Dari sekian banyak film live action DC, mungkin bisa dibilang The Flash adalah tayangan yang paling banyak mengalami goncangan. Mulai dari penundaan jadwal tayang yang terus berulang, sampai berbagai kontroversi yang dilakukan oleh pemeran Flash, Ezra Miller, semua itu membuat banyak penggemar merasa pesimis dengan filmnya. Untungnya sekarang film The Flash sudah dipastikan akan tetap tayang pada pertengahan tahun ini dengan Batfleck alias Batman versi Ben Affleck sebagai salah satu bintangnya.

Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, Batfleck tampaknya akan mempunyai peran yang cukup penting dalam petualangan Flash kali ini. Di mana Bruce Wayne memberi pesan kepada sahabatnya Barry Allen bahwa “jika kamu pergi ke masa lalu… kamu tidak tahu konsekuensinya akan seperti apa… kamu bisa saja menghancurkan semuanya.” Faktanya benar saja, ketika Flash kembali ke masa lalu dia justru tiba di semesta alternatif yang tidak mempunyai superhero aktif. Adapun superhero yang bisa dia kumpulkan ketika General Zod menyerang hanyalah Supergirl dan varian Batman yang sudah pensiun.

Terlepas dari plot petualangan Flash yang terbilang cukup besar dan menjanjikan, banyak penggemar yang merasa sangat senang bisa segera kembali melihat Batfleck. Sayangnya, dalam sesi wawancaranya dengan The Hollywood ReporterBen Affleck mengungkapkan bahwa walaupun dia telah melakukan perannya dengan cukup baik, tetapi penampilan di The Flash hanya sekitar lima menit saja. “Saya akhirnya menemukan cara memainkan karakter [Batman], dan saya melakukannya dengan cukup baik di ‘The Flash.’ Selama lima menit saya di sana, itu merupakan [pengalaman] yang luar biasa,” ungkapnya.

Di trailer The Flash sendiri Batman versi Ben Affleck setidaknya telah ditampilkan dalam dua adegan singkat. Yang pertama ketika dirinya terlihat mengendarai Batcycle dalam adegan aksi kejar-kejaran dengan penegak hukum, kemudian adegan yang kedua saat dia berbicara kepada Barry dengan dialog yang tadi sempat disebutkan di atas. Dua adegan terpisah tersebut mengindikasikan bahwa Batfleck akan punya banyak adegan dengan durasi masing-masing yang mungkin sangat singkat.

Penampilan singkat dari Batfleck ini mungkin dimaksudkan sebagai prolog The Flash sebelum Barry melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. Selanjutnya dia akan lebih banyak berinteraksi dengan Batman versi Michael Keaton yang sudah tua. Kita lihat saja nanti seperti apa dampak dari peran singkat Batfleck tersebut, ketika filmnya dirilis tanggal 16 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.