Sejak pertama kali rilis pada tahun 1959, sampai hari ini Barbie telah menjadi boneka fashion favorit anak-anak dan bahkan kolektor dewasa di seluruh dunia. Sebagai kreator, Mattel sendiri tidak pernah berhenti dalam mengembangkan produknya dengan inovasi yang terus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya melalui film Barbie yang sebentar lagi akan tayang di bioskop. Di mana Warner Bros dan Mattel bahkan terbilang lebih gencar lagi dalam mempromosikan filmnya. Berikut ini adalah lima promosi unik nan ambisius dari film Barbie yang tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia!

Barbie Selfie Generator

Gelombang promosi film Barbie yang pertama bisa kita lihat dan bahkan rasakan sendiri di sejumlah media sosial, bait itu di Twitter, TikTok, maupun Instagram. Hal ini bisa terjadi karena Mattel dan Warner Bros sengaja menyediakan sebuah situs artificial intelligence yang disebut Barbie Selfie Generator, di mana penggemar bisa membuat profile picture atau poster a la Barbie atau Ken menggunakan foto sendiri. Dengan kata lain promosi yang terbilang cukup brilian ini sangat mengandalkan antusiasme dari para penggemar yang tanpa mereka sadari telah membantu memviralkan filmnya dengan membagikan foto hasil Selfie Generator di berbagai media sosial.

Kolaborasi Barbie x Brand

Promosi film barbie

Selain di media sosial, tentunya film Barbie juga melakukan sejumlah promosi langsung di dunia nyata. Misalnya dengan memasang poster, menjual boneka fashion kolektor, sampai membuat merchandise seperti wadah minuman dan popcorn di bioskop. Menariknya di luar dari promosi mainstream tersebut, Warner Bros dan Mattel juga sampai melakukan kolaborasi dengan sejumlah brand terkenal untuk memasarkan filmnya. Termasuk kolaborasi dengan clothing seperti ‘Barbie x Cotton On’ dan ‘Barbie x GAP’. Ada juga ‘Barbie x Impala Skate’, yang merilis sepatu roda dan deker pelindung khas Barbie (Margot Robbie) dan Ken (Ryan Gosling) yang benar-benar bisa digunakan bukan hanya pajangan.

Barbie Dreamhouse Malibu

Promosi film barbie

Belum lama ini media sosial juga tengah diramaikan dengan pemberitaan tentang sebuah rumah sewa Airbnb yang mempunyai desain dan furniture rumah Barbie. Menariknya ternyata promosi filmnya memang sengaja membawa Barbie Dreamhouse ke dunia nyata dengan mengubah desain dan mewarnai ulang sebuah rumah sewa di Malibu, Callifornia. Faktanya promosi lewat Dreamhouse yang disebut Ken Palace ini berhasil membuat antusiasme terhadap film Barbie makin bertambah besar. Apalagi belum lama ini penyanyi sekelas John Legend dan keluarganya sempat dilaporkan menghabiskan waktunya di rumah pink yang punya warna sangat mencolok ini.

Pantai Barbie Bondi

Promosi film barbie

Tidak kalah menarik dari Barbie Dreamhouse, promosi film Barbie selanjutnya yang terbilang sangat ambisius adalah dengan mengubah pantai sungguhan menjadi pantai khas Barbie dan kawan-kawan. Di mana promosi ini dilakukan di Pantai Bondi, Australia, yang terkenal karena pasir putihnya. Memang tidak semua Pantai Bondi dijadikan pantai Barbie, mungkin hanya sebagian saja yang berdekatan dengan hotel setempat, tetapi bisa kita bayangkan berapa anggaran yang dikeluarkan untuk melakukan promosi ini. Bahkan promosi ini turut ‘dipromosikan’ juga oleh sutradara Greta Gerwig dan para pemeran filmnya, seperti Margot Robbie, Issa Rae, dan America Ferrera, yang datang ke lokasi.

Gate Barbie Bunderan HI

Promosi film barbie

Terakhir, promosi yang baru-baru ini viral di kalangan pengguna Twitter tanah air adalah upaya Mattel dan Warner Bros yang menghias gerbang stasiun Bunderan HI di Jakarta dengan pernak-pernik film Barbie. Melalui foto-foto dan video yang dibagikan pengguna Twitter bernama ella. ini kita bisa melihat gerbang stasiun Bunderan HI diubah menjadi warna pink. Di sekitarnya kemudian ada poster dan juga ikon dari para karakter di filmnya. Termasuk ikon para varian Barbie dan Ken yang diperankan Simu Liu, Kingsley Ben-Adir, Dua Lipa, Issa Rae, dan masih banyak lagi.

Itulah lima promosi unik dari film Barbie yang gencar dilakukan di seluruh dunia. Berdasarkan semua ini bisa kita simpulkan bahwa promosi filmnya sudah pasti mengeluarkan biaya yang sangat fantastis. Di mana hal tersebut mencerminkan optimisme Warner Bros dan Mattel yang terbilang cukup yakin bahwa filmnya akan sukses atau setidaknya makin dikenal oleh para penggemar di berbagai belahan Bumi. Kita lihat saja nanti apakah filmnya akan berhasil atau tidak. Film Barbie sendiri dijadwalkan untuk tayang perdana di bioskop global pada tanggal 21 Juli nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.