Jika berbicara tentang spectrum warna yang ada DC Universe, banyak di antaranya yang mewakili warna kosmik dari berbagai kelompok Lantern Corps, mulai dari Green, Red, Yellow (Sinestro), Blue, Indigo, Violet, Black, White, sampai Orange. Nah dari semua Lantern Corps tersebut, Orange Lantern yang mewakili emosi ketamakan bisa dibilang adalah salah satu yang terunik di DC Universe karena hanya punya satu anggota saja, yaitu Larfleeze. Hal inilah yang kemudian membuat Larfleeze menjadi salah satu karakter favorit di kalangan penggemar. Seperti apa origin dan kekuatannya? Mari kita bahas, Geeks!

Villain Paling Tamak di DC Universe

Pertama kali diceritakan di komik Green Lantern Vol. 4 #25 (2007), Larfleeze yang juga sering dipanggil Agent Orange sejatinya adalah pendiri sekaligus pemimpin Orange Lantern yang sering dceritakan bersebrangan dengan Green Lantern Corps khususnya Hal Jordan. Larfleeze sendiri awalnya adalah alien miskin dari Planet Sh’pilkuzz yang kemudian tumbuh sebagai seorang kriminal. Singkat cerita ketika dirinya menjalani kehidupan sebagai seorang pencuri ulung, Larfleeze menemukan sebuah peta milik entitas kosmik Guardians of the Universe bernama Krona yang kemudian menuntunnya menuju Okaara.

Setibanya di Okaara dia lantas menemukan sebuah kuil dengan ‘Central Power Battery’ Orange Lantern yang berisi Ophidian, entitas yang mewakili ketamakan dan keserakahan di alam semesta. Pada titik inilah Larfleeze menjadi orang kedua yang mencoba Orange Lantern setelah sosok misterius bernama Controllers. Bedanya, jika Controllers langsung tewas karena tidak sanggup menguasai kekuatannya, Larfleeze justru menjadi Orange Lantern pertama di DC universe yang ketamakannya terhadap harta dan kekuasaan mampu memuaskan Ophidian.

Sejak saat itulah dia menjadi pendiri, pemimpin, sekaligus satu-satunya anggota Orange Lantern Corps yang terbilang cukup sering membuat Hal Jordan kewalahan. Menariknya selain menjadi musuh, Larfleeze juga pernah bersekutu dengan Green Lantern untuk mengalahkan Nekron dan pasukan Black Lantern di kisah Blackest Night. Walaupun begitu statusnya sebagai villain DC selalu kembali kepada Larfleeze, termasuk di kisah terbarunya ketika dia mengadu domba Green Lantern dan Sinestro Corps dengan bantuan Brainiac 2.0, sebelum akhirnya kedua Lantern Corps bekerja sama dan berhasil mengalahkannya.

Mampu Ciptakan Pasukannya Sendiri

Sebagai seorang alien dari Planet Sh’pilkuzz sebenarnya tanpa Orange Lantern Power Battery, tubuh dan kekuatan Larfleeze sudah lebih superior dari manusia biasa. Di mana dia sudah terlahir dengan cakar dan kuku yang sangat tajam dan mematikan, serta kulit yang lebih keras dan tahan terhadap suhu panas ekstrem. Selain itu, sebelum menjadi Orange Lantern dia juga sudah dikenal sebagai sosok abadi yang usia biologisnya sudah mencapai jutaan tahun. Bahkan menurut legenda, keberadaannya sebagai Orange Lantern telah menginspirasi Guardians of the Universe untuk melahirkan Green Lantern Corps.

Kemudian setelah bergabung dengan Orange Lantern Power Battery, semua kemampuan fisik Larfleeze meningkat secara drastis dan membuatnya menjadi salah satu villain kosmik terkuat di DC Universe. Karena kekuatan Orange Lantern bersumber dari ketamakan, hal inilah yang kemudian membuat Larfleeze tidak ingin membagi kekuatannya kepada orang lain seperti Lantern Corps lain. Sehingga dia sengaja menciptakan pasukan Orange Lantern Corps-nya sendiri dari orang-orang yang telah berhasil dikalahkannya.

Selain menciptakan pasukan Orange Lantern Corps, kekuatan dari Orange Lantern Power Battery juga memungkinkan Larfleeze untuk mengeluarkan energi ledakan dari cincinnya, menghisap orang-orang yang dikalahkannya, menghisap energi ketamakan dari Lantern lain di sekitarnya, dan juga menciptakan perisai energi yang sulit ditembus oleh serangan apa pun.

Kelemahan Fatal Sebagai Orange Lantern

Di balik semua kekuatannya yang hebat Larfleeze juga pada dasarnya adalah individu yang mempunyai kelemahan layaknya para villain dan superhero di DC universe. Kelemahan Larfleeze sebagai Orange Lantern tidak lain adalah keserakahannya sendiri yang sering membuat pasukannya saling memangsa satu sama lain, sehingga sering memberi celah bagi musuh untuk menyerang bahkan mengalahkannya. Blue Lantern dan Violet Lantern adalah kelemahan lain dari Larfleeze karena dia terbukti tidak bisa menyerap energi blue dan violet, mirip seperti green energi yang berlawanan dengan yellow energi.

Sekian pembahasan mengenai sosok Larfleeze yang dikenal sebagai satu-satunya Orange Lantern di DC Universe. Berbeda dari Lantern Corps lain yang punya banyak sekali anggota, Orange Lantern justru sampai hari ini masih hanya beranggotakan Larfleeze saja. Karena sejak awal dia sudah termakan ketamakan Ophidian sehingga tidak mau berbagi kekuatan dengan yang lain. Di sisi lain hal ini justru menjadikannya seorang Orange Lantern yang kekuatannya lebih besar dari anggota Lantern Corps mana pun.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.