Batgirl adalah salah satu proyek film live action DC yang tadinya akan tayang di saluran streaming HBO seperti Blue Beetle. Namun saat Blue Beetle bertransformasi menjadi sebuah film layar lebar, film Bat-Family dari duo sutradara Adil El Arbi dan Bilall Fallah ini malah dibatalkan setelah produksinya rampung. Meskipun filmnya resmi dibatalkan pada tahun 2022 lalu, tetapi baru-baru ini deretan foto behind-the-scene bocor ke publik dan kembali mengungkap interaksi antara Batgirl dan mentornya Batman dari Michael Keaton.

Jauh sebelum filmnya dibatalkan, pada saat itu pengumuman tentang keterlibatan Michael Keaton sebagai pemeran Batman sebenarnya sudah cukup untuk menarik perhatian para penggemar DC. Ada banyak sekali pihak yang menyayangkan keputusan Warner Bros karena telah membatalkan film Batgirl, khususnya karena kita semua tidak jadi melihat dinamika hubungan antara Barbara Gordon alias Batgirl dari Leslie Grace dengan Bruce Wayne alias Batman dari Keaton. Padahal dalam bocoran foto terbarunya, peran Batman sendiri tampaknya cukup banyak.

Batman keaton batgirl Batman keaton batgirl

Foto-foto BTS dari film batal Batgirl yang baru saja dibagikan oleh Batman Film News ini terlihat lebih banyak menampilkan Batman Keaton. Di mana pada foto pertama yang memperlihatkan sejumlah monitor di ruang produksi, Michael Keaton terlihat tengah mengambil adegan di sebuah ruangan gothic bersama Leslie Grace. Jika melihat suasananya, tampaknya karakter yang mereka mainkan yaitu Batgirl dan Batman, tengah mengadakan pertemuan rahasia di loteng sebuah gedung.

Hal yang sama juga bisa kita lihat pada bocoran foto lainnya yang memperlihatkan Batman dan Batgirl kembali bertemu di sebuah gang Gotham dengan Batmobile yang terparkir di dekat mereka. Melihat latar pada setiap foto ini cukup jelas bahwa tadinya film BatgirlĀ ingin menonjolkan sisi gothic dari Kota Gotham yang sudah cukup jarang diperlihatkan di film-film baru DC. Sayangnya ini semua hanya bisa kita kenang melalui bocoran foto, karena WB telah menyimpan rapat-rapat hasil produksinya di gudang milik mereka, tanpa ada niat sedikit pun untuk merilisnya dalam bentuk apa pun.

Nah berdasarkan bocoran foto-foto BTS ini cukup jelas bahwa peran Batman Keaton di film Batgirl yang dibatalkan lebih dari sekadar cameo. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dia tadinya akan bertindak sebagai mentor yang membimbing Barbara untuk menjadi vigilante Gotham sekaligus anggota Bat-Family. Di sisi lain Batman Keaton baru saja mendapatkan kesempatan untuk benar-benar tampil di film The Flash, tetapi itu tidak semata-mata membuat nasib karakternya di jagat sinema DC menjadi lebih baik.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.