Seperti yang kita tahu bersama, Marvel Cinematic Universe adalah salah satu waralaba film dan series superhero terbesar yang sekarang bisa dibilang paling sukses dalam sejarah perfilman Hollywood. Pertama kali berdiri pada tahun 2008, sampai hari ini Marvel Studios selaku studio yang menaungi waralaba MCU telah merilis puluhan film dan series yang menghubungkan setiap cerita dan karakter menarik di dalamnya. Nah pada artikel kali ini mari kita bahas urutan semua tayangan MCU dari awal sampai akhir berdasarkan timeline di semestanya. Berikut ini adalah urutan lengkap film dan series MCU beserta sinopsisnya.

Urutan Film dan Series ‘Infinity Saga’

Sebelum membahas apa saja film yang menjadi bagian dari Infinity Saga di MCU, perlu kita ingat bahwa urutan yang akan kita bahas kali ini berdasarkan timeline bukan jadwal rilis. Jadi tidak aneh jika di deretan film dan series Infinity Saga ini ada juga yang tayang pada era Multiverse Saga. Urutan film dan series Infinity Saga di MCU berdasarkan timeline ini dimulai dari tahun 1940-an saat Captain America pertama kali beraksi, sampai time skip ke tahun 2023 karena efek snap Thanos. Simak urutan lengkapnya di bawah ini, Geeks.

  1. Captain America: The First Avenger
    urutan film mcu
    FILM – Steve Rogers, seorang pria lemah yang ingin berperang untuk negaranya, menjadi Captain America setelah menjalani eksperimen super-soldier yang mengubah dirinya menjadi manusia super.
  2. Captain Marvel
    FILM – Seorang prajurit dengan kekuatan super bernama Carol Danvers terlibat dalam perang antara bangsa alien Skrull dan Kree yang perlahan-lahan mengungkap asal-usulnya sebagai Captain Marvel.
  3. Iron Man
    FILM – Menceritakan kisah miliarder Tony Stark yang arogan tetapi jenius dalam bidang teknologi sampai akhirnya dia memutuskan untuk menjadi superhero bernama Iron Man dengan menggunakan armor canggih ciptaannya.
  4. Iron Man 2 
    FILM – Tony Stark harus menghadapi tantangan baru ketika musuh dari masa lalunya yang bernama Ivan Vanko muncul dengan kekuatan yang sama sambil mengenakan armor dan arc reactor ciptaannya sendiri.
  5. The Incredible Hulk
    FILM – Bercerita tentang kisah Bruce Banner, seorang ilmuwan yang terkena radiasi gamma dan akhirnya berubah menjadi monster raksasa ketika marah. Dia harus melarikan diri dari pasukan pemerintah yang dipimpin oleh ayah dari kekasihnya.
  6. Thor
    FILM – Pangeran Asgard sekaligus God of Thunder, Thor, dihukum dan diusir dari rumahnya ke Bumi. Pada titik inilah dia akhirnya belajar untuk menjadi superhero sejati bersamaan dengan datangnya ancaman jahat dari saudaranya Loki.
  7. The Avengers
    FILM – Tim Superhero Terbaik Bumi yang terdiri dari Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Black Widow, dan Hawkeye, harus bersatu untuk melawan Loki yang berusaha menghancurkan Bumi dengan bantuan pasukan alien Chiaturi.
  8. Iron Man 3
    FILM – Kali ini Tony Stark harus berjuang melawan terorisme ketika musuh baru, The Mandarin, muncul dan mulai mengancam kehidupannya.
  9. Thor: The Dark World
    FILM – Thor harus berjuang melawan Malekith dan pasukan Dark Elf-nya, yang berusaha menghancurkan semesta dengan memanfaatkan kekuatan Aether.
  10. Captain America: The Winter Soldier
    FILM – Ketika teman lama Steve Rogers muncul sebagai musuh baru, sebagai Captain America dia harus melawan Winter Soldier dan mengungkap konspirasi yang mengancam kestabilan dunia.
  11. Guardians of the Galaxy
    FILM – Sebuah kelompok yang sering dianggap penjahat luar angkasa, yaitu Star-Lord, Gamora, Drax, Rocket, dan Groot mau tidak mau harus bersatu untuk melawan kejahatan kosmik yang sesungguhnya di tengah perebutan Orb berkekuatan luar biasa.
  12. Guardians of the Galaxy Vol 2
    FILM – Star-Lord dan kawan-kawan melanjutkan tugas mereka sebagai Guardians of the Galaxy sambil mengungkap misteri asal-usul Peter Quill alias Star-Lord yang ada hubungannya dengan entitas kosmik.
  13. I Am Groot
    MINI SERIES – Menceritakan potongan kisah menggemaskan yang melibatkan Baby Groot ketika dirinya diterima sebagai bagian dari tim Guardians.
  14. Avengers: Age of Ultron
    FILM – Tim superhero Avengers harus menghadapi masalah yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Di mana mereka harus melawan Ultron, artificial intelligence jahat yang berusaha memusnahkan umat manusia, karena menurutnya manusia adalah ancaman Bumi yang sesungguhnya.
  15. Ant-Man
    FILM – Seorang mantan pencuri bernama Scott Lang mendapatkan baju Ant-Man yang memungkinkannya menyusut hingga seukuran semut. Mau tidak mau dia harus belajar menjadi superhero dan melindungi teknologi Pym Particle agar tidak jatuh ke tangan yang salah.
  16. Captain America: Civil War
    FILM – Setelah sekian lama bertarung bersama, tim superhero Avengers harus terbagi menjadi dua kubu, ketika perbedaan pendapat muncul karena pemerintah ingin mengontrol superhero.
  17. Black Widow
    FILM – Natasha Romanoff alias Black Widow mau tidak mau harus menghadapi masa lalunya yang kelam karena organisasi rahasia Red Room kembali untuk mengancam hidupnya dan orang-orang terdekatnya.
  18. Black Panther
    FILM – Tidak lama setelah kematian ayahnya, T’Challa dituntut untuk menjadi penguasa baru Wakanda yang harus melindungi kerajaannya dari musuh lama sekaligus menghadapi konflik internal sebagai seorang Black Panther.
  19. Spider-Man: Homecoming
    FILM – Peter Parker, yang baru saja menjadi Spider-Man, berusaha menyeimbangkan kehidupan sekolahnya dengan tugasnya sebagai superhero di bawah bimbingan Tony Stark.
  20. Doctor Strange
    FILM – Seorang ahli bedah brilian bernama Stephen Strange baru saja mendapatkan kekuatan sihir setelah mengalami kecelakaan yang menghancurkan tangannya. Dia harus mempelajari banyak mantra dan ilmu sihir secepat mungkin demi melindungi dunia dari ancaman supernatural.
  21. Thor: Ragnarok
    FILM – Thor harus melawan Hela, saudara perempuan jahat sekaligus Dewi Kematian yang ingin menghancurkan Asgard. Dia bersama Loki lantas membentuk tim khusus untuk menyelamatkan rumah mereka dari ancaman kiamat Ragnarok.
  22. Ant-Man and the Wasp
    FILM – Scott Lang yang kini ditemani oleh Hope van Dyne dan ayahnya Dr. Hank Pym, melakukan sebuah misi baru yang melibatkan perjalanan ke Quantum Realm untuk menyelamatkan Janet van Dyne.
  23. Avengers: Infinity War
    urutan film mcu
    FILM – Seorang pemimpin tiran dari luar angkasa bernama Thanos mencoba mengumpulkan enam Infinity Stones untuk menghapus setengah kehidupan di alam semesta. Untuk itulah Avengers harus bersatu menghadapinya.
  24. Avengers: Endgame 
    FILM – Tim Avengers yang tersisa, Iron Man, Thor, Hulk, Hawkeye, Captain America, dan lain sebaginya, berusaha membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh jentikan jari Thanos sekaligus memulihkan ketertiban di alam semesta.

Urutan Film dan Series ‘Multiverse Saga’

Jika dalam daftar di atas ada series dan film baru yang ternyata masuk Infinity Saga, hal yang sama juga berlaku untuk urutan Multiverse Saga di MCU. Di mana ada beberapa tayangan lampau yang pada kenyataannya merupakan bagian dari Multiverse Saga, karena berada pada periode timeline mulai dari tahun 2023 sampai 2025 dan seterusnya. Mari langsung saja simak urutan film dan series MCU’ Multiverse Saga di bawah ini:

  1. Loki
    urutan film mcu
    SERIES – Setelah melarikan diri dengan Tesseract, Loki ditangkap oleh Time Variance Authority (TVA) yang kemudian menyuruhnya untuk melakukan misi melintasi realitas dan waktu. Pada titik ini untuk pertama kalinya konsep multiverse MCU dan varian Kang the Conqueror diperkenalkan.
  2. What If…?
    SERIES – Tayangan animasi pertama MCU yang menjelajahi kisah alternatif di MCU, dengan mengubah alur peristiwa ikonis menjadi sesuatu yang hanya terjadi di dunia paralel.
  3. WandaVision
    SERIES – Wanda Maximoff dan Vision menjalani kehidupan yang tampaknya sempurna di pinggiran Kota Westview, tetapi sejurus kemudian Vision menyadari bahwa yang semua terlihat tidak sepenuhnya nyata.
  4. The Falcon and the Winter Soldier
    SERIES – Setelah Steve Rogers pensiun sebagai Captain America, Sam Wilson alias Falcon dan Bucky Barnes alias Winter Soldier bekerja sama untuk melawan ancaman baru sambil belajar menerima peran mereka sebagai seorang superhero yang diharapkan dunia.
  5. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings
    FILM – Seorang ahli bela diri bernama Shang-Chi harus menghadapi masa lalunya dan melawan organisasi rahasia Ten Rings yang dipimpin oleh ayahnya.
  6. Spider-Man: Far From Home
    FILM – Setelah kepergian mentornya Iron Man, Peter Parker harus mencoba move on dengan pergi berlibur ke Eropa. Namun dalam prosesnya dia malah terlibat dalam pertempuran melawan makhluk elemental. Untungnya Mysterio yang mengaku dari multiverse datang membantunya.
  7. Spider-Man: No Way Home
    urutan film mcu
    FILM – Perhatian semua orang tertuju kepada Peter Parker alias Spider-Man karena Mysterio mengaku telah dibunuh olehnya. Masalah bertambah runyam ketika Peter meminta bantuan kepada koleganya di Avengers, Doctor Strange, yang malah membuka portal multiverse.
  8. Eternals
    FILM – Bangsa abadi dengan kekuatan kosmik yang menamai diri mereka Eternals diam-diam telah hidup di Bumi selama ribuan tahun. Suatu hari mereka bersatu kembali untuk melawan para Deviant jahat yang mengancam kestabilan Bumi.
  9. Hawkeye
    SERIES – Clint Barton alias Hawkeye tidak sengaja bertemu dengan Kate Bishop. Siapa sangka hal ini lantas membuat mereka makin dekat sebagai mentor dan pewaris gelar Hawkeye. Keduanya harus menyelesaikan sebuah misi besar agar bisa pulang ke keluarga masing-masing untuk merayakan Natal bersama.
  10. Doctor Strange in the Multiverse of Madness
    FILM – Doctor Strange bekerja sama dengan seorang gadis remaja misterius dari mimpinya yang dapat melakukan perjalanan melintasi multiverse. Mereka lantas berjuan bersama untuk melawan berbagai ancaman, termasuk versi dirinya di semesta alternatif.
  11. Moon Knight
    SERIES – Steven Grant, seorang karyawan toko suvenir museum yang santun, tiba-tiba sering mengalami blackout dan bangun dengan kenangan dari kehidupan lain. Steven akhirnya mengetahui bahwa dia memiliki gangguan identitas dan berbagi tubuh dengan tentara bayaran Marc Spector yang merupakan avatar Dewa Bulan Khonshu.
  12. She-Hulk: Attorney At law
    SERIES – Setelah terkena darah sepupunya Hulk, kehidupan Jennifer Walters langsung berubah drastis karena dia harus menjalani kehidupan yang rumit sebagai pengacara hijau berkekuatan Hulk yang menyelesaikan banyak kasus metahuman.
  13. Ms. Marvel
    SERIES – Bercerita tentang kisah Kamala Khan, seorang gadis 16 tahun penggemar Avengers yang mendapatkan kekuatan super dan mencoba untuk beradaptasi sebagai superhero bernama Ms. Marvel. Dalam prosesnya dia harus berhadapan dengan sejumlah metahuman lain yang menginginkan kekuatannya.
  14. Thor: Love and Thunder
    FILM – Kedamaian Thor harus terganggu ketika Gorr the God Butcher muncul untuk memusnahkan para dewa. Agar bisa menghadapinya Thor bersama King Valkyrie, Korg and mantan kekasihnya Jane Foster yang kini menjadi Mighty Thor, berusaha meminta bantuan kepada Zeus dan dewa tangguh lainnya.
  15. Werewolf By Night
    SPECIAL – Berfokus pada seorang manusia serigala bernama Jack Russell yang harus melawan kejahatan dari para pemburu monster yang menginginkan artefak sakti, dengan memanfaatkan kemampuan dan kutukan yang mengalir dalam darahnya.
  16. Black Panther: Wakanda Forever
    FILM – Shuri, Ratu Ramonda, dan yang lainnya berjuang untuk melindungi kerajaan mereka dari campur tangan dunia setelah kematian Raja T’Challa. Pada saat yang bersamaan, para superhero juga harus bersatu karena seorang raja bawah laut tiba-tiba muncul dan mengancam akan menghancurkan kerajaan mereka.
  17. Ant-Man and the Wasp: Quantumania
    FILM – Di tengah kesibukannya menjadi seorang ayah, Scott Lang lagi-lagi harus mengenakan kostum Ant-Man dan bertarung bersama Wasp di Quantum Realm. Masalah baru ini langsung menghadapkannya dengan musuh yang sangat kuat, yaitu Kang the Conqueror.
  18. Guardians of the Galaxy Holiday Special
    urutan film mcu
    SPECIAL – Sebagai seorang anggota Guardians yang baik hati, Mantis dan Drax pergi ke Bumi untuk membawakan hadiah bagi Star-Lord yang kesehariannya lebih banyak diisi dengan kesedihan karena ditinggal oleh Gamora.
  19. Guardians of the Galaxy Vol 3
    FILM – Berjanji tidak akan kehilangan anggota lagi, para Guardians yang kini bermarkas di Knowhere lantas mencoba menyelamatkan Rocket Racoon dari penciptanya yang sangat jahat High Evolutionary.

Film dan Series Mendatang

Selain urutan film dan series MCU di atas, selanjutnya masih ada beberapa tayangan menarik lainnya yang sudah dikonfirmasi akan menjadi bagian dari Multiverse Saga. Namun untuk sekarang sebagian besar tayangan yang akan datang ini masih minim informasi khususnya terkait penempatan timeline. Jadi perlu diingat bahwa urutan film dan series MCU di bawah ini masih berdasarkan ‘jadwal rilis’ bukan timeline:

urutan film mcu

  1. SERIES Secret Invasion (21 Juni 2023) Timeline setelah She-Hulk.
  2. SERIES Loki Season 2 (6 Oktober 2023)
  3. FILM The Marvels (10 November 2023) – Timeline setelah Secret Invasion
  4. SERIES Echo (29 November 2023)
  5. FILM Deadpool 3 (3 Mei 2024)
  6. FILM Captain America: Brave New World (26 Juli 2024)
  7. FILM Thunderbolts (20 Desember 2024)
  8. SERIES What If…? Season 2 (2024)
  9. SERIES Ironheart (2024)
  10. SERIES Agatha: Coven of Chaos (2024)
  11. SERIES Daredevil Born Again (2024)
  12. FILM Blade (14 Februari 2025)
  13. FILM Fantastic Four (2 Mei 2025)
  14. FILM Avengers: The Kang Dynasty (1 Mei 2026)
  15. FILM Avengers: Secret Wars (7 Mei 2027)

Sekian urutan lengkap film dan series MCU dari awal sampai sekarang. Berbeda dengan urutan tayangan Infinity Saga yang sudah dikonfirmasi oleh Marvel Studios, untuk tayangan Multiverse Saga khususnya yang tayang tahun lalu dan tahun ini masih berpotensi berubah. Hal tersebut bisa terjadi karena Marvel Studios sendiri masih terus memperbarui urutannya seiring dengan dirilisnya film dan series baru. Yang jelas untuk sekarang inilah urutan film dan series MCU paling akurat jika kita ingin menontonnya dari awal.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.