Sebagai penggemar setia Marvel Cinematic Universe, kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan Robert Downey Jr (RDJ). Aktor yang sekarang sudah menyadtakan bahwa dirinya pensiun dari MCU ini sebelumnya telah berhasil mewujudkan karakter Iron Man sejak tahun 2008, sampai akhirnya diceritakan mati secara heroik di film Avengers: Endgame (2019). Namun berdasarkan informasi teranyar, ternyata pemeran awal Iron Man yang diharapkan oleh presiden Marvel Studios, Kevin Feige ternyata bukanlah RDJ.

Selama beberapa tahun terakhir pembicaraan tentang para aktor yang gagal memerankan Iron Man memang cukup santer dibicarakan oleh para penggemar. Misalnya aktor Timothy Olmphant yang sempat melakukan audisi pada hari yang sama dengan RDJ, kemudian Sam Rockwell yang malah mendapatkan peran villain Justin Hammer di Iron Man 2, dan nama lainnya. Sekarang, Feige kembali mengungkapkan satu nama aktor yang jadi pilihan pertama Marvel Studios untuk pemeran awal Iron Man, dia adalah Clive Owen yang sempat dianggap “perpaduan sempurna antara hati, kekuatan, dan karisma” Iron Man.

Dilansir dari The Direct, saat melakukan pidato dalam upacara wisuda University of Southern California (USC) pada hari Jumat kemarin, Feige mengungkapkan bahwa Clive Owen sempat ditawari peran Iron Man tetapi dia menolaknya karena merasa tidak tertarik. “Tim kami dan sutradara Jon Favreau sempat memilih aktor yang kami yakini akan membawa kesuksesan (film Iron Man). Dan dia adalah Clive Owen. Namun dia melewatinya. Dia tidak tertarik,” ungkapnya.

Tidak dijelaskan secara detail mengapa Owen tidak ingin menjadi pemeran awal Iron Man. Yang jelas Owen sendiri adalah aktor Inggris yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya. Mulai dikenal di Hollywood sejak akhir tahun 1990-an sebagai bintang film aksi, sampai hari ini tercatat bahwa Owen telah terlibat dalam sejumlah film sukses, seperti Sin City, Inside Man, King Arthur, Beat ‘Em Up, dan masih banyak lagi. Sayangnya sejak tahun 2020, Owen belum pernah lagi terlihat membintangi film layar lebar lain.

Setelah gagal menggaet Clive Owen untuk pemeran awal Iron Man, presiden Marvel Studios Kevin Feige dan sutradara Iron Man’ Jon Favreau akhirnya sadar bahwa “peran yang tepat” jauh lebih baik dari sekadar “pilihan pertama”. Hal inilah yang akhirnya membuat mereka sepakat untuk menunjuk RDJ, sampai akhirnya diakui oleh banyak penggemar sebagai salah satu casting terbaik yang pernah dilakukan Marvel Studios.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.