Siapa yang tak mengenal Justice League? Tim superhero ini telah lama menghiasi DC Comics, dan mereka sudah ratusan kali menyelamatkan Bumi dari kehancuran. Ada beberapa anggota inti Justice League yang selama ini kita kenal, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, Aquaman, Green Lantern, dan masih banyak lagi. Tetapi ternyata nih Geeks, ada beberapa karakter DC yang pernah dipecat dari Justice League. Siapa saja karakter yang dipecat dari Justice League? Simak berikut ini!

Batman

Komik berjudul JLA yang rilis tahun 1997 memang sangat berkesan. Dalam komik tersebut, Ra’s Al Ghul menjadi ancaman yang harus dihentikan oleh Justice League. Tetapi anehnya, Ra’s Al Ghul mengetahui cara meng-counter Justice Leage, dan melumpuhkan setiap anggotanya dengan cepat. Karena itulah dia bisa menciptakan kekacauan yang masif. Ketika para Justice League bertanya bagaimana Al Ghul bisa mengetahui kelemahan mereka, Batman kemudian mengungkap hal mengejutkan. Terungkap bahwa Batman menyimpan berkas-berkas yang berisi kelemahan para Justice League, dan entah bagaimana Ra’s Al Ghul berhasil mengambil berkas-berkas itu. Setelah kejadian itulah Justice League melakukan pemungutan suara untuk memecat Batman. Dan akhirnya Batman dipecat dari Justice League selama beberapa waktu.

Lobo

Dalam Superman: The Animated Series, tanpa sepengetahuan Justice League, Clark Kent dipindahkan ke timeline berbeda, di mana hanya dia dan Vandall Savage yang berada dalam timeline tersebut. Karena tidak adanya Clark Kent sebagai Superman di Justice League, Justice League mempertimbangkan untuk mencari pengganti Superman. Dan setelah diadakannya pemilihan, Lobo pun dipilih untuk bergabung dengan Justice League untuk melawan ancaman di Bumi. Tetapi bergabungnya Lobo dalam Justice League tidak berlangsung lama. Ketika Superman kembali dalam periode waktu semula, Superman langsung memecat Lobo dari Justice League, sehingga roster Justice League kembali seperti semula.

Captain Atom

Dalam peristiwa besar bernama Breakdown di tahun 1991, Justice League bersiap untuk melawan Queen Bee setelah upaya pembunuhan yang dia lakukan terhadap Maxwell Lord, sehingga akhirnya dia dirawat di rumah sakit dan koma. Karena timbul masalah dalam Justice League, Kurt Heimlich dari PBB ditunjuk untuk melakukan restrukturisasi untuk Justice League. Dan di saat yang sama, Captain Atom yakin bahwa Heimlich memiliki niat jahat. Kecurigaannya itu akhirnya terbukti, dan Heimlich memecat Captain Atom dari Justice League. Selain Atom, karakter lainnya yang dipecat adalah Ice dan Blue Beetle. Dan di akhir terungkap bahwa Heimlich sebenarnya bekerja untuk Queen Bee.

Atomica

Kalian mungkin akan berpikir bahwa dengan anggaran yang luar biasa besar, Justice League akan memeriksa latar belakang setiap anggotanya. Tetapi sebaliknya, mereka justru kebobolan, setelah menerima orang asing yang dengan kekuatan supernya bergabung dengan Justice League. Dalam DC Comics, karakter bernama Rhonda Pineda alias Atomica pernah direkrut sebagai anggota Justice League. Diapun diberikan kepercayaan penuh. Namun akhirnya terungkap bahwa Pineda adalah anggota Crime Syndicate yang berasal dari Earth-3. Dan ketika berada di Justice League, Atomica sempat melepaskan virus di Cyborg sehingga membuatnya lepas kendali dan Atomica sempat membantu Crime Syndicate ke Bumi. Dan setelah itu terjadi, tentu saja Justice League memecat Atomica.

Martian Manhunter

Dalam tahun 1997, Justice League juga kembali memecat salah satu anggotanya, yaitu Martian Manhunter yang dianggap menyimpan rahasia berbahaya. Awalnya, Martian khawatir bahwa setiap metahuman akan menjadi sangat berbahaya bagi umat manusia. Oleh sebab itulah Martian Manhhunter secara diam-diam menyamar untuk berinteraksi dengan berbagai anggota Justice league dan membuat catatan rinci tentang kelemahan dari mereka. Selain itu, Martian juga menuliskan data pribadi mereka. Ketika penyamaran Martian terungkap, dia kemudian dipecat dari Justice League. Tetapi tidak lama setelah pemecatan itu, Martian memang kembali sebagai Justice League.

Guy Gardner

Dalam DC Universe, Guy Gardner dikenal sebagai pahlawan Green Lantern. Tetapi suatu ketika, kekuatannya tersebut pernah menghilang sehingga Guy Gardner menggunakan nama lain yaitu Warrior. Ketika menjadi Warrior, Guy Gardner menggenakan celana merah, bantalan lutut, dan tanpa mengenakan baju sama sekali. Nah dalam komik JLA Secret Files #2, terungkap bahwa para anggota Justice League berupaya untuk mereformasi tim tersebut. Gardner kemudian merasa bahwa dirinya sebagai pemimpin. Ketika bertemu dengan anggota lainnya, Gardner dengan sombong mengklaim bahwa dia menjadi pemimpin Justice League dan tidak ada yang bisa mengeluarkannya dari Justice League. Tetapi Batman justru mengatakan sebaliknya, dan Gardner didepak dari tim tersebut.

Huntress

Huntress juga pernah menjadi anggota Justice League, dan yang memberi Huntress kesempatan bergabung dengan tim tersebut adalah Batman. Ketika bergabung dengan Justice League, Huntress sering berbeda pendapat dengan Batman. Suatu ketika, Prometheus muncul, di mana dia adalah anggota Injustice yang dibentuk Lex Luthor. Mereka kemudian menyerang menara Justice League, dan menargetkan teman Huntress yaitu Oracle. Sadar akan ancaman besar yang ditimbulkan Prometheus, Helena kemudian mencoba membunuh Prometheus. Tetapi aksi tersebut berhasil dicegah Batman dan setelah kejadian itu Batman memecat Huntress karena membunuh dianggap kejam dan salah oleh Batman.

Hawkgirl

Dalam film animasi yang rilis di awal tahun 2000-an lalu, tepatnya dalam sebuah episode berjudul Fired From The Justice League, kita diceritakan tentang bagaimana Hawkgirl memiliki kesetiaan ganda, yaitu untuk Justice League dan juga dunia asalnya. Meskipun pada akhirnya Hawkgirl memilih berpihak kepada Justice League dan orang-orang di Bumi, pilihan yang dia ambil terlambat sehingga membuat anggota Justice League lainnya, termasuk kekasihnya, John Stewart, memecat Hawkgirl dari tim. Dan keputusan itu diterima dengan lapang dada oleh Hawkgirl.

Itulah dia Geeks beberapa karakter DC yang pernah dipecat dari Justice League. Meski para karakter tersebut sempat dipecat, tetapi pemecatan tersebut tidak mempengaruhi Justice League. Justice League masih tetap kokoh berdiri meski kehilangan salah satu anggotanya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/