Senjata Mother Flame yang Im gunakan untuk menghancurkan kerajaan Lulusia bisa jadi sebenarnya adalah Uranus yang selama ini jadi misteri dalam cerita One Piece. Teka-teki tentang Senjata Kuno memang masih belum terungkap sepenuhnya. Dalam ceritanya kita tahu jika ada tiga buah Senjata Kuno, yaitu Poseidon, Pluton, dan Uranus. Namun, Oda Sensei sendiri baru menghadirkan dua Senjata Kuno yaitu Poseidon dan Pluton.

Para fans benar-benar dibuat penasaran seperti apa Uranus sebenarnya. Sempat banyak fans yang menduga jika Luffy adalah Uranus atau bahkan Momonosuke adalah Uranus. Namun, mungkin teka-teki tentang Uranus sendiri sudah Oda beri petunjuk jawabannya dalam One Piece chapter terbaru ini.

Apa Itu Mother Flame

Nama Mother Flame sendiri baru muncul di chapter 1086. Mother Flame pertama kali diucapkan oleh Im ketika dia memerintahkan Gorosei untuk menghancurkan Lulusia. Dalam panelnya, Im menyatakan bahwa ingin mencoba Mother Flame yang mana Gorosei pun mengatakan jika senjata tersebut memang perlu untuk dilakukan uji coba. Dan ketika Gorosei bertanya tentang targetnya barulah Im menjawab Lulusia.

uranus one piece

Lalu, apa sebenarnya Mother Flame? Untuk saat ini, memang belum ada penjelasan pasti apa sebenarnya Mother Flame. Namun, yang jelas ini adalah senjata yang Im gunakan untuk menghancurkan wilayah Lulusia seperti yang muncul dalam chapter 1060. Dalam chapter tersebut, nampak ada sebuah bayangan mengerikan yang terlihat di balik awan. Dan tidak berapa lama kemudian sebuah serangan seperti sinar laser pun muncul.

Serangan itulah yang kemudian membuat wilayah Lulusia hancur dalam sekejap. Bahkan, Sabo yang saat itu berada di laut benar-benar dibuat tidak percaya dengan apa yang dia lihat. Apa yang Im lakukan terhadap wilayah Lulusia tersebut kemungkinan juga Im lakukan terhadap pulau lainnya seperti God Valley, yang diketahui hilang dari catatan sejarah dan peta dunia.

Mother Flame Adalah Uranus

Dengan kedahsyatan dari Mother Flame apakah itu benar-benar sebuah senjata? Dalam chapter 1086, Gorosei mengtakan bahwa Mother Flame adalah sebuah senjata dari hasil riset Vegapunk. Dan kesuksesan dari Mother Flame ini menjadi kunci untuk menentukan seperti apa nasib dari pulau Egghead selanjutnya. Namun, bagaimana jika sebenarnya Mother Flame bukan senjata biasa? Bagaimana jika Mother Flame adalah Uranus?

Seperti yang disebutkan di atas, Senjata Kuno terakhir yang belum Oda Sensei perlihatkan dalam cerita adalah Uranus. Banyak yang kemudian berspekulasi jika Poseidon adalah senjata di laut dan Pluton adalah senjata di darat, maka Uranus adalah sebuah senjata dahsyat yang ada di udara. Memang, masih butuh konfirmasi lebih lanjut terkait hal ini. Tetapi, dari apa yang muncul di chapter 1060 rasanya spekulasi tersebut bisa jadi benar.

Dalam cerita sebelumnya kita tahu jika Vegapunk jadi incaran Im dan Gorosei karena dianggap terlalu banyak tahu tentang masa lalu. Vegapunk dianggap mengetahui apa yang seharusnya dia tidak ketahui. Karena menggali terlalu dalam, selain teknologi, bagaimana jika kemudian Vegapunk tahu tentang Uranus dan cara membuatnya? Bagaimana jika Mother Flame sebenarnya adalah Uranus atau mungkin tiruan Uranus?

uranus one piece

Ada beberapa hal menarik yang mungkin bisa jadi petunjuk dari spekulasi ini. Pertama adalah bagaimana Sabo yakin jika serangan yang terjadi kepada wilayah Lulusia bukan akibat bencana alam atau makhluk hidup. Kemudian, Dragon dan Ivankov sendiri yakin jika Vegapunk tidak mungkin mau menciptakan sebuah senjata yang memiliki tujuan untuk menghancurkan atau menyakiti manusia.

Dan yang menarik adalah Ivankov sendiri mengatakan – meskipun tidak yakin sepenuhnya – bahwa itu adalah sebuah serangan Senjata Kuno. Dragon sendiri mengatakan bahwa Robin pernah mengatakan jika memang ada hal semacam itu. Tetapi, memang kemudian pertanyaan besar adalah mengapa Im baru menggunakan senjata tersebut sekarang. Hal ini mungkin akan terjawab dalam chapter berikutnya.

Jadi, kesimpulannya, ada kemungkinan jika senjata Mother Flame yang Im gunakan sebenarnya adalah Uranus berdasarkan dari kedahsyatan kekuatan yang dihasilkan. Di sisi lain, berbagai bukti yang muncul di chapter 1086 juga seolah mendukung spekulasi ini. Dan juga Im berasal dari 800 tahun lalu yang berhasil mengalahkan Kerajaan Kuno, artinya bukan mustahil jika dia berhasil mencuri atau menyimpan salah satu Senjata Kuno.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.