Salah satu series populer di platform streaming Netflix, Black Mirror, sudah memulai season 6 dan ada beberapa fakta menarik dari season tersebut. Rilis perdana pada 2011, Black Mirror merupakan series yang tayang di Netflix karya Charlie Brooker. Series ini merupakan sebuah antalogi atau kumpulan cerita yang mengadaptasi genre fiksi ilmiah. Ada beberapa hal yang membuat Black Mirror banyak diminati.

Dengan cerita yang kompleks dan berbagai kejutan dalam setiap episodenya, merupakan beberapa hal yang membuat series ini selalu para fans nantikan. Kesuksesan dari Black Mirror sendiri terbukti dengan perilisan season 6 yang langsung jadi perbincangan para fans. Ada beberapa fakta menarik yang muncul dalam Black Mirror season 6. Apa saja?

Menghadirkan Bintang Besar Hollywood

Dalam sebuah wawancara dengan Buzzfeed, Charlie Brooker mengatakan jika dia ingin ada bintang besar Hollywood yang muncul di episode perdana season 6. Meskipun Charlie dan timnya sudah menyiapkan sebuah peran dan karakter untuk dimainkan oleh sang bintang, mereka mengaku tidak berani untuk menghadirkan bintang besar Hollywood. Sampai kemudian dia coba untuk menghubungi aktris Salma Hayek.

Brooker mengaku bahwa dia tidak ingat kapan dia memiliki ide untuk menghadirkan nama Salma Hayek. Namun, Brooker dan timnya coba untuk memberanikan diri menghubungi Salma Hayek dan untungnya sang aktris mau untuk berperan di Black Mirror season 6. Yang menarik adalah selain Salma Hayek, nyatanya season 6 juga dibanjiri bintang besar lainnya seperti Aaron Paul, Josh Harnett, bahkan Zazie Beetz.

Terdapat Sebuah Adegan Yang Gila

Dalam episode ‘Joan is Awful’ ada sebuah adegan ekstra yang bisa dibilang sangat gila. Setelah Joan mengetahui jika acara Joan Is Awful yang tayang di Streamberry ternyata “mengadaptasi” cerita hidupnya, kehidupan Joan langsung berubah. Dia dipecat dari pekerjaanya dan hidupnya benar-benar kacau. Joan sendiri kemudian berusaha untuk membalas dendam hal tersebut.

Joan membuat kekacauan dengan membuang kotorannya di sebuah acara pernikahan yang diselenggarakan di sebuah gereja. Namun, ternyata sosok Joan yang melakukan hal itu bukanlah Joan yang asli. Yang menarik adalah Salma Hayek dan Annie Murphy ternyata sangat antusias dengan adegan tersebut. Mereka bahkan mengulang beberapa kali adegannya, yang mana menurut mereka itu merupakan sebuah adegan humor dan sudah sejak lama mereka ingin berada dalam situasi seperti itu.

Parodi Netflix

Salah satu fakta Black Mirror season 6 adalah kemunculan parodi Netflix. Salah satu hal yang mungkin Geeks sadari di season 6 ini adalah adanya platform streaming yang digunakan oleh para karakter yang ada di episode “Joan Is Awful” untuk menonton berbagai tayangan yang ada. Nama dari platform streaming tersebut adalah Streamberry. Tetapi, jika Geeks perhatikan dari interface atau bagian wajah dari platform tersebut tentunya sudah tidak asing lagi.

fakta black mirror season 6 Streamberry merupakan versi parodi dari platform streaming Netflix yang menayangkan series Black Mirror. Awalnya, pihak Netflix sendiri menolak untuk diparodikan dalam seriesnya. Namun, tim produksi tetap melakukan hal tersebut dan akhirnya mereka pun menerima keputusan tersebut. Sebenarnya, pada awalnya Streamberry memiliki desain seperti platform streaming pada umumnya. Namun, Charlie Brook dan tim memutuskan untuk membuat desain Streamberry seperti Netflix.

Episode Streamberry

Selain menghadirkan parodi dari Netflix dalam bentuk platform streaming bernama Streamberry, sebenarnya berbagai judul film atau acara yang ada di Streamberry tersebut merupakan nama-nama dari acara fiktif yang muncul di berbagai episode yang pernah series Black Mirror tayangkan. Contohnya, acara “The Callow Years” merupakan judul acara fiktif dari “The National Anthem.” Kemudian, acara “Sea of Tranquility” adalah acara yang mereferensikan sebuah program acara fiktif yang sempat muncul di beberapa episode.

Yang juga menarik adalah ketika rekan dari Joan, Sandy, sedang berada di sebuah bar dia mendapatkan notifikasi di handphone miliknya. Dia mendapatkan notifikasi dari sebuah aplikasi bernama Smithereen. Ternyata, Smithereen sendiri merupakan sebuah media sosial yang muncul dalam episode “Smithereen” yang ada di season 5.

Terinspirasi Dari Peristiwa Dunia

Dalam episode “Beyond the Sea” seriesnya memperlihatkan bagaimana dua astronot “terkurung” di dalam sebuah kapal luar angkasa. Cliff Stanfield dan David Ross harus menjalani sebuah misi luar angkasa selama enam tahun. Untuk membuat keluarga mereka tidak khawatir, sebuah kloning dari kedua karakter kemudian ditugaskan untuk menemani dan menjaga mereka.

fakta black mirror season 6

Tetapi, banyak kejadian aneh dan mengerikan kemudian muncul yang melibatkan kedua karakter tersebut. Ternyata, episode “Beyond the Sea” terinspirasi dari peristiwa dunia yang terjadi dua tahun lalu. Episode ini terinspirasi dari momen pandemi global di mana semua orang terisolasi, sendirian, tidak berkomunikasi, dan sebagainya.

Hadirkan Elemen Yang Berbeda

fakta black mirror season 6

Series Black Mirror biasanya erat kaitannya dengan cerita kompleks, cerita penuh kejutan, dan juga berbagai hal yang berkaitan tentang teknologi. Namun, di season 6 ini ada sesuatu yang berbeda dari season sebelumnya. Season 6 dianggap sebagai “season perubahan” dengan menghadirkan elemen yang berbeda. Yang paling terasa adalah bagaimana di setiap episodenya penggunaan teknologi mulai dikurangi, meskipun tidak bisa dihindari sepenuhnya.

Hadirkan “Universe” Baru

fakta black mirror season 6

Series Black Mirror di season 6 ini coba untuk menghadirkan sebuah “universe” baru dengan nama Red Mirror. Kemunculan “universe” ini sendiri terjadi di episode “Demon 79” di mana dalam episode tersebut tone cerita yang muncul justru menghadirkan unsur horor psikologis. Alur ceritanya memang tidak berbeda jauh dari Black Mirror, namun kejutan dan nuansa horor yang dihadirkan benar-benar terasa. Charlie Brook sendiri mengatakan jika dia sedang mempersiapkan lebih banyak lagi episode untuk Red Mirror.

Season 6 dari Black Mirror menghadirkan berbagai hal baru dalam ceritanya dan ini tentunya jadi salah satu fakta yang menarik. Bahkan, Charlie juga mempersiapkan alur cerita lainnya yang berbeda dari series ini yaitu Red Mirror. Kreator dari Black Mirror ini sendiri berjanji akan ada cerita lainnya yang akan dia suguhkan selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.