Dari tahun 1939 sampai sekarang, DC Universe telah melahirkan sejumlah musuh hebat bagi para superhero, khususnya bagi karakter sekuat Superman. Namun dari sekian banyak supervillain yang pernah Superman hadapi, ternyata ancaman paling mematikan bagi seorang Kryptonian malah datang dari sebuah benda mati yang disebut Kryptonite. Mineral langka yang berasal dari planet Krypton ini terdiri dari beragam jenis dengan efek dan gejala yang berbeda-beda. Nah dalam artikel ini, kita akan mengungkap berbagai jenis Kryptonite paling berbahaya bagi Superman dalam sejarah panjang DC Universe!

Green Kryptonite

kryptonite berbahaya superman

Kryptonite paling berbahaya bagi Superman yang paling pertama tentu saja Green Kryptonite yang punya warna hijau menyala. Kryptonite yang satu ini adalah varian yang paling sering ditemui dalam cerita komik, film, video game, dan media DC lainnya. Efeknya yang paling menonjol adalah kemampuan Green Kryptonite yang dapat melemahkan bahkan mematikan seorang Kryptonian. Paparan terhadap Kryptonite ini akan membuat kekuatan dan kekebalan Superman menurun secara drastis, sehingga membuatnya rentan terhadap serangan fisik. Mirip seperti COVID-19, jika tidak langsung ditangani atau dijauhkan dari paparan Green Kryptonite, maka cepat atau lambat Superman bisa mati.

Silver Kryptonite

Silver Kryptonite adalah mineral Krypton selanjutnya yang bisa sangat berbahaya bagi Superman jika dia terpapar terlalu lama. Efeknya memang tidak semematikan Green Kryptonite, di mana Silver Kryptonite yang pertama kali diperkenalkan di series live action SmallvilleĀ ini bisa memberikan gejala yang memabukan bagi seorang Kryptonian. Dengan kata lain jika Superman terpapar Kryptonite ini maka dia akan langsung mabuk, layaknya manusia yang memakan magic mushroom atau obat-obatan terlarang. Saat mabuk tentunya tidak ada yang bisa diandalkan dari Superman, dia bahkan bisa tiba-tiba mengamuk karena tidak bisa membedakan antara halusinasi dan kenyataan.

Periwinkle Kryptonite

kryptonite berbahaya superman

Jika tadi Silver Kryptonite punya efek memabukan, Periwinkle Kryptonite justru punya efek yang lebih memalukan dari itu. Di mana Superman bisa tiba-tiba bernafsu dan berubah menjadi berwarna ungu setelah terpapar Periwinkle Kryptonite. Seperti yang diceritakan di komik Tiny TitansĀ di mana Brainiac menembak Superman dengan cahaya Periwinkle Kryptonite dan kemudian Superman jadi ingin selalu berdansa dengan Lois Lane. Meskipun tidak menyakitinya, Kryptonite ini justru dianggap berbahaya bagi harga diri Superman karena biasanya ketika kembali tersadar dia akan sangat malu dengan perbuatannya.

Pink Kryptonite

Satu lagi jenis Kryptonite yang tidak mematikan, tetapi bisa sangat berbahaya untuk harga diri Superman adalah Pink Kryptonite. Pasalnya Kryptonite ini bisa langsung mengubah orientasi seksual Superman yang semula menyukai Lois Lane menjadi suka dengan pria gagah seperti Bruce Wayne. Meskipun efeknya hanya sementara, tetapi dalam cerita pendek Justice League Action, Superman pernah diperlihatkan sampai berubah menjadi seperti wanita karena terpapar Pink Kryptonite dalam dosis yang sangat besar. Dengan kata lain jika seandainya Superman yang telah menikahi Lois terpapar oleh Pink Kryptonite maka hubungan yang telah mereka jalin selama ini bisa sangat terancam.

Red Kryptonite

kryptonite berbahaya superman

Dalam sejarah DC, origin dan efek dari Red Kryptonite terbilang sering berubah-ubah. Namun dalam peristiwa komik Tower of Babel, Red Kryptonite yang berhasil diciptakan oleh Batman, dengan memasukan kadar radiasi nuklir yang sangat tinggi ke dalam Green Kryptonite ini, dapat sangat berbahaya bagi nyawa Superman. Di mana hal tersebut dibuktikan ketika Ra’s Al Ghul berhasil mencurinya dan kemudian menggunakannya untuk menyiksa Superman. Efek lainnya dari Red Kryptonite yang pernah diceritakan adalah mampu menghilangkan kekuatan Superman, membuatnya tidak waras, menjadikannya buta warna, membuatnya menua dengan cepat, bahkan mengubahnya menjadi naga.

Black Kryptonite

kryptonite berbahaya superman

Black Kryptonite adalah salah satu jenis Kryptonite yang paling berbahaya dalam sejarah Superman. Bagaimana tidak, di komik Superman/Batman pernah diceritakan bahwa ketika Superman terpapar Black Kryptonite maka dia akan menjadi versi jahat nan kejam yang bukan membahayakan dirinya sendiri tetapi juga seluruh alam semesta. Di series live action Smallville dan CW’ Supergirl, paparan dari Black Kryptonite ini bahkan dapat membelah fisik serta jati diri seorang Kryptonian menjadi dua karakter yang berlawanan. Dan satu-satunya cara untuk mengalahkan Black Superman adalah dengan membuatnya kembali terpapar Black Kryptonite.

Gold Kryptonite

kryptonite berbahaya superman

Terakhir, jenis Kryptonite lainnya yang terbukti berbahaya bagi Superman adalah Gold Kryptonian. Alih-alih melemahkan seperti Green Kryptonite atau merusak tubuh seperti Red Kryptonite, efek Gold Kryptonite adalah membuat seorang Kryptonian kehilangan kemampuan untuk menyerap energi Matahari kuning. Karena Matahari kuning adalah energi utama yang membuat Superman memiliki kekuatan fisik super, bisa terbang, dan melakukan hal menakjubkan lainnya, artinya jika dia terkena Gold Kryptonite maka semua keunggulannya akan langsung hilang. Dia akan menjadi seorang manusia biasa yang bisa mati kapan saja dan di mana saja, bahkan dibunuh oleh seorang perampok bersenjata.

Itulah tujuh jenis Kryptonite yang terbukti bisa sangat berbahaya bagi fisik Superman maupun harga dirinya. Meskipun tidak semua Kryptonite berbahaya bagi Superman, misalnya Kryptonite-X yang malah memulihkan stamina dan kekuatannya, tetapi ketujuh Kryptonite ini telah membuktikan bahwa sebagian besar mineral dari Krypton dapat mengancam nyawa Superman dan orang-orang di sekitarnya termasuk Kryptonian lainnya. Di sisi lain hal ini juga secara tidak langsung membuktikan bahwa Kryptonite merupakan elemen penting yang tak terpisahkan dari kisah Superman di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.