Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1939, sampai hari ini sudah tidak terhitung lagi ada berapa banyak musuh Batman khususnya yang berbasis di Kota Gotham. Walaupun begitu ketika berbicara tentang musuh bebuyutan Batman, kita semua pasti akan sepakat bahwa Joker yang debut pada tahun 1940 sangat pantas menyandang gelar tersebut. Sekarang setelah puluhan tahun berlalu DC Comics kembali menceritakan ulang pertarungan pertama antara Batman dan Joker secara detail dan lebih epik.

Pertarungan pertama antara Batman dan Joker ini baru saja diceritakan ulang dengan penggambaran yang lebih mengerikan oleh penulis Tom King dan ilustrator Mitch Gerads. Tepatnya dalam salah satu kisah baru antologi Batman: The Brave and the Bold berjudul Batman: The Winning Card. Ceritanya dimulai dari kebrutalan Joker yang dengan sengaja membantai para polisi Gotham City. Jim Gordon yang menyaksikan semuanya dalam keadaan terluka langsung meminta bantuan kepada Batman untuk menangkap Joker.

pertarungan pertama batman joker

Pada titik inilah Batman langsung menyusun rencana untuk menjebak Joker dalam pertarungan pertama mereka. Di mana Batman memulainya dengan memanggil seorang mafia bernama Brute Nelson dan menantangnya untuk memancing Joker. Ketika malam tiba, Brute yang merasa lebih jahat dari Joker tidak pernah menyangka bahwa sang Clown Prince of Crime akan langsung menyerangnya dengan pisau secara membabi buta. Dari sinilah Batman keluar untuk meringkus dan menghentikan Joker untuk selamanya.

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, pertarungan epik antara Batman dan Joker ini hanya terjadi dalam beberapa panel saja. Dimulai dengan Joker yang melompat dari lantai tiga sebuah gedung, kemudian menikam seorang pria di leher untuk mencuri mobilnya. Batman lantas menggunakan grapling hook-nya untuk mengejar mobil yang dikendarai Joker, tetapi hal ini malah membuatnya tertabrak oleh Mobil. Melihat Batman tidak berdaya, Joker langsung menendang wajah Batman beberapa kali dan melemparkan sang Caped Crusader dari jembatan.

Berdasarkan cerita nostalgia yang sangat detail ini, cukup jelas bahwa Batman telah dikalahkan oleh Joker pada pertarungan pertama mereka di DC Universe. Dan bukan hanya itu saja, Batman bahkan kalah dengan cara yang sangat memalukan, padahal dia sudah mengorbankan kriminal lain seperti Brute Nelson. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa awalnya Batman sama sekali tidak pernah menyangka bahwa dia akan bertemu musuh bebuyutan yang sanggup mempermalukannya bahkan membuatnya babak belur.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.