Tony Stark, atau yang lebih kita kenal sebagai Iron Man, adalah salah satu karakter paling ikonis dalam dunia superhero Marvel. Kejeniusannya dan kekayaannya yang luar biasa, telah memungkinkan Tony untuk menjadi superhero Iron Man baik di semesta utama Marvel maupun di sebagian besar semesta alternatif. Namun, pernahkah kalian membayangkan apa jadinya jika Tony Stark mengambil jalan yang berbeda dengan menjadi superhero lain? Dalam artikel kali ini kita akan mengekplorasi lima varian Tony Stark yang lebih memilih menggunakan identitas superhero Marvel lain daripada Iron Man!

Ant-Man

Varian pertama yang akan kita bahas adalah Tony Stark dari Earth-818 yang belum lama ini Marvel perkenalkan di komik Avengers: Forever Vol. 2 (2021). Di semesta alternatif ini alih-alih diculik dan membuat armor MK I Iron Man di sebuah gua, Tony justru menemukan Partikel Stark (varian Partikel Pym) yang bisa mengecilkan ukuran apa pun, termasuk tubuhnya sendiri. Sejak saat itulah dia menjadi superhero Ant-Man seperti Scott Lang di semesta utama yang menghabiskan waktunya untuk bertempur bersama pasukan semut. Menjelang akhir Avengers: Forever, Tony diceritakan menjadi salah satu pendiri Avengers Multiverse yang harus mengalahkan tim supervillain Master of Evil versi multiverse juga.

Giant-Man

Satu lagi varian Tony Stark yang punya hubungan erat dengan Partikel Pym di semesta alternatif adalah Giant Man. Pertama kali diceritakan di komik Mutant X #30 (2001), walaupun sama-sama mengenakan armor, Tony Stark yang eksis di Earth-1298 ini lebih memilih menjadi superhero Giant Man yang punya kemampuan untuk mengubah ukuran tubuhnya menjadi raksasa. Sebagai pengingat, di semesta utama sendiri nama dan kekuatan Giant Man sebenarnya dimiliki oleh Hank Pym. Kisah Tony yang menjadi Giant Man ini terbilang cukup singkat karena dia hanya muncul sekilas dalam flashback Hank Pym, sebelum akhirnya diceritakan tewas oleh varian jahat Captain America.

Doctor Doom

Di semesta utama Marvel, Doctor Doom memang terkenal sebagai salah satu supervillain paling berbahaya. Namun dalam komik What If? Iron Man: Demon in an Armor #1 (2010), tepatnya di Earth-11029, Doctor Doom justru merupakan identitas superhero dari varian Tony Stark yang pikiran dan kehidupannya tertukar dengan Victor Von Doom. Seperti yang bisa kalian lihat di atas varian yang satu ini terlihat mengenakan kostum Doctor Doom dengan warna khas Iron Man. Dalam prosesnya dia harus berhadapan dengan Iron Man jahat yang tidak lain adalah Doom untuk membuktikan bahwa tanpa popularitas dan kekayaan seorang Stark, dia masih bisa menjadi seorang superhero tangguh.

Thor

Dalam sejarah Marvel setidaknya ada dua varian Tony Stark yang menjadi sang God of Thunder Thor. Yang pertama (kiri) adalah varian yang muncul sekilas di komik Squadron Sinister #1 (2015) sebagai antek dari God Emperor Doom di Battleworld. Sedangkan varian yang kedua (kanan) muncul saat karakter dan kehidupan Tony diceritakan bersatu dengan Thor di komik Infinity Wars #3 (2018), di mana mereka menjadi sosok baru bernama Stark Odinson alias Iron Hammer. Keduanya sama-sama mempunyai palu Mjolnir serta mampu memanggil petir. Faktanya menurut Odin, Thor sendiri sejatinya adalah sebuah nama yang akan selalu dimiliki oleh siapa pun yang mempunyai kekuatan God of Thunder.

Green Lantern

Ketika Marvel dan DC berkolaborasi untuk menciptakan sebuah semesta gabungan yang disebut Amalgam Universe, mereka sepakat untuk memperkenalkan varian Tony Stark sebagai seorang Green Lantern. Hal tersebut bisa terjadi karena karakter dan kehidupan Tony digabungkan dengan Hal Jordan, salah satu superhero Green Lantern di DC Universe. Alih-alih menggunakan Power Ring, di Amalgam Universe dia diceritakan menggunakan sebuah armor yang berfungsi sebagai Power Battery dan menamai dirinya sebagai Iron Lantern. Armor Green Lantern ini memungkinkannya untuk terbang, menciptakan benda hijau padat dengan pikirannya, dan bahkan melakukan perjalanan waktu.

Itulah lima varian Tony Stark yang dalam sejarah marvel terbukti lebih memilih identitas superhero lain daripada Iron Man. Kasus seperti kelima varian ini sebenarnya cukup lumrah dialami oleh superhero lain, tetapi tidak untuk Tony yang puluhan bahkan ratusan variannya selalu diceritakan sebagai Iron Man, apa pun bentuk dan tindakannya. Itulah mengapa kelima varian ini terbilang cukup unik, akrena kita bisa melihat Tony memiliki identitas dan kekuatan yang jauh berbeda dari kebiasaannya. Dari semua varian ini mana kira-kira yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.