Jelang perilisan film Barbie dan Oppenheimer di bioskop, kalian mungkin sudah tahu dan sadar bahwa keduanya adalah film Hollywood yang sangat berbeda. Perbedaan yang paling esensial dari keduanya adalah penggambaran dunia dan fokus cerita yang bisa dibilang berlawanan. Di mana film Barbie dari sutradara Greta Gerwig penuh dengan warna dan keceriaan, sementara Oppenheimer dari Christopher Nolan lebih monokrom dan kelam. Nah terlepas dari perbedaannya, ternyata film Barbie dan Oppenheimer juga setidaknya mempunyai empat persamaan menarik. Apa saja? Simak di bawah ini, Geeks!

Anggaran Fantastis

Persamaan pertama antara film Barbie dan Oppenheimer yang paling terasa adalah produksi filmnya yang sama-sama dianggap ambisius. Hal tersebut bisa terjadi karena keduanya mendapatkan dukungan dari dua perusahaan film raksasa, Barbie dari Warner Bros. dan Oppenheimer dari Universal Pictures, yang rela menggelontorkan anggaran hingga ratusan juta dolar Amerika.

persamaan barbie oppenheimer

Untuk film biopic Bapak Bom Atom dunia, anggaran yang dikeluarkan Universal lebih dari 100 juta dolar, sedangkan film boneka fashion dari Mattel menghabiskan anggaran yang sedikit lebih besar sekitar 145 juta dolar. Selisih sekitar 45 juta dolar ini kemungkinan karena promosi Barbie dilakukan secara besar-besaran, tidak seperti Oppenheimer yang lebih natural hanya dengan memasang timer bom di trailer resminya.

Bertabur Bintang

Sebelumnya sutradara Christopher Nolan sempat mengatakan bahwa pemilihan Cillian Murphy sebagai Bapak Bom Atom di Oppenheimer adalah casting terbaik yang pernah dilakukannya. Walaupun begitu dia juga mengaku membutuhkan talenta dari bintang Hollywood lainnya untuk membuat filmnya lebih hidup dan berdampak. Termasuk melibatkan Emily Blunt, Florence Pugh, Matt Damon, Robert Downey Jr., Rami Malek, Kenneth Branagh, David Dastmalchian, Dane DeHaan, Jack Quaid, dan masih banyak lagi.

persamaan barbie oppenheimer

Konsep film bertabur bintang inilah yang akhirnya menjadi persamaan selanjutnya antara Barbie dan Oppenheimer. Karena ternyata film yang dibintangi oleh Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken ini juga dimeriahkan oleh para bintang berbakat. Seperti Kate McKinnon, Issa Rae, Emma Mackey, Sharon Rooney, Dua Lipa, Ana Cruz Kayne, dan Ritu Arya sebagai varian Barbie, serta Kingsley Ben-Adir, Simu Liu, Scott Evans, Ncuti Gatwa, dan John Cena sebagai varian Ken.

Lahirkan Fenomena Baru

persamaan barbie oppenheimer

Sebagai pengingat, Barbie sendiri adalah film komedi fantasi yang akan menceritakan kisah perjalanan Barbie dan Ken ke dunia manusia yang penuh dengan kebahagiaan dan kejutan baru. Sementara Oppenheimer adalah film biopic thriller yang akan mengungkap kepada dunia seperti apa kisah fisikawan J. Robert Oppenheimer yang berhasil menciptakan senjata nuklir pertama. Siapa sangka ternyata cerita Barbie dan Oppenheimer yang sangat kontras ini malah melahirkan sebuah persamaan baru melalui fenomena unik yang disebut ‘Barbenheimer’. Di mana hampir semua penggemar di seluruh dunia merasa kebingungan sekaligus antusias karena ingin melihat kedua filmnya secara bersamaan.

Tanggal Rilis Perdana

Terakhir, persamaan paling mendasar antara film Barbie dan Oppenheimer yang lantas membuat para penggemar makin bingung untuk memilih adalah karena keduanya rilis perdana pada tanggal yang sama. Yaitu tanggal 21 Juli 2023 di bioskop Amerika, dan tayang lebih cepat dua hari di Indonesia mulai hari Rabu, 19 Juli 2023. Jadwal tayang yang bersamaan ini membuat para penonton di bioskop bimbang antara menonton Barbie terlebih dahulu baru setelah itu Oppenheimer, atau sebaliknya. Hal ini kurang lebih sama seperti memilih antara senang-senang dulu baru frustrasi, atau sebaliknya. Semua pilihannya jatuh ke tangan kalian sendiri Geeks.

Sekian persamaan antara film Barbie dan Oppenheimer yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Pada akhirnya semua persamaan ini membuat kedua filmnya sangat layak untuk kita saksikan di bioskop. Di sisi lain tidak sedikit juga pengamat yang memprediksi bahwa kedua film besar ini justru akan sama-sama meningkatkan gairah untuk menonton di bioskop, bukan persaingan seperti yang selama ini digaungkan. Bagaimana Geeks, kira-kira mana yang akan kalian tonton lebih dahulu di bioskop?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.