Hulk merupakan salah satu superhero ikonis yang berasal dari Marvel Universe. Karakter yang bernama asli Bruce Banner ini sering kali dianggap sebagai salah satu karakter terkuat Marvel yang kekuatannya akan terus meningkat seiring dengan amarahnya. Namun, tahukah kalian bahwa setelah Hulk debut pada tahun 1962, terhitung sampai hari ini DC Comics juga telah memperkenalkan beberapa karakter yang punya banyak kemiripan dengannya, baik dari segi penampilan maupun kekuatan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lima karakter DC Universe yang bisa dianggap sebagai tiruan Hulk.

Shaggy Man

Debut empat tahun setelah Marvel memperkenalkan Hulk pertama kali, tepatnya pada tahun 1966 di komik Justice League of America #45, Shaggy Man diceritakan sebagai monster berbulu ciptaan Profesor Andrew Zagarian yang fisiknya sangat kuat. Walaupun begitu, sebagai tiruan Hulk di DC Universe Shaggy Man juga sama-sama tidak mampu mengontrol emosinya, sehingga dia akan langsung menyerang apa pun yang bergerak. Hal inilah yang kemudian mendorong Justice League untuk mengalahkannya. Meskipun awalnya terlihat seperti big foot yang semua bagian tubuhnya ditumbuhi bulu, inkarnasi terbarunya justru diperlihatkan telah mencukur habis semua rambutnya.

Maul

Pertama kali diperkenalkan di komik WildStorm berjudul WildC.A.T.s (1992), Doctor Jeremy Stone alias Maul yang sekarang telah resmi menjadi bagian dari DC ini merupakan seorang alien Kherubim yang berasal dari subspesies langka Titanthrope. Kelangkaan dari jenis subspesiesnya ini telah memungkinkan Maul untuk berubah menjadi superhero raksasa yang memiliki kekuatan super. Alasan mengapa Maul sering dianggap sebagai tiruan Hulk di DC Universe, karena penampilannya yang mirip dengan sang Green Behemoth Marvel, di mana perbedaannya hanya terletak pada beberapa bagian kulitnya yang berwarna ungu.

Loose Cannon

Tidak sedikit penggemar DC yang percaya bahwa karakter Loose Cannon yang debut di Action Comics Annual #5 (1993) merupakan tiruan dari Hulk. Karakter bernama asli Eddie Walker ini awalnya adalah seorang detektif Kota Metropolis yang mendapatkan julukan ‘Loose Cannon’ karena terkenal ceroboh. Kehidupannya mulai berubah setelah Eddie tiba-tiba mendapatkan kekuatan super setelah diserang alien parasite yang disebut Lissik. Kekuatan misterius inilah yang memungkinkan tubuhnya untuk menjadi lebih kuat dan lebih besar ketika marah. Namun ketika emosinya makin meluap, biasanya dia akan langsung kehilangan kendali dan mengamuk secara membabi buta.

Behemoth

David Dible yang terkenal sebagai superhero bernama Behemoth di Earth-8 memang diakui oleh DC sendiri sebagai tiruan Hulk. Karena sejatinya Earth-8 yang diperkenalkan kembali di komik The Multiversity #1 (2014) merupakan parodi dari Marvel Universe, di mana Behemoth dan superhero lainnya digambarkan sebagai anggota dari tim super Retaliator alias Avengers versi DC. Secara kekuatan, Behemoth mampu berubah menjadi raksasa biru ketika dia marah, perubahan inilah yang membuat seluruh kemampuan fisiknya meningkat, dari mulai kekuatan, stamina, dan juga daya tahan. Sama seperti Hulk, kelemahan Behemoth terletak pada ketidakmampuannya dalam mengontrol emosi.

Damage

Elvis Ethan Avery, atau yang lebih dikenal dengan nama Damage, adalah superhero DC yang sering dianggap sebagai tiruan Hulk. Debut melalui komik Dark Nights: Metal yang dirilis tahun 2018, perubahan dan kekuatan fisik yang dimiliki Damage sangat mirip dengan Hulk. Namun alih-alih karena kecelakaan di laboratorium, Damage justru terlahir dari program militer yang ingin menciptakan super soldier. Kemiripan lainnya dengan Hulk terletak pada krisis identitas dan dilema moralitas yang dialami oleh Damage. Seiring berjalannya waktu akhirnya dia sadar bahwa kekuatannya akan lebih berguna jika dimanfaatkan untuk kebaikan.

Itulah lima karakter yang sering dianggap tiruan Hulk di DC Universe karena memiliki penampilan dan kekuatan yang sangat mirip. Terlepas dari apakah DC sendiri mengakui bahwa mereka telah meniru karakter ikonis Marvel atau tidak, yang jelas Shaggy Man, Maul, Loose Cannon, Behemoth, dan Damage telah membuat semesta komik superhero DC menjadi jauh lebih meriah dan menarik lagi. Para penggemar pun sepertinya tidak terlalu mempermasalahkan status mereka sebagai tiruan atau bukan, karena bagi di DC dan Marvel hal seperti ini bisa dibilang sudah cukup lumrah.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.