Barbie menjadi film terbaru dari bintang besar Hollywood, Margot Robbie dan Ryan Gosling, dan ada beberapa fakta menarik mengenai filmnya. Dunia perfilman akan bersiap kedatangan sebuah film yang eksentrik dan berbeda dari yang lain yaitu Barbie. Film Barbie dijadwalkan rilis pada 19 Juli mendatang dan disutradarai oleh Greta Gerwig.

Ini menjadi proyek film lainnya dari aktris Margot Robbie, di mana dia berperan sebagai Barbie. Ryan Gosling berperan sebagai kekasih dari Barbie yaitu Ryan Gosling. Menurut sinopsisnya, film ini berkisah tentang sebuah boneka yang diusir dari “Barbieland” karena dianggap tidak sempurna. Dia pun memulai petualangan di dunia luar. Berkaitan dengan film Barbie yang akan tayang, terdapat berbagai fakta menarik mengenai film tersebut. Apa saja?

Jadi Film Adaptasi Mainan Populer Lain

Sejauh ini, industri perfilman Hollywood biasanya dibanjiri oleh berbagai film adaptasi. Film-film tersebut umumnya merupakan sebuah adaptasi dari novel atau komik. Bahkan, film adaptasi komik saat ini mendominasi box office Hollywood. Meskipun begitu ada juga film lainnya yang merupakan adaptasi dari media lain, yaitu mainan. Contohnya adalah franchise Transformers.

Barbie menjadi film Hollywood lainnya yang diadaptasi dari mainan. Seperti yang Geeks ketahui, Barbie merupakan mainan yang sangat populer di seluruh dunia. Seluruh lapisan masyarakat mengenal boneka Barbie. Bagaimana kemudian Greta Gerwig mampu untuk menghadirkan sebuah cerita layar lebar dari sebuah boneka populer produksi Mattel ini tentunya sangat luar biasa.

Sempat Muncul Kontroversi

Meskipun proses produksi film Barbie berjalan lancar, namun film ini nyatanya tidak luput juga dari berbagai kontroversi yang ada. Salah satunya adalah kontroversi mengenai pemilihan Ryan Gosling sebagai Ken. Banyak dari para penggemar merasa jika keputusan tersebut salah. Karena, sosok Ryan Gosling dianggap terlalu tua untuk memerankan karakternya.

Selain itu, kontroversi lainnya adalah bagaimana film ini menghadirkan sosok sahabat dari Barbie yaitu Margaret “Midge” Hadley Sherwood. Karakter ini sempat menjadi buah bibir orang-orang di tahun 2003 di mana desain dari Midge dianggap mempromosikan pernikahan muda. Hal ini karena boneka Midge diperlihatkan hamil, namun dengan penampilan muda dan tanpa adanya cincin pernikahan.

Jumlah Kostum Yang Banyak

Dalam sebuah film berstandar Hollywood atau blockbuster, tentunya sudah tidak asing jika ada banyak kostum yang disediakan untuk para bintangnya di film tersebut. Namun, hal ini berbeda dalam film Barbie. Film Barbie ini menyediakan kurang lebih 40 kostum hanya untuk Margot Robbie saja. Ada kemungkinan jumlah yang sama juga disediakan oleh desainer kostum filmnya untuk Ryan Gosling.

Yang luar biasa adalah kostum-kostum tersebut tentunya perlu untuk dibuat semenarik mungkin dengan desain manis. Belum lagi, ukuran kostumnya harus sesuai dengan ukuran tubuh sang aktor. Dan juga warna kostumnya harus merah muda atau warna yang cerah. Masih belum diketahui apakah ada kostum lainnya yang memang sengaja disiapkan untuk film ini. Yang jelas bagian desainer kostum di film ini benar-benar bekerja keras.

Kehabisan Cat Merah Muda

Berkaitan dengan warna merah muda, salah satu fakta menarik dari film Barbie adalah bagaimana film ini menghabiskan banyak sekali cat berwarna merah muda yang sangat cerah. Dalam sebuah laporan disebutkan jika Greta Gerwig ingin menghadirkan suasana dunia Barbie yang benar-benar nyata. Karena itulah, dia membangun set pengambilan gambar yang mewah mirip seperti rumah mainan Barbie.

fakta film barbie

Gerwig juga mengatakan bahwa dia ingin seluruh set tersebut memiliki warna merah muda yang sangat cerah. Inilah alasannya mengapa kemudian butuh banyak sekali suplai cat merah muda untuk membangun Barbieland di film tersebut. Yang menarik adalah akibat dari ulah Greta Gerwig ini banyak perusahaan penyedia cat harus kehabisan stok untuk cat warna merah muda. Bahkan, hal ini sempat jadi berita utama yang menyebutkan “Dunia Kehabisan Cat Merah Muda.”

Menghadirkan Barbieland

Seperti yang disebutkan di atas, Greta Gerwig sengaja membangun Barbieland semirip mungkin sehingga dia menghabiskan banyak suplai cat merah muda di dunia. Barbieland sendiri merupakan sebuah dunia atau tempat di mana seluruh boneka Barbie dan Ken tinggal. Bentuk rumahnya mewah dan penuh dengan hiasan dan ornamen. Dan yang paling penting adalah warna rumahnya didominasi oleh merah muda.

Rumah-rumah di Barbieland pun memiliki jendela yang besar dan terbuka. Hal ini bertujuan agar semua Barbie bisa saling melihat satu sama lain. Dalam sebuah tayagan promosi filmnya beberapa waktu lalu, Margot Robbie sempat memberikan tour virtual yang memperlihatkan rumah Barbie dan juga Barbieland. Trailer filmnya juga sempat memperlihatkan Barbieland secara sekilas.

Dilarang Tayang di Vietnam

Fakta film Barbie terbaru adalah bagaimana film ini dilarang tayang di negara Vietnam. Vietnam sendiri adalah salah satu negara di Asia Tenggara di mana film Barbie ini akan ditayangkan. Namun, menurut laporan dari berbagai kantor berita pihak pemerintah Vietnam akhirnya melarang penayangan film tersebut di negaranya. Hal ini karena film Barbie menghadirkan wilayah Laut China Selatan dalam salah satu adegan.

Dalam film Barbie terdapat adegan yang memperlihatkan sebuah peta di mana peta tesebut menunjukan jika terdapat garis putus-putus yang menunjukan wilayah kekuasaan China di lautan. Dan beberapa wilayah tersebut nyatanya diklaim oleh Vietnam adalah wilayah kekuasaan mereka. Konflik antara Vietnam dan China terkait wilayah memang sudah lama terjadi, bahkan Indonesia pun bersitegang dengan China terakit wilayah kedaulatan di laut.

Rating Film Barbie

Meskipun Barbie merupakan boneka untuk semua kalangan usia, namun film layar lebarnya berbeda. Film Barbie ternyata memiliki rating yang cukup dewasa. Di Amerika sendiri film Barbie memiliki rating PG-13, yang artinya film ini memang ditujukan untuk remaja berusia 13 tahun ke atas disertai pendampingan orang tua. Hal yang sama juga terjadi di Inggris, di mana rating film ini ada 12A yang artinya hanya boleh ditonton oleh remaja berusia 12 tahun ke atas dengan pendampingan orang tua.

Alasan film Barbie memiliki rating tersebut adalah karena ada “Adegan seksual Secara sekilas, Adegan yang Kurang Menyenangkan, dan Bahasa Yang Kuat.” Salah satu contoh adegan “dewasa” dalam film ini adalah ketika seorang pria menepuk bokong dari Barbie di pantau dan kemudian Barbie pun membalas pria tersebut dengan sebuah pukulan. Meskipun begitu, film ini diprediksi tetap akan memiliki pemasukan yang besar.

Proses Yang Lama

Proses pembuatan film Barbie ternyata memakan waktu yang tidak sebentar, yaitu lebih dari satu dekade. Proyek film Barbie sendiri pada awalnya diumumkan pada 2009 silam. Proyek film ini pada awalnya akan dikerjakan oleh rumah produksi Universal Pictures, namun kemudian hak pembuatan filmnya dibeli oleh Sony. Terakhir, Warner Bros. yang akhirnya mengerjakan proyek film ini.

fakta film barbieSekitar tahun 2019 rumah produksi Warner Bros. akhirnya mengumumkan jika Margot Robbie sudah terpilih menjadi Barbie sedangkan Ryan Gosling berperan sebagai Ken. Sempat terjadi berbagai kendala saat proses produksi berlangsung, sehingga film ini baru selesai produksi pada tahun lalu dan baru akan tayang pada 19 Juli mendatang.

Cerita Berbeda Sosok Barbie

Salah satu alasan mengapa film ini banyak menjadi perbincangan orang-orang adalah karena sejak pertama kali proyek filmnya diumumkan tidak ada info konkret mengenai alur ceritanya. Semua hal yang kita ketahui tentang cerita filmnya berasal dari informasi para aktornya, yang mengatakan jika film Barbie akan menghadirkan cerita berbeda dari apa yang kita ketahui sebelumnya.

Namun, baru-baru ini informasi jelas mengenai alur cerita filmnya kemudian muncul. Menurut penuturan Margot Robbie, film ini berkisah tentang Barbie yang mengalami krisis identitas saat berada di Barbieland. Dia pun merasa bahwa kehidupannya di Barbieland terasa begitu hampa dan monoton. Barbie kemudian mencoba untuk berpetualang di dunia luar dan mulai menemukan jati dirinya.

Cameo Putri Pencipta Barbie

Film Barbie ternyata tidak mau kalah dengan berbagai film lain dalam menghadirkan cameo dari sosok atau tokoh terkenal. Dalam film Barbie, mereka menghadirkan cameo dari putri pencipta boneka Barbie yaitu Barbara Handler. Dalam salah satu adegan di trailernya, nampak bagaimana Barbie bertemu dengan seorang wanita tua yang memberikan petuah kepada sang karakter.

fakta film barbie

Ternyata, wanita tua itu adalah sosok Barbie yang “asli.” Barbara merupakan inspirasi dari terciptanya boneka Barbie oleh sang ayah, Ruth Handler, pada tahun 1959. Dan nama ‘Barbie’ sendiri merupakan adaptasi dari nama Barbara. Hal ini tentunya membuat film ini terasa makin spesial dengan kemunculan dari putri sang pencipta boneka populer tersebut.

Film Barbie menjadi salah satu film yang unik, karena memberikan warna yang berbeda di industri film. Meskipun formula ceritanya bukan sesuatu yang baru, namun bagaimana kemudian film ini akhirnya bisa berhasil untuk tayang di bioskop dan berhasil “dihidupkan” menjadi sesuatu yang luar biasa. Kita nantikan saja filmnya pada 19 Juli mendatang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.