Semua penggemar film Hollywood pasti tahu film Titanic yang rilis perdama pada tahun 1997 silam. Film garapan sutradara James Cameron ini bercerita tentang hubungan romantis antara Rose (Kate Winslet) dan Jack (Leonardo DiCaprio) di tengah tragedi tenggelamnya kapal Titanic pada tahun 1912. Sekarang setelah 26 tahun berlalu sejak filmnya dirilis, sebuah kecelakaan baru terkait bangkai kapal Titanic kembali terjadi. James Cameron yang mengetahui tragedi ini turut memberikan komentarnya yang bernada kritik.

Bagi yang belum tahu, pada tanggal 18 Juni lalu sebuah kapal selam Titan yang menampung sejumlah wisatawan dilaporkan menghilang saat tengah melakukan ekspedisi untuk melihat bangkai kapal Titanic di dekat pantai Newfoundland, Samudra Atlantik Utara. Mirisnya, kapal selam yang direncanakan untuk menyelam hingga kedalaman 3.810 meter ini dinyatakan gagal kembali ke permukaan pada jadwal yang sudah ditentukan, yaitu jam 3 sore waktu setempat. Sekarang laporan terbaru menyebutkan bahwa puing-puing kapal selam telah ditemukan dan kemungkinan besar semua kru dan penumpang tidak selamat.

James Cameron titanic

Dilansir dari Variety, sutradara James Cameron yang mendengar tragedi ini baru saja memberikan komentar dengan menyamakan ambisi kru kapal selamnya dengan kapten kapal Titanic. “Saya terkejut oleh kemiripan [tragedinya] dengan bencana Titanic itu sendiri, di mana sang kapten telah berulang kali diperingatkan tentang es di depan kapalnya, tetapi dia malah makin meluncur dengan kecepatan penuh menuju gunung es tersebut dan akibatnya banyak orang meninggal,” ungkap Cameron.

Cameron juga mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak dari komunitas penyelam dan teknisi kapal selam yang telah bersurat ke perusahaan yang bertanggung jawab atas ekspedisinya. Mereka merasa bahwa membawa penumpang apalagi wisatawan dengan kapal selam sangatlah berisiko. “Bagi kami, ini adalah tragedi yang sangat mirip di mana peringatan sama sekali tidak dihiraukan. Berlangsung di tempat yang sama persis dengan penyelaman yang terjadi di seluruh dunia, menurut saya itu sangat mencengangkan. Faktanya Ini benar-benar terjadi,” tambahnya.

Semoga saja tragedi kecelakaan ini bisa menjadi peringatan keras kepada perusahaan ekspedisi yang tidak mengindahkan himbauan dari para profesional. Sama halnya dengan James Cameron yang pernah menyutradarai film Titanic, kita sebagai orang awam juga mungkin cukup sadar bahwa ekspediri tersebut terlalu berbahaya. Mirisnya banyak di luar sana yang tidak bisa membendung rasa penasarannya, sehingga rela mengambil risiko yang sangat besar. Semoga keluarga korban yang ditinggalkan diberi ketabahan. RIP.

 

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.