Beredar kabar menarik terkait anggaran yang digunakan untuk produksi series Andor. Menurut laporan dari The Hollywood Reporter, anggaran yang dihabiskan untuk season pertama Andor mencapai angka yang fantastis, yaitu sekitar $250 juta. Angka tersebut menjadikan Andor sebagai series Star Wars termahal yang pernah diproduksi untuk platform Disney+.

Sebagai perbandingan, season pertama The Mandalorian memakan biaya sekitar $100 juta, dengan anggaran sekitar $12,5 hingga $15 juta per episode, dan series tersebut memiliki total delapan episode. Meski belum ada konfirmasi resmi, anggaran untuk The Mandalorian Season 2 dan The Book of Boba Fett diyakini memiliki angka yang sama atau tidak berbeda jauh.

Sedangkan untuk series Obi-Wan Kenobi yang tayang tahun lalu, dikabarkan memiliki anggaran yang sedikit lebih tinggi, yaitu sekitar $25 juta per episode dan total $150 juta untuk keseluruhan seasonnya. Selain itu, series Star Wars Disney+ yang akan datang pada tahun 2023, Skeleton Crew, juga memiliki anggaran yang cukup besar dengan perkiraan sebesar $136 juta.

Jika dibandingkan dengan series Marvel Studios di Disney+, anggaran per episode untuk WandaVision, The Falcon and the Winter Soldier, dan Hawkeye juga berada dalam kisaran yang sama dengan Obi-Wan Kenobi, yakni sekitar $25 juta.

Dalam pandangan Tony Gilroy, penulis dan showrunner Andor yang juga terlibat dalam Season 2 series ini, Andor merupakan proyek yang unik dan tercipta pada waktu dan tempat yang tepat. Dengan anggaran yang besar untuk season perdana dan penekanan pada penggunaan set praktis, kemungkinan besar Disney dan Lucasfilm tidak akan menyetujui proyek semacam ini jika dilakukan saat ini, terutama setelah CEO Disney Bob Iger berencana untuk mengurangi anggaran Disney+.

Meskipun memiliki anggaran yang tinggi, para penggemar Star Wars cukup senang dengan hasil akhir dari series Andor, di mana series tersebut berhasil menyajikan cerita dan visual yang baik. Dan mudah-mudahan saja Andor Season 2 nanti akan berakhir sama baiknya dengan musim sebelumnya. Untuk saat ini, belum diketahui kapan musim atau season 2 akan rilis. Tetapi mudah-mudahan saja seriesnya akan rilis akhir tahun ini.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/