Setelah sukses dengan film superhero dan sci-fi, kali ini sutradara Christopher Nolan tengah bersiap untuk merilis film teranyarnya yang berfokus pada biografis Bapak Bom Atom Dunia. Bergenre drama perang, Oppenheimer sendiri adalah film yang diadaptasi dari kisah nyata J. Robert Oppenheimer ketika dirinya berhasil menciptakan senjata nuklir pertama pada akhir era Perang Dunia II. Yang lebih epiknya lagi berdasarkan footage terbaru ternyata proses dibalik layar Oppenheimer bisa dibilang sangat minim CGI.

Sebagai film pertama Nolan yang tidak didistribusikan Warner Bros, melainkan oleh Universal Pictures, Oppenheimer ditetapkan memiliki rating dewasa alias R-rated. Di mana sepanjang durasi filmnya yang mencapai 181 menit nanti, kita akan melihat akting memukau dari jajaran bintang Hollywood. Termasuk Cillian Murphy sebagai Oppenheimer, bersama Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., Florence Pugh, dan masih banyak lagi. Sekarang melalui footage dibalik layar, terungkap juga bahwa para sineas yang terlibat dalam film Oppenheimer telah mengerahkan semua yang mereka punya.

dibalik layar oppenheimer

Video proses dibalik layar yang berdurasi sekitar 6:25 menit ini secara garis besar memperlihatkan lokasi serta properti syuting masif yang disiapkan oleh Nolan dan seluruh krunya untuk mewujudkan film Oppenheimer. Dalam videonya, Nolan banyak menceritakan proses syuting yang cukup ketat dan penuh perhitungan agar semuanya terlihat nyata. Termasuk bagaimana akhirnya dia memilih Cillian Murphy untuk peran Oppenheimer, yang menurutnya tetap membutuhkan akting hebat dari para aktor berbakat lainnya.

Yang menarik adalah ternyata proses dibalik layarnya sendiri memang sesuai dengan janji Nolan sebelumnya. Di mana ledakan yang dihadirkan di filmnya lahir dari proses dan dedikasi sungguhan para krunya. Terlihat jelas bahwa kru properti Oppenheimer sampai membuat replika ledakan bom nuklir Trinity, lengkap dengan rumah-rumah percobaan yang berada di Los Alamos. Bagi yang belum tahu, Trinity sendiri adalah uji coba peledakan bom nuklir pertama di dunia yang terjadi pada tanggal 16 Juli 1945 di Los Alamos, Meksiko.

Meskipun ledakan demi ledakan yang terlihat dibalik layar Oppenheimer hampir sepenuhnya nyata, perlu kita catat bahwa Nolan sama sekali tidak menggunakan bom nuklir sungguhan. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan nasib para aktor dan krunya, karena mereka tidak terpapar radiasi sungguhan apalagi akan meninggal karena penyakit kanker bertahun-tahun kemudian. Namun seperti apa hasil dari proses syuting yang sangat ambisius ini? Jawabannya akan terungkap ketika filmnya rilis perdana pada 21 Juli nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.