Tinggal kurang dari sebulan, film teranyar dari sutradara Christopher Nolan yang berjudul Oppenheimer akan tayang di bioskop seluruh dunia. Film biopic ini akan berfokus pada fisikawan era Perang Dunia II bernama J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy) yang terkenal sebagai Bapak Bom Atom dunia. Jelang perilisannya, Nolan mengisyaratkan bahwa ending Oppenheimer punya banyak kesamaan dengan filmnya yang lain yang berjudul Inception. Di mana penggemar mungkin akan sedikit merasa jengkel dengan ending-nya.

Rilis tahun 2010, Inception sendiri adalah salah satu film terbaik Christopher Nolan yang punya alur cerita unik. Mengisahkan seorang pencuri informasi bernama Dom Cobb dari Leonardo DiCaprio, filmnya terkenal karena menghadirkan konsep tentang terknologi canggih yang memungkinkan seseorang masuk ke dalam mimpi orang lain demi mencari tahu informasi penting dari alam bawah sadarnya. Mirisnya pada akhirnya Cobb dan orang-orang di sekitarnya justru merasa kesulitan antara membedakan mimpi dan dunia nyata.

ending oppenheimer inception

Dalam sesi wawancara terbarunya dengan Wired, Nolan mengungkapkan bahwa ending Oppenheimer dan Inception bisa dibilang mirip dari segi kerumitannya. “Kalian tahu akhir Inception, ini persis seperti itu. Keambiguannya bukan soal ambigu emosional. Itu lebih bergantung pada intelektual penontonnya. Memang lucu, menurut saya ada hubungan antara ending Inception dan Oppenheimer yang menarik untuk dieksplorasi. Oppenheimer punya ending yang rumit. Memberikan perasaan yang rumit,” ungkapnya.

Dengan kata lain, sepertinya Nolan ingin memberi tahu para penggemarnya bahwa ending Oppenheimer nanti berpotensi membuat perasaan dan pikiran penontonnya berkecamuk. Karena keambiguan ending dan mungkin juga keseluruhan filmnya akan memaksa para penggemar untuk memikirkan sendiri apa yang dimaksud endingnya. Misalnya di film Inception, pada akhirnya kita sebagai penonton mau tidak mau harus menyimpulkan sendiri apakah Cobb sudah kembali di dunia nyata atau masih di alam mimpi.

Kemiripan Oppenheimer dengan film Inception inilah yang nantinya mungkin akan menguras otak dan hati penonton di bioskop. Apalagi filmnya sendiri memang diangkat dari kisah nyata Bapak Bom Atom yang pada akhirnya menyesal dan mengklaim dirinya sebagai personifikasi kematian yang telah menghancurkan dunia. Bagaimana, Geeks, makin tertarik dengan filmnya? Oppenheimer akan tayang di bioskop global mulai tanggal 19 Juli 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.