Dalam dunia komik superhero DC Universe, Kryptonian dikenal sebagai salah satu bangsa terkuat di galaksi. Alasannya cukup sederhana karena hampir semua penduduk Planet Krypton ini memiliki kekuatan super dan kemampuan lainnya yang sangat luar biasa dan tidak ada tandingannya. Meskipun planetnya sudah lama hancur, terhitung sejak Superman debut sebagai superhero Bumi sejak tahun 1938, sampai hari ini DC Comics tidak pernah berhenti mengejutkan penggemarnya dengan menghadirkan sejumlah Kryptonian baru yang tidak kalah hebat. Berikut ini para Kryptonian terhebat dalam sejarah DC Universe!

Doomsday

Doomsday alias The Ultimate dikenal sebagai Kryptonian paling mematikan yang telah eksis sejak masa prasejarah di Planet Krypton. Semuanya bermula dari seorang ilmuwan Krypton bernama Bertron yang melakukan serangkaian eksperimen kejam pada bayi alien yang akhirnya berevolusi menjadi Doomsday. Setelah terombang-ambing untuk waktu yang sangat lama sejak Planet Krypton hancur, dia akhirnya tiba di Bumi dan langsung menjadi salah satu villain sekaligus Kryptonian terhebat yang berhasil membunuh Kal-El alias Superman di DC Universe, tepatnya di peristiwa ‘The Death of Superman’ yang sangat populer.

General Zod

General Zod adalah villain DC lainnya yang terkenal sebagai salah satu Kryptonian terhebat sepanjang masa. Sebagai penduduk asli Krypton yang terkenal angkuh, Zod dikenal sebagai seorang Panglima Perang yang sangat berambisi ingin mengambil alih pemerintahan Kryptonian. Setelah Zod sempat memicu perang saudara, Zod akhirnya berhasil dikalahkan oleh ayah Superman yang bernama Zor-El dan kemudian dipenjara di Phantom Zone sampai Planet Krypton hancur. Dengan pada Zor-El inilah yang membuat Zod mengejar Superman ke Bumi untuk menuntut balas. Pengalaman dan keterampilan bertarungnya membuat Zod terbilang sangat sering membuat Superman kewalahan.

Jon Kent

Jon Kent memang tidak terlahir di Planet Krypton, tetapi DNA ayahnya Kal-El alias Clark Kent membuatnya menjadi salah satu Kryptonian terhebat di DC Universe. Selain mewarisi kemampuan dasar Superman, seperti terbang, kekuatan fisik super, heat vision, dan napas es, di sisi lain Jon juga memiliki sifat ibunya Lois Lane yang terkenal ceria dan pengertian. Kombinasi itulah yang kemudian menjadikannya karakter yang disukai oleh banyak orang. Dan walaupun kekuatannya berada sedikit di bawah ayahnya, tetapi saat ini di DC Universe sendiri Jon adalah Superman baru yang terbukti pernah mengalahkan Ultraman, versi jahat Superman dari Earth-3.

Power Girl

Power Girl adalah versi alternatif Supergirl yang berasal dari semesta alternatif Earth-2. Di DC Universe sendiri karakter yang bernama asli Kara Zor-El ini terkenal sebagai salah satu Kryptonian terhebat yang kekuatannya sebanding dengan Supergirl dan Superman, termasuk kekuatan fisik, kecepatan, ketahanan, kemampuan terbang, dan heat vision-nya. Selain itu Power Girl juga dikenal memiliki kecerdasan dan jiwa kepemimpinan yang lebih baik dari Kryptonian pada umumnya. Di kisah terbarunya, Power Girl bahkan diceritakan mendapatkan kekuatan baru dari gunung api yang berada di Lazarus Planet, di mana dia bisa menggunakan kemampuan telepati untuk masuk ke dalam pikiran orang lain.

Superboy-Prime

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Superboy-Prime adalah salah satu Kryptonian terhebat dalam sejarah DC. Versi alternatif Superman ini awalnya adalah seorang superhero yang mewakili semestanya untuk mengalahkan Anti-Monitor di peristiwa ‘Crisis on Infinite Earths’. Namun dalam prosesnya karena dunianya hancur, dia berubah menjadi sosok jahat yang sangat iri dengan Superman yang masih bahagia di dunianya sendiri. Alasan mengapa Superboy-Prime sangat kuat bahkan mungkin lebih kuat dari Superman, adalah karena dia mengenakan armor yang dapat menyimpan energi Matahari kuning lebih banyak, sehingga kekuatan dan kecepatannya bisa meningkat sampai berkali-kali lipat.

Supergirl

Sebagai perwakilan Kryptonian wanita paling populer yang pernah ada, tidak aneh jika Kara Zor-El alias Supergirl termasuk ke dalam daftar Kryptonian terhebat di DC Universe. Bahkan dalam sejarah DC ada beberapa bukti yang seakan-akan mengonfirmasi bahwa Supergirl mungkin lebih hebat dari sepupunya Superman. Di kisah terbarunya seorang villain misterius yang berhasil menyerap energi qi-nya mengungkapkan bahwa Supergirl adalah seorang Immortal Power of Strength. Sebelumnya Supergirl juga pernah berhasil mengalahkan Ultraman dan juga terbukti mampu menahan efek buruk Kryptonite hijau lebih lama dari Superman.

Superman

Terakhir, Kryptonian terhebat yang tentu saja harus masuk dalam daftar ini adalah Kal-El alias Clark Kent alias Superman yang telah memulai segalanya. Dialah orang pertama yang berhasil mengungkap kunci kekuatan super Kryptonian, yaitu energi dari Matahari kuning Bumi. Mungkin dalam sejarahnya ada sejumlah villain dan hero yang lebih hebat darinya, tetapi Superman selalu menjadi simbol harapan yang sesungguhnya karena dia tidak pernah menyerah dan selalu menemukan jalan untuk mengungguli semua lawannya. Dan yang terpenting, Superman adalah Kryptonian paling populer sepanjang masa. Di mana semua kekuatan barunya selalu menjadi standar bagi Krytonian lainnya.

Itulah para Kryptonian terhebat sepanjang masa yang sepak terjangnya di DC Universe sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Memang tidak mudah untuk menentukan siapa yang paling kuat di antara tujuh Kryptonian ini, tetapi yang jelas mereka semua jauh lebih hebat, lebih cepat, serta lebih tangguh dari manusia biasa dan sebagian besar karakter yang ada di semestanya. Dengan mengesampingkan popularitasnya, menurut kalian jika mereka semua saling bertarung dalam sebuah arena, kira-kira siapa yang akan keluar sebagai pemenangnya, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.