Setelah sekian lama dinanti, sekuel Captain Marvel yang berjudul The Marvels akhirnya memulai promosi mereka dengan membagikan trailer perdana jelang perilisan filmnya pada bulan November nanti. Selain menampilkan aksi sekilas dari trio superheroin di filmnya, yaitu Captain Marvel, Ms. Marvel, dan Monica Rambeau, cuplikan trailernya juga telah mengungkap first look villain The Marvels yang diperankan oleh Zawe Ashton. Bersamaan dengan ini Disney juga telah mengonfirmasi bahwa karakter yang diperankan oleh Ashton tersebut adalah seorang jenderal Kree bernama Dar-Benn. Siapakah dia? Mari kita bahas!

Sepak Terjang Dar-Benn di Marvel Comics

Di Marvel Comics sendiri kemunculan villain The Marvels ini terbilang cukup singkat, tetapi sangat berdampak bagi bangsa alien Kree. Bagi yang belum tahu, Kree sendiri adalah bangsa alien maju dari Planet Hala yang punya ketertarikan terhadap Bumi dan umat manusia. Selain sering menginvasi Bumi melalui sosok tangguh seperti Ronan the Accuser, Kree juga terkenal sebagai pencipta Inhuman di muka Bumi. Nah khusus untuk Dar-Benn yang merupakan seorang jenderal Kree, kisahnya justru lebih banyak berfokus di planetnya sendiri, di mana semuanya bermula dari kebenciannya terhadap Kaisar Clumsy Foulup.

Debut di komik Silver Surfer Vol. 3 #53 (1991), Dar-Benn dan sahabatnya Ael-Dan langsung diceritakan mengatur rencana untuk menggulingkan kekuasaan Foulup yang dianggap telah membuat bangsa Kree terlihat lemah. Mereka lantas menciptakan dan menyuruh robot yang penampilannya mirip Silver Surfer untuk membunuh Foulup dan membuatnya seakan-akan dilakukan oleh musuh bangsa Kree yaitu Skrull. Pada titik inilah Dar-Benn dan Ael-Dan menjadi duo kaisar baru, sebelum akhirnya pikiran mereka diserap oleh pemimpin asli Kree sekaligus entitas kosmik yang disebut Supreme Intelligence.

Salah Satu Kree Terkuat dari Bangsanya

Meskipun sosok Dar-Benn di Marvel Comics tidak semenonjol Ronan the Accuser, yang juga sempat menjadi villain di film Guardians of the Galaxy, tetapi kehadirannya sebagai villain di The Marvels mendatang dapat berpotensi menjadi ancaman yang serius bagi MCU secara keseluruhan. Karena di komiknya sendiri pada kenyataannya Dar-Benn adalah salah satu Kree terkuat, apalagi dia merupakan seorang jenderal yang mempunyai armada perang sendiri. Sebagai seorang Kree, sudah cukup jelas bahwa Dar-Benn mempunyai kekuatan fisik, daya tahan, dan stamina dua kali lipat lebih kuat dari manusia biasa.

Yang lebih menariknya lagi adalah fakta bahwa di film The Marvels sendiri gender Dar-Benn yang semula pria diubah menjadi soeorang wanita tangguh. Di komiknya, seorang Kree wanita sering diceritakan mempunyai potensi kemampuan mistis yang disebut ‘seventh sense’. Di mana kekuatan ini memungkinkan pemiliknya untuk melakukan melihat masa depan, mengetahui bahaya di sekitarnya, dan kemampuan lain yang sangat mematikan. Beberapa Kree wanita bahkan bisa memanipulasi pikiran Kree pria dan menyerap semua energi kehidupannya sampai mati.

Tampil Lebih Mengancam di The Marvels

Untuk saat ini masih belum diketahui apakah benar Dar-Benn dari Zawe Ashton nanti akan memiliki kekuatan seventh sense atau tidak. Yang jelas dalam cuplikan trailernya villain The Marvels ini akan dikelilingi oleh pasukan Kree yang tampak sangat setia kepadanya. Dan yang lebih mengerikannya lagi, versi live action Dar-Benn ini terlihat membawa palu yang mirip seperti milik Ronan, yaitu Cosmi-Rod alias Universal Weapon. Menurut Ronan, Universal Weapon adalah senjata kosmik yang bisa menciptakan bahkan menghancurkan semua materi fisik tergantung dari tekad penggunanya.

Melihat Dar-Benn versi live action ini membawa Universal Weapon, bukan tidak mungkin dia adalah Accuser baru dari bangsa Kree setelah Ronan diceritakan mati di ending GOTG. Untuk saat ini masih belum jelas apa motivasi dan ambisi Dar-Benn yang akhirnya mempetemukannya dengan Captain Marvel, Ms. Marvel, dan Monica Rambeau. Terlepas dari misteri yang menyelimuti karakternya, cukup jelas bahwa Dar-Benn yang dibekali Universal Weapon dan dibarengi oleh armada Kree, dapat menjadi ancaman yang sangat serius bagi galaksi secara keseluruhan.

Sekian pembahasan mengenai sosok Dar-Benn dari Zawe Ashton yang akan menjadi villain utama di film The Marvels mendatang. Masih ada banyak yang bisa kita harapkan dari villain yang satu ini, mengingat yang akan berhadapan dengannya adalah tiga superheroin tangguh di MCU yang masing-masing mempunyai kekuatan dan keunikannya tersendiri. Kemungkinan besar Dar-Benn masih menyimpan rahasia terkait kekuatannya sendiri. Kita lihat saja nanti seperti apa sepak terjang dan kehebatannya di MCU, melalui film The Marvels yang akan dirilis tanggal 10 November mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.