Tayang perdana awal bulan Juni kemarin, The Idol bisa dibilang adalah salah satu series terviral pada tahun 2023. Salah satu alasannya karena series ini melibatkan salah satu bintang k-pop terpopuler Jennie Ruby Jane dari girlband Blackpink. Seriesnya sendiri diciptakan oleh bintang pop dunia The Weeknd, bersama Sam Levinson dan Reza Fahim. Terlepas dari popularitasnya, The Idol dilaporkan baru saja di cancel oleh sebuah lembaga karena dianggap terlalu vulgar dan hanya akan tayang sampai minggu ini.

The Idol sendiri pada dasarnya berfokus pada cerita seorang idola pop bernama Jocelyn (Lily-Rose Depp) yang mengalami gangguan mental karena tour terakhirnya dibatalkan. Dalam rangka ingin merebut kembali gelarnya sebagai bintang pop terseksi di Amerika dia mulai menjalin hubungan dengan Tedros (Abel “The Weeknd” Tesfaye) yang ternyata seorang pemimpin sebuah sekte modern. Sebenarnya series ini cukup banyak dipuji karena sinematografi dan penampilan Depp, tetapi secara garis besar para kritikus justru memberikan ulasan negatif terhadap naskah, penyutradaraan, dan konten seksualnya.

the idol di cancel

Dilansir dari The Wrap, series The Idol baru saja di cancel oleh lembaga advokasi media The Parents Television and Media Council. Di mana mereka telah menghubungi HBO untuk menghentikan penayangan seriesnya karena dianggap telah menggambarkan ‘pornografi penyiksaan dan pelecehan seksual’ dengan sangat vulgar. Banyak penggemar yang menganggap protes dari lembaga inilah yang menyebabkan seriesnya hanya berjumlah lima episode dengan episode terakhir yang akan tayang minggu ini.

Faktanya ternyata pengurangan jumlah episode dari yang semula enam menjadi lima ini sudah terjadi jauh sebelum The Idol di cancel oleh lembaga The Parents Television and Media Council. Sumber dari TVLine telah mengonfirmasi bahwa jumlah episode yang lebih sedikit ini terjadi karena perubahan cerita yang dilakukan oleh sutradara Sam Levinson. “Perubahan menjadi lima episode ini terjadi setelah Sam mengambil alih dan membuat perubahan signifikan. Jadi sekarang ceritanya hanya membutuhkan lima episode saja.”

Berdasarkan semua ini bisa kita simpulkan bahwa series The Idol yang di cancel dan jumlah episodenya yang lebih sedikit hanyalah sebuah kebetulan. Walaupun begitu bukan tidak mungkin justru dampak dari protes lembaga The Parents Television and Media Council ini akan berpengaruh pada nasib The Idol season 2. Kita lihat saja nanti seperti apa perkembangannya ya, Geeks. Final episode The Idol sendiri dijadwalkan untuk tayang di HBO pada tanggal 2 Juli 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.