Semua orang mungkin tahu bahwa Clark Kent alias Superman adalah salah satu ikon paling terkenal dalam dunia superhero khususnya DC. Berasal dari Planet Krypton, Superman memiliki banyak sekali kemampuan super luar biasa, seperti kekuatan fisik super, kekebalan, kecepatan super, heat vision, napas es, dan penglihatan sinar-X. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya ada beberapa kekuatan super kryptonian lain yang justru tidak dimiliki oleh Superman. Dalam artikel ini, kita akan menguak tujuh kekuatan super kryptonian yang menakjubkan, tetapi tidak dimiliki oleh sang Man of Steel.

Time Manipulation

kekuatan tidak dimiliki superman

Kekuatan super Kryptonian pertama yang tercatat tidak pernah dimiliki oleh Superman setidaknya di DC Comics adalah time manipulation. Pada kenyataannya kemampuan untuk memanipulasi waktu ini hanya dimiliki oleh H’El, seorang Kryptonian yang selamat dari kehancuran planetnya dan sangat berambisi ingin mengembalikan semuanya seperti sediakala. Sebagai seorang clone yang di dalam tubuhnya terdapat DNA terbaik Kryptonian, H’El mampu melakukan perjalanan waktu hingga berkali-kali untuk mencegah kehancuran Krypton. Namun karena ulahnya ini mengancam planet lain, mau tidak mau Superman harus menghentikan H’El walaupun nyawa taruhannya.

Fire Manipulation

kekuatan tidak dimiliki superman

Seperti yang kita tahu, Superman memang bisa mengeluarkan heat vision dari matanya yang dapat membakar bahkan melelehkan hampir semua objek. Namun dalam sejarahnya Superman tidak pernah diceritakan mampu memanipulasi api seperti Flamebird. Kekuatan kryptonian yang tidak dimiliki oleh Superman ini memungkinkan Flamebird yang sejatinya seorang kryptonian untuk mengubah tubuh dan auranya menjadi api murni yang sangat membara. Saking dahsyatnya kekuatan api dari karakter bernama asli Thara Ak-Var ini, dia mampu menyalakan kembali Matahari yang sempat berusaha dirusak oleh Lex Luthor.

Shadow Control

kekuatan tidak dimiliki superman

Shadow control adalah kekuatan unik lainnya yang tidak pernah dimiliki oleh Superman di DC Universe. Kekuatan untuk mengendalikan bayangan ini dimiliki oleh anak angkat Superman yang bernama Chris Kent. Di mana dia ternyata adalah reinkarnasi dari salah satu dewa Kryptonian yang bernama Nightwing (bukan anggota Bat-Family). Kekuatan surgawi ini muncul bisa bangkit karena Chris lahir di Phantom Zone yang sejak awal sangat erat hubungannya dengan bayangan. Itulah mengapa sebagai Nightwing dia mampu mengendalikan bayangan di sekitarnya bahkan menjebak orang lain di dalam dimensi kegelapan yang sangt dingin dan tak berujung.

Telekinesis

kekuatan tidak dimiliki superman

Siapa bilang Kryptonian tidak mempunyai kemampuan telekninesis? Faktanya ada seorang Kryptonian yang mampu menyentuh benda mati kemudian mengendalikannya dengan pikiran. Dia tidak lain adalah Conner Kent alias Superboy yang lahir dari gabungan DNA Superman dan Lex Luthor pada masa depan yang sangat jauh. Kemampuan telekinesis Superboy ini memungkinkan dia untuk mengendalikan benda sekecil atau sebesar apa pun. Sejauh ini dengan pengembangan karakternya di DC, Superboy tercatat mampu mengendalikan seluruh butiran gandum di sebuah ladang untuk mengalahkan villain Parasite, di mana kekuatan unik ini tentunya tidak pernah dimiliki oleh Superman.

Black Light Power

kekuatan tidak dimiliki superman

Seperti yang bisa kalian lihat sendiri pada gambar di atas, Preus adalah salah satu Kryptonian yang tubuhnya bisa memancarkan cahaya terang. Alasan kekuatan yang satu ini tidak dimiliki Superman mungkin karena dia sejak kecil sudah berada di Bumi. Sedangkan Preus yang berkelana di luar angkasa pasca Krypton hancur, mulai mengembangkan cahaya di tubuhnya sendiri. Ajaibnya ketika cahaya ini dikeluarkan dari tubuhnya, misalnya lewat heat vision atau ledakan energi dari kedua tangannya, chaya tersebut justru berwarna hitam. Saat terkena heat vision milik Preus, Superman bahkan mengaku merasakan efek yang lebih menyakitkan dari heat vision standar.

Astral Punch

Belum lama ini Power Girl mendapatkan sebuah kekuatan baru yang tidak pernah dimiliki oleh Superman, yaitu tinju yang memungkinkannya untuk mengakses dimensi astral. Astral Punch atau tinju astral ini didapatkan Power Girl setelah dia terlibat dalam peristiwa komik Lazarus Planet yang mengubah kekuatan supernya. Kekuatan ini langsung Power Girl gunakan untuk memukul villain Johnny Sorrow. Masih belum diketahui seberapa jauh efek yang dihasilkan tinju astralnya. Namun melihat keunikannya ini bukan tidak mungkin Kryptonian wanita dari Earth-2 ini mampu memukul ruang kosong dan menciptakan portal astral ke dimensi lainnya.

Electric Punch

Terakhir, kekuatan super Kryptonian yang tidak dimiliki oleh Superman setidaknya untuk saat ini adalah electric punch. Sesuai dengan namanya kekuatan yang satu ini memungkinkan seorang keturunan Krytonian seperti Jon Kent untuk mengeluarkan tinju bertegangan listrik tinggi. Sebagai anak Superman sekaligus salah satu orang yang terlibat dalam peristiwa Lazarus Planet, kekuatan baru Jon ini otomatis membuatnya lebih kuat dari Kryptonian pada umumnya. karena sekarang selain menghasilkan benturan yang sangat keras dan mematikan, setiap tinjunya juga mendapatkan efek tambahan dari listrik yang bisa membuat para musuhnya pingsan jika digunakan dengan tepat.

Itulah tujuh kekuatan super Kryptonian yang tidak dimilik Superman di DC Comics. Seluruh kekuatan ini secara tidak langsung membuat setiap penggunanya terasa lebih unik dan tidak menjadi tiruan murahan dari Superman sendiri. Di sisi lain Superman yang tidak memiliki kekuatan electric punch, time manipulation, dan kekuatan luar biasa lainnya, tetap terasa keasliannya sebagai seorang Kryptonian murni yang bukan hasil kloning apalagi mendapatkan kekuatan dari pihak atau kejadian lainnya. Namun jika disuruh memilih kira-kira mana kekuatan di daftar ini yang cocok untuk dimiliki Superman, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.