Sosok sutradara kawakan Hollywood, Guillermo del Toro, saat ini sedang bangun Monster Cinematic Universe dengan versinya sendiri. Nama Guillermo del Toro tentunya sudah tidak asing di telinga Geeks semua. Del Toro diketahui banyak menghasilkan film yang menarik dan sukses di pasaran. Beberapa diantaranya adalah Hellboy, Pacific Rim, The Shape of Water, dan yang paling baru adalah live-action dari Pinnochio yang rilis pada 2022 kemarin.

Di tahun 2023 ini ternyata Guillermo del Toro sedang menyiapkan sebuah proyek besar di mana dia jadi “arsitek” untuk Monster Cinematic Universe. Bahkan del Toro saat ini sedang mengerjakan proyek adaptasi live-action dari Frankenstein, yang akan jadi awal dari cinematic universe ini. Proyek film juga sudah memiliki sederet nama yang kemungkinan akan bergabung seperti Andrew Garfield, Oscar Isaac, dan Mia Goth.

guillermo del toro monster universe

Dalam wawancara untuk situs resmi The Academy, J. Miles Dale, produser yang terlibat dalam adaptasi Frankenstein, memberikan petunjuk mengenai rencana besar yang dimiliki oleh del Toro. Menurut Dale, del Toro saat ini sedang mempersiapkan Monster Cinematix Universe versinya sendiri, sebuah konsep yang awalnya coba untuk dieksplor ketika dia masih berkolaborasi dengan Universal Studio. Sayangnya, rencana tersebut pada akhirnya harus gagal.

Pada satu waktu, dia (del Toro) hendak menghadirkan Monster Universe bersama Universal [Dark Universe] – Frankenstein’s Bride, Creature from the Black Lagoon, Invinsible Man, The Wolf Man – namun dia tidak jadi melakukannya. Kami merasa bahwa Shape of Water mirip seperti versi dari sebuah makhluk tersebut (monster). Jadi, sekarang, dia mulai bangun Monster Cinematic Universenya sendiri.

Dale sendiri tidak berbicara lebih banyak mengenai proyek yang sedang dipersiapkan oleh del Toro tersebut, sehingga tidak banyak informasi yang diketahui mengenai rencana tersebut. Dan yang menarik adalah proyek adaptasi live-action Frankenstein yang sedang dikerjakan saat ini menjadi perhatian pecinta film.

Perlu diketahui bahwa Universal Studio sendiri sebenarnya sempat hendak menghadirkan Dark Universe, yang diawali dengan perilisan film The Mummy yang dibintangi Tom Cruise. Namun, rencana tersebut memang pada akhirnya gagal setelah film tersebut kurang sukses di pasaran. Lalu bagaimana dengan Monster Cinematic Universe garapan Del Toro? Akankah bisa memiliki nasib yang lebih baik dari Dark Universe versi Universal Studio? Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan proyek ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.