesenjangan sosial bisa menjadi ancaman yang sangat serius. Film pemenang penghargaan Oscar ini pada dasarnya bercerita tentang keluarga miskin Kim yang numpang hidup di keluarga kaya Park. Namun dalam prosesnya keluarga Kim harus melakukan segala cara agar kehidupan indahnya tidak direnggut oleh orang lain.

The Gangster, the Cop, the Devil (2019)

film thriller korea terbaik

Mengusung genre thriller aksi, film The Gangster, the Cop, the Devil dari sutradara Lee Won-tae bercerita tentang seorang polisi dan pemimpin gangster terbaik Korea yang harus bekerja sama untuk menangkap seorang pembunuh berantai. Tiga elemen utama dalam film ini, yaitu gangster, penegak hukum, dan pembunuh, telah berhasil membuat alur ceritanya makin menarik, karena ternyata ada yang lebih jahat dari penjahat dan ada yang lebih mulia dari orang-orang baik. Menariknya lagi dalam film ini kita bisa melihat adegan terbaik Ma Dong-seok yang terkenal sebagai Bapak Film Aksi Korea Selatan.

Itulah tujuh film thriller terbaik dari Korea Selatan yang terbukti berhasil memukau banyak penggemar di seluruh dunia. Terlepas dari genre pendukung lainnya, entah itu aksi, drama, atau horor, jika kalian menyukai thriller maka semua film ini mungkin akan layak untuk kalian tonton. Karena pada dasarnya film-film ini datang dari para sutradara dan jajaran aktor brilian yang mampu menghidupkan ketegangan dan membuat semua orang terkejut dengan alur ceritanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.