Sampai hari ini Marvel Cinematic Universe telah menghadirkan banyak sekali cerita, baik film, spesial, maupun series, yang pada akhirnya saling terjalin satu sama lain untuk membentuk ‘Saga Marvel’ yang jauh lebih besar lagi. Hal yang sama juga terjadi di antara para karakternya yang berperan penting dalam menjaga setiap konektivitas dalam cerita-cerita Marvel. Namun terlepas dari tujuan jangka panjangnya, ada juga beberapa karakter MCU yang tiba-tiba hilang tanpa penjelasan, padahal mereka memiliki peran penting untuk perkembangan alur cerita selanjutnya. Siapa sajakah mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Betty Rose dan Samuel Stern

Beberapa karakter MCU perdana yang sempat tiba-tiba hilang tanpa penjelasan adalah Betty Ross dan Samuel Stern yang sama-sama debut di film The Incredible Hulk (2008). Sampai artikel ini ditulis, tidak diketahui secara pasti apa alasan Marvel tidak pernah kembali memunculkan mereka, padahal keduanya sangat penting untuk kehidupan Bruce Banner alias Hulk. Betty yang diperankan oleh aktris Lyv Tyler adalah love interest Bruce Banner, sedangkan Sam sempat diperlihatkan sekilas mendapatkan radiasi gamma pada area kepalanya. Berita baiknya, keduanya dipastikan akan kembali di film Captain America: Brave New World (26 Juli 2024), di mana Sam jadi supervillain utama bernama Leader.

Mac Gargan

karakter hilang mcu

Jika kalian penggemar setia Spider-Man, kalian pasti tahu siapa Mac Gargan. Di Marvel Comics sendiri dia adalah salah satu musuh Spidey yang lebih dikenal dengan sebutan Scorpion. Nah karakternya ini sebenarnya pernah melakukan debut live action-nya di film Spider-Man: Homecoming (2017) dengan diperankan oleh aktor Michael Mando. Meskipun perannya minor, tetapi Mac sempat terlihat di credit scene filmnya untuk menanyakan identitas asli Spidey kepada Adrian Toomes alias Vulture. Namun sampai hari ini Mac tidak pernah kembali untuk membalaskan dendamnya sesuai dengan apa yang dia janjikan. Hal inilah yang membuatnya termasuk karakter penting MCU yang hilang tanpa penjelasan.

Aaron Davis

karakter hilang mcu

Satu lagi karakter MCU di film Spider-Man: Homecoming yang tiba-tiba hilang padahal punya peran penting adalah Aaron Davis yang diperankan oleh Donald Glover. Sama seperti di komik, versi MCU-nya ini adalah paman dari Miles Morales yang ditakdirkan untuk menjadi Spider-Man selanjutnya setelah Peter Parker. Terakhir kali karakternya terlihat adalah ketika Peter menjaring tangannya ke sebuah mobil yang terparkir. Sampai hari ini dia tidak pernah diceritakan lagi di MCU. Walaupun begitu, film animasi Across the Spider-Verse yang tayang beberapa waktu lalu sempat menghadirkan karakternya sebagai cameo dalam balutan kostum supervillain Prowler. Sayangnya cameo tersebut bukan canon MCU.

Eric Selvig

Pertama kali diperkenalkan di film Thor, Eric Selvig dari aktor Stellan Skarsgard adalah karakter MCU selanjutnya yang sempat hilang tanpa penjelasan. Di MCU sendiri dia digambarkan sebagai Profesor yang sering bekerja sama dengan Jane Foster dan Darcy Lewis. Meskipun saat ini Jane dan Darcy sudah punya porsi yang lebih besar di MCU, tetapi sayangnya hal tersebut tidak berlaku kepada Eric. Padahal dia adalah salah satu manusia yang membantu Avengers dalam mengalahkan Loki di Battle of New York. Eric memang sempat terlihat berkomunikasi dengan Jane di film Thor: Love and Thunder (2022) melalui sebuah layar, tetapi hal tersebut terasa masih kurang untuk karakter sepenting dirinya.

Mitchell Carson

karakter hilang mcu

Di antara kalian mungkin masih ada yang kurang familier dengan karakter MCU Mitchell Carson yang diperankan oleh aktor Martin Donovan. Hal tersebut bisa terjadi karena memang perannya di film Ant-Man (2015) tidaklah banyak. Walaupun begitu sebenarnya dia punya kisah singkat yang cukup menggantung di MCU. Di mana Mitchell terakhir kali diperlihatkan sebagai agen rahasia Hydra yang berhasil kabur dari konflik Ant-Man dan Yellowjacket sambil membawa sampel Pym Particle. Namun sampai sekarang karakter MCU yang di komiknya sempat jadi Ant-Man ini tetap hilang dari radar, baik keberadaannya maupun tujuan aslinya.

Dr. Helen Cho

karakter hilang mcu

Ketika penggemar pertama kali melihat Dr. Helen Cho di film Avengers: Age of Ultron (2017), banyak yang sempat mengira bahwa karakter dari aktris Korea Selatan Claudia Kim ini akan punya peran yang besar pada masa depan MCU. Bagaimana tidak, dia adalah karakter yang dipaksa membantu Ultron dalam menciptakan tubuh Vision. Dengan kemampuan dan kecerdasannya tersebut Dr. Helen Cho sebenarnya punya kesempatan yang besar untuk menjadi bagian dari kisah Avengers selanjutnya. Sayangnya sampai sekarang karakter MCU ini seakan hilang dari peradaban, bahkan tidak pernah dibahas lagi.

Aleta Ogord dan Charlie-27

karakter hilang mcu

Aleta Ogord dan Charlie-27 adalah dua karakter MCU yang saat ini hilang tanpa penjelasan tepatnya di waralaba Guardians of the Galaxy. Karakter dari Michelle Yeoh dan Ving Rhames ini melakukan debutnya di film Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017) sebagai anggota tim Stakar Ogord bersama Martinex, Krugarr, dan Mainframe. Namun ketika tim Stakar Ogord kembali di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 sebagai bagian dari United Ravager, Aleta dan Charlie sama sekali tidak terlihat. Padahal khusus Aleta sendiri dia adalah istri Stakar, tetapi mengapa dia tidak muncul bersama yang lain. Mungkin alasannya karena sekarang Michelle Yeoh sudah lebih dikenal sebagai bagian dari cerita Shang-Chi.

Itulah para karakter penting MCU yang hilang dan sampai sekarang belum pernah diceritakan lagi. Ketidakjelasan nasib dari karakter-karakter ini pada akhirnya memunculkan spekulasi dan keingintahuan yang sangat besar di kalangan penggemar MCU. Apalagi sekarang jagat sinemanya sendiri sudah berada dalam saga baru yang disebut Multiverse Saga, tetapi entah mengapa mereka seperti menghilang tanpa jejak dengan semua misteri gantung yang menyelimuti karakternya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.