Siapa yang tak mengenal nama beken Leonardo DiCaprio? Aktor kelahiran tahun 1974 ini terkenal dengan perannya sebagai Jack Dawnson di film Titanic. Karena bakat aktingnya yang luar biasa, wajar jika Leonardo DiCaprio mendapat penghargaan Oscar di tahun 2016, berkat akting memukaunya dalam The Revenant. Terhitung, DiCaprio juga sudah 5 kali  bulak-balik masuk dalam nominasi Oscar. Ternyata sepanjang kariernya di industri film, Leonardo DiCaprio pernah beberapa kali menolak film besar. Apa saja film tersebut? Simak berikut ini Geeks!

The Matrix

Siapa yang tak mengenal The Matrix. Film ini sangat populer di tahun 1999, karena menghadirkan cerita dan visual yang memukau. Filmnya juga menghadirkan deretan aktor beken Hollywood seperti Laurence Fishburne sebagai Morpheus, Carrie-Anne Moss sebagai Trinity, Hugo Weaving sebagai Agent Smith, dan Keanu Reeves sebagai sang karakter utama, Neo. Nah menariknya sebelum Keanu Reeves memerankan Neo, ada beberapa aktor yang menjadi kandidat pemeran Neo. DiCaprio menjadi salah satu aktor tersebut.

Produser Lorenzo Bonaventura mengatakan pada tahun 2019 lalu, bahwa dia dan DiCaprio pernah melakukan pertemuan untuk membahas peran Neo. Tetapi DiCaprio menolak karena filmnya menampilkan terlalu banyak efek visual. Ketika itu, DiCaprio baru saja membintangi film Titanic yang juga menghadirkan banyak efek visual, sehingga wajar dia menolak peran tersebut.

Advertisements

American Pshyco

Pada tahun 2000, Christian Bale membintangi American Psycho, sebuah film yang dikhususkan untuk penonton dewasa. Bagaimana tidak? Film ini menghadirkan berbagai adegan berdarah, dari seorang psikopat bernama Patrick Bateman yang tak ragu membunuh orang-orang. Sebelum Christian Bale memerankan Patrick Bateman, ternyata aktor DiCaprio sangat tertarik untuk memerankan karakter tersebut. Anehnya setelah melakukan beberapa kali pertemuan, DiCaprio tak jadi memerankannya.

Tetapi Marry Harron, sutradara American Psycho, sempat menyebutkan bahwa ada perbedaan pendapat antara DiCaprio dan Oliver Stone (sutradara yang dipilih sebelum Marry Harron untuk menggarap American Psycho) sehingga DiCaprio menolak tampil di filmnya. Tetapi menurut sumber lain, DiCaprio dikabarkan menolak karena banyaknya adegan kekerasan mengerikan terhadap wanita. Dan akhirnya Christian Bale yang mengisi peran tersebut.

Star Wars: Attack of the Clones

Attack of the Clones adalah film kedua Star Wars (secara timeline) yang mengambil latar waktu 10 tahun setelah The Phantom Menace. Dalam film ini, Anakin Skywalker tumbuh menjadi remaja dan dilatih oleh Obi-Wan Kenobi. Dia juga memulai hubungan dengan Padme Amidala, meski usia mereka terpaut jauh. Dalam Attack of the Clones, karakter Anakin Skywalker muda diperankan oleh Hayden Christensen. Tetapi sebelum Hayden, ternyata Leonardo DiCaprio diincar untuk memerankan karakter tersebut. DiCaprio pun sudah bertemu langsung dengan George Lucas untuk membahas peran tersebut. Tetapi pada akhirnya DiCaprio menolak perannya karena dia belum merasa siap. Pada tahun 2015, DiCaprio pun mengkonfirmasinya secara langsung di mana ia menyebutkan, “Saya merasa belum siap untuk itu. Pada saat itu…” Ungkap DiCaprio.

Advertisements

Spider-Man

Film X-men dan Spider-Man (Sam Raimi) yang rilis awal tahun 2000-an dianggap sebagai pionir dari film superhero. Setelah keduanya dirilis, ada banyak film superhero yang menyusul, termasuk terbentuknya MCU dan DCU. Berbicara tentang film Spider-Man versi Sam Raimi, film tersebut menampilkan Peter Parker yang diperankan Tobey Maguire. Maguire memang mampu memerankan Peter Parker dengan sangat baik. Tetapi sebelum Tobey Maguire terpilih, DiCaprio juga diincar untuk peran tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan TheShortList, Leonardo DiCaprio mengkonfirmasi bahwa dia telah dihubungi untuk memerankan Spider-Man. Tetapi kemudian DiCaprio menolak peran tersebut karena dia merasa tidak pantas menggunakan pakaian superhero. “Situasi tersebut mirip dengan Robin, di mana saya belum merasa siap untuk mengenakan setelan itu.” Hingga saat inipun, DiCaprio sepertinya tidak pernah tertarik untuk memerankan superhero, meskipun karakter yang dia perankan sangat terkenal sekalipun.

Angels & Demons

Angels & Demons adalah film karya Ron Howard yang menjadi prekuel The Da Vinci Code, yang rilis tahun 2006. Filmnya sangat sukses besar karena berhasil mendapat pendapatan lebih dari $480 juta. Dalam film ini, Robert Langdon (Tom Hanks) adalah seorang profesor yang harus memecahkan misteri sekaligus menyelamatkan dunia. Nah menariknya nih Geeks, Leonardo DiCaprio pernah ditawari bergabung dalam film ini. Dia ditawari untuk memerankan Pastor Patrick McKenna, antagonis di filmnya. Namun pada akhirnya DiCaprio menolak tawaran tersebut, sehingga karakternya diperankan oleh Ewan McGregor.

Sin City

Leonardo DiCaprio juga pernah ditawari membintangi film Sin City yang rilis tahun 2005. Mungkin sebagian Geeks mengira bahwa DiCaprio ditawari untuk memerankan Dwight McCharthy, atau karakter lainnya yang lebih “normal”. Tetapi ternyata, DiCaprio diincar untuk memerankan Ethan Roark Jr., seorang pembunuh yang sadis yang sudah beberapa kali melakukan pengobatan eksperimental sehingga akhirnya mengubahnya menjadi mengerikan. Dan seperti yang kita ketahui, DiCaprio menolak peran tersebut.

DiCaprio menilai bahwa peran tersebut tidak cocok padanya, sehingga akhirnya karakternya diperankan oleh Nick Stahl. Namun sepertinya DiCaprio merasa gatal untuk membintangi film Noir ala Sin City. Beberapa tahun kemudian, DiCaprio mencoba bekerja sama dengan Martin Scorsese untuk membintangi film Shutter Island, yang terbukti menjadi salah satu film terbesar yang rilis tahun 2010.

The Dreamer

The Dreamers adalah film karya Bernardo Bertolucci. Filmnya berlatar kerusuhan mahasiswa di Paris tahun 1968. Kita diceritakan tentang seorang siswa bernama Matthew yang berteman dengan sepasang saudara kandung yang hidup dengan bebas. Tetapi pada akhirnya, Matthew harus terjebak dengan cinta segitiga yang terjadi di antara mereka. DiCaprio pernah ditawari memerankan karakter Matthew, tetapi kemudian dia menolaknya karena lebih ingin membintangi film lainnya. Pada tahun 2000-an, DiCaprio mulai mencari peran sebagai pria dewasa, sehingga akhirnya dia lebih memilih tampil dalam film The Aviator garapan Martin Scorsese yang rilis tahun 2004.

Batman Forever

Batman Forever adalah film besutan sutradara Joel Schumacher yang rilis tahun 1995. Berbeda dengan film Batman yang disutradarai Tim Burton, Batman Forever menghadirkan jajaran pemeran baru. Val Kilmer misalnya yang ditunjuk sebagai pemeran Batman, sementara Jim Carrey menjadi pemeran Riddler. Selain Val Kilmer dan Jim Carrey, film inipun menghadirkan banyak bintang Hollywood seperti Nicole Kidman, Tommy Lee Jones, Chris O’Donnell, dan Drew Barrymore.

Nah menariknya, aktor Leonardo DiCaprio juga pernah diajak bergabung dalam Batman Forever sebagai pemeran Robin. Tetapi DiCaprio menolak peran tersebut. “Seingat saya, saya menghadiri pertemuan (dengan Joel Schumacher), tetapi tidak ingin memainkan peran tersebut. Joel adalah sutradara berbakat, tetapi saya rasa saya belum siap untuk hal seperti itu.” Ungkap DiCaprio pada tahun 2015 lalu.

Itulah dia Geeks beberapa film yang Leonardo DiCaprio pernah tolak. DiCaprio memang dikenal sebagai aktor berbakat yang sering memilih-milih peran yang akan dia mainkan. Jika filmnya dirasa menarik, tentu saja DiCaprio tak segan menerima tawarannya. Kita tunggu aja ya Geeks film apalagi yang nantinya akan DiCaprio bintangi.

https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/