Superman versi Nicolas Cage adalah superhero yang tidak pernah mendapatkan film solonya sendiri karena proyeknya dibatalkan. Namun sesuai dengan janji sutradara Andy Muschietti sebelumnya, baru-baru ini karakternya muncul sebagai salah satu cameo menarik di film The Flash. Penampilan cameo inilah yang kemudian menarik perhatian penggemar DC Universe karena dia terihat sedikit berbeda dari inkarnasi Man of Steel lainnya. Nah jika kalian penasaran juga dengan karakternya, kali ini kita akan membahas berbagai fakta menarik dari Superman Nicolas Cage yang mungkin tidak banyak orang tahu!

Diharapkan Debut di Superman Lives

fakta superman nicolas Cage

Fakta pertama dari Superman Nicolas Cage yang harus kita tahu adalah karakternya sempat hampir mendapatkan film solonya sendiri yang berjudul Superman Lives. Semuanya bermula dari kesuksesan film Batman tahun 1989, yang pada akhirnya mendorong Warner Bros. untuk mengembangkan film Superman baru. Setelah melalui proses yang tidak muda, pada akhirnya para eksekutif WB sepakat untuk menggarap proyek Superman Lives yang terbilang cukup ambisius pada masanya.

Dikembangkan Banyak Sineas

Kesuksesan film Batman sendiri pada akhirnya membukakan jalan bagi sutradara Tim Burton untuk menggarap film Superman Lives. Kemudian pada tahun 1996, WB menunjuk penulis skenario Kevin Smith (Clerks) sebagai orang pertama yang menulis naskah filmnya. Namun Smith hengkang pada tahun 1997 dan kemudian digantikan oleh Wesley Strick (Batman Returns). Sayangnya Strick pun memutuskan mundur dan akhirnya posisinya diambil alih oleh penulis Dan Gilroy (Kong: Skull Island). Fakta inilah yang kemudian menjadikan pengembangan Superman versi Nicolas Cage terbilang cukup berliku.

Nyaris Diperankan Ben Affleck

fakta superman nicolas Cage

Ketika naskahnya masih di tangan Smith, aktor pertama yang dipilih untuk memerankan Clark Kent/Kal-El di Superman Lives adalah pemeran Batman DCEU’ Ben Affleck. Namun karena Smith hanya bertindak sebagai penulis, yang bisa memutuskan aktornya adalah Tim Burton. Berbekal fakta tersebut Burton sendiri justru lebih memilih Nicolas Cage sebagai pemeran Superman di filmnya, karena pada saat itu dia baru membintangi film sukses Con Air dan memenangkan Oscar pertamanya untuk film Leaving Las Vegas.

Karakter DC yang Mahal

fakta superman nicolas Cage

Setelah Burton ditetapkan untuk berkolaborasi dengan Dan Gilroy, film Superman Lives sempat memulai produksinya sekitar akhir tahun 1997 sampai awal 1998. Menurut fakta yang beredar untuk praproduksinya saja film Superman Nicolas Cage ini dilaporkan sudah menelan anggaran sebesar 10 juta dolar. Di mana sebagian besarnya digelontorkan untuk membuat prototipe kostum Superman dengan Cage yang sempat melakukan beberapa kali screen test.

Filmnya Dibatalkan Warner Bros

Sayangnya, terlepas dari semua upaya dan pemikiran yang telah dicurahkan untuk pengembangan dan produksinya, Warner Bros. pada akhirnya menghentikan Superman Lives pada tahun 2000. Sejak saat itu penggemar DC yang telah mengantisipasi filmnya hanya bisa mengigit jari, karena fakta ini menegaskan bahwa mereka tidak bisa melihat Superman versi Nicolas Cage beraksi dengan film solonya.

Punya banyak Kostum Superhero

fakta superman nicolas Cage

Meskipun film solonya dibatalkan, tetapi pada tahun 2009 sampai 2015, sejumlah fakta baru mulai bermunculan khususnya lewat foto-foto Nicolas Cage yang mengenakan kostum Superman untuk screen test. Kostumnya biru Superman yang dikenakan Cage terlihat mempunyai warna yang sangat mencolok, lengkap dengan lambang ‘S’ di dada, jubah merah, dan celana dalam di luar. Selain itu foto lainnya juga ada memperlihatkan kostum metalik ‘Recovery Suit’. Bahkan kabarnya Superman Cage juga direncanakan untuk mengenakan Black Suit di filmnya.

Origin Mirip Komik Populer

Selain bocoran kostum Superman Nicolas Cage, fakta terkait naskah dari film batal Superman Lives juga banyak beredar dan akhirnya sampai kepada para penggemar. Secara garis besar, baik naskah dari Wesley Strick maupun Dal Gilroy, sama-sama mengambil inspirasi dari kisah populer Superman di DC Comics yaitu The Death of Superman yang rilis perdana tahun 1992. Komik crossover karya Dan Jurgens, Jerry Ordway, Louise Simonson, dan Roger Stern ini berakhir dengan Superman yang tewas setelah berhadapan dengan monster kryptonian bernam Doomsday.

Punya Banyak Musuh Tangguh

fakta superman nicolas Cage

Berdasarkan fakta The Death of Superman yang menjadi sumber inspirasinya, Superman versi Nicolas Cage ini tadinya direncanakan untuk menghadapi Doomsday. Selain itu, naskah film Superman Lives juga memasukan musuh bebuyutan Superman lainnya, seperti konglomerat korup Lex Luthor dan alien penakluk Brainiac. Di mana karakter Brainiac tadinya akan diperankan oleh Christopher Walken (James Bond: A View to a Kill). Tidak berhenti sampai di situ saja, Lex dan Brainiac bahkan dimaksudkan untuk bergabung menjadi satu entitas kuat bernama Luthiac/Lexiac.

Punya Banyak Sahabat Juga

fakta superman nicolas Cage

Di tengah ancamannya menghadapi para villain tangguh, Superman Cage juga tadinya sudah ditetapkan untuk mempunyai beberapa sahabat dekat. Termasuk Lois Lane dari Sandra Bullock (Speed) dan Chris Rock (Grown Ups) sebagai Jimmy Olsen. Kita mungkin sudah cukup familier dengan Lois yang merupakan love interest Clark Kent. Sedangkan Jimmy adalah salah satu sahabat Clark yang sama-sama bekerja sebagai jurnalis amatir. Fakta keterlibatan karakter Jimmy ini tidak pernah dieksplorasi di film-film Superman setelah era Nicolas Cage.

Ditemani AI Guardian

fakta superman nicolas Cage

Selain para sahabat manusia yang disebutkan pada fakta sebelumnya, Superman Nicolas Cage juga ditemani oleh sebuah artificial intelligence yang menyebut dirinya K. Meskipun tidak diketahui secara pasti bagaimana origin K bisa menemani Superman, tetapi kemungkinan AI inilah yang telah menemaninya sejak Jor-El dan Lara mengirim baby Superman ke Bumi saat Krypton hancur. K adalah satu-satunya sahabat yang terus mengingatkan Superman akan jati dirinya sebagai seorang alien dari luar angkasa.

Ditakdirkan untuk Mati

Dengan para musuh dan sahabat di sekelilingnya, Superman versi Nicolas Cage ini sebenarnya ditakdirkan untuk mati setidaknya satu kali mirip seperti fakta yang terjadi komik Death of Superman. Di mana Superman akan mati setelah berhadapan dengan Doomsday. Para sahabatnya dan dunia secara keseluruhan mungkin akan diperlihatkan berduka atas kematian superhero harapan manusia ini. Apalagi dengan adanya ancaman baru yang datang dari Lexiac.

Bangkit Kembali Seperti di Komik

Tidak lama setelah Superman Cage mati di Superman Lives, rencananya dia akan dibangkitkan kembali dengan bantuan AI-nya yang bernama K. Di mana K akan berubah menjadi Recovery Suit yang menempel pada tubuh Superman. Fakta Superman Nicolas Cage yang satu ini mirip seperti kejadian di komik, di mana Superman bangkit kembali dengan Black Suit. Bedanya yang membantunya untuk bangkit adalah K yang menjadi Recovery Suit dan perlahan-lahan berubah menjadi Black Suit sekaligus life support bagi Superman. Pada titik inilah Superman akhirnya bisa mengalahkan Lexiac.

Satu-satunya Superman Gondrong

fakta superman nicolas Cage

Dengan comeback-nya di film The Flash, sebenarnya ada fakta baru dari Superman versi Nicolas Cage yang mungkin tidak dimiliki oleh inkarnasi Superman lainnya. Di mana dia ditampilkan sebagai Superman dengan rambut gondrong yang sebelumnya tidak pernah terlihat di versi Christopher Reeve, Tom Welling, Brandon Routh, bahkan Henry Cavill. Sutradara Andy Muschietti sepertinya memang sengaja mengampilkannya seperti itu karena para penggemar lebih mengingat Superman Cage berdasarkan penampilan gondrongnya di screen test kostum pada masa lampau.

Itulah tiga belas fakta menarik dari Superman versi Nicolas Cage. Meskipun film Superman Lives tidak pernah selesai, tetapi penggemar akhirnya bisa melihat dengan jelas seperti apa sosok dan aksinya di film The Flash. Di mana hal ini setidaknya menjadi nostalgia menarik yang akan terus mengenang bahwa Cage pernah menjadi salah satu inkarnasi Superman khususnya di hati penggemar.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.