Dijadwalkan untuk tayang dalam waktu dekat ini, Renfield merupakan film horor teranyar dari Universal yang sangat diantipasi oleh banyak orang di seluruh dunia, tanpa terkecuali oleh penggemar film horor Hollywood di Indonesia. Salah satu alasan mengapa banyak yang penasaran dengan film dari sutradara Chris Mckay ini adalah karena Renfield dibintangi oleh aktor sekelas Nicolas Cage yang akan tampil sebagai Dracula mengerikan sekaligus nyeleneh. Sebelum melihat filmnya nanti, berikut adalah tujuh fakta dan serba-serbi dari film horor komedi Renfield yang menarik untuk kita ketahui!

Mengadaptasi Novel Klasik ‘Dracula’

Renfield bukanlah film original yang sengaja diciptakan untuk layar lebar, melainkan sebuah adaptasi dari novel horor klasik berjudul Dracula (1987) yang ditulis oleh Bram Stoker. Lebih spesifik lagi, alih-alih berfokus pada karakter Count Dracula dari Nicolas Cage yang merupakan karakter utama di novelnya, film ini justru akan menceritakan sudut pandang pelayannya Renfield yang diperankan oleh aktor Nicholas Hoult. Renfield sendiri adalah pelayan yang sangat fanatik sekaligus setia, semua itu dia lakukan karena Dracula berjanji akan memberikannya keabadian. Namun sejauh ini majikannya hanya memberikan kemampuan untuk meningkatkan kekuatan fisik jika Renfield memakan seekor serangga.

Sekuel dari Film 92 Tahun Lalu

Novel klasik Dracula dari Bram Stoker sebenarnya pertama kali diadaptasi menjadi sebuah film horor hitam putih berjudul sama pada tahun 1931. Menariknya, menurut sutradara Chris McKay sendiri film Renfield yang dibintangi oleh Nicolas Cage merupakan sekuel langsung dari film tersebut. “Bagi saya ini adalah satu-satunya sekuel langsung dengan karakter Dracula dan Renfield dari film tersebut,” ungkap McKay kepada Collider. Hal ini tentunya membuat Renfield tercatat sebagai sekuel terlama dari film pertama yang tayang hampir satu abad lalu.

Bernuansa Horor dan Komedi

Meskipun novel dan film klasik Dracula lebih menonjolkan elemen horor dalam setiap bagian ceritanya, di mana hal tersebut sering kali membuat penikmatnya mereka ngeri, Renfield justru akan lebih banyak dibumbui dengan komedi, seperti yang tergambarkan di trailernya. Alasannya mungkin karena filmnya memang tidak memperlihatkan sudut pandang Dracula dari Nicolas Cage yang terkenal sangat mengerikan, melainkan kisah Renfield yang merasa tertekan dengan pekerjaannya. Di mana Dracula digambarkan sebagai bos yang toksik, dan pada saat yang bersamaan Renfield justru jatuh cinta kepada seorang polisi lalu lintas bernama Rebecca Quincy.

Dimeriahkan Banyak Bintang Berbakat

Selain duo Nic, yaitu Nicolas Cage dan Nicholas Hoult, Renfield juga akan dimeriahkan oleh sejumlah bintang Hollywood. Karakter Rebecca yang menjadi love interest Renfield di filmnya nanti diperankan oleh Awkwafina, aktris sekaligus komedian yang sempat membintangi film MCU Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021). Ada pun bintang berbakat lain yang dipastikan terlibat dengan filmnya adalah Ben Schwartz sebagai seorang mafia bernama Teddy Lobo, Adrian Martinez sebagai rekan kerja Rebecca’ Chris Marcos, dan Shohreh Aghdashloo sebagai pemimpin mafia bernama Ella.

Peran Nicolas Cage Paling Totalitas

Berdasarkan penampilan sekilas Nicolas Cage di trailer Renfield, cukup jelas bahwa dia sangat totalitas dalam memerankan karakter Dracula. Untuk mendalami perannya, Cage sendir mengaku bahwa dia telah mempelajari penampilan klasik Max Shreck sebagai vampir Count Orlok di film Nosferatu (1922). Cage juga belajar banyak dari pamannya Gary Oldman yang pernah berperan juga sebagai Count Dracula di film adaptasi lain berjudul Bram Stoker’s Dracula (1992). Dalam penampilannya di acara Jimmy Kimmel, Hoult bahkan menjelaskan bahwa totalitas Cage dalam perannya telah menaikan standar semua orang yang terlibat di filmnya.

Kolaborasi Kedua Nicolas Cage dan Nicholas Hoult

Selain Nicolas Cage, sebenarnya keterlibatan Nicholas Hoult sebagai karakter utama sudah cukup untuk menjadi alasan mengapa kita tidak boleh melewatkan film Renfield. Sebelumnya Hoult terkenal dalam perannya di waralaba X-Men, film Mad Max: Fury Road, dan yang terbaru di The Menu. Menariknya, Renfield sendiri secara tidak langsung telah menjadi kolaborasi keduanya dengan Cage. Di mana saat masih berusia 14 tahun, Hoult pernah berperan sebagai anak karakter Cage di film The Weather Man. Menurutnya hal inilah yang membuat keterlibatannya di film Renfield terasa sangat spesial.

Lahir dari Kegagalan Dark Universe 

Di balik semua antusiasme penggemar dan juga berbagai serba-serbi menarik dari film baru Nicholas Hoult dan Nicolas Cage ini, ternyata proyek Renfield terlahir dari kegagalan Dark Universe yang sempat ingin dikembangkan oleh Universal beberapa tahun lalu. Sebagai pengingat, Dark Universe sendiri merupakan jagat sinema para makhluk mitologi legendaris yang sempat dimulai dengan film reboot The Mummy (2017). Untungnya alih-alih melanjutkan proyek Dark Universe yang sejak awal sudah mengalami kegagalan, Universal justru memilih untuk menyaring lebih banyak lagi cerita horor yang lebih sederhana tetapi cukup menjanjikan, dari situlah ide awal Renfield terlahir.

Itulah tujuh fakta menarik dari film Renfield yang dibintangi oleh Nicolas Cage dan Nicholas Hoult. Meskipun film ini merupakan adaptasi dari novel klasik Dracula yang terkenal sangat mengerikan, tetapi dengan menceritakan kisah dari kacamata pelayannya, hal ini tentunya membuat film Renfield mempunyai pasar yang jauh lebih luas. Selain para penggemar horor, siapa pun penyuka film komedi yang penuh darah kemungkinan besar akan bisa menikmati film yang satu ini. Jika kalian termasuk salah satunya, jangan lewatkan penayangan film Renfield di bioskop pada 14 April nanti ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.