Mengingat supervillain sama pentingnya dengan superhero, DC sering kali menggambarkan mereka sebagai penyeimbang antara kejahatan dan kebaikan di semestanya. Walaupun begitu, dalam prosesnya villain selalu mempunyai jumlah yang lebih membeludak dari para pahlawan DC sendiri. Hal itu bisa terjadi karena meskipun kebaikan selalu menang, pada akhirnya kejahatan akan terus tumbuh dan membesar. Tentunya salah satu cara untuk menekan masalah tersebut adalah dengan menjebloskan mereka ke dalam penjara. Berikut ini 5 penjara khusus supervillain yang punya pengamanan paling ketat di DC Universe!

Belle Reve

Pertama kali diperkenalkan di komik DC Suicide Squad, Belle Reve digambarkan sebagai penjara super ketat yang berpusat di Lousiana, Amerika. Penjara ini menjadi tempat favorit Amanda Waller yang sering merekrut sejumlah supervillain untuk kemudian menjadikan mereka sebagai bagian dari Task Force X atau Suicide Squad. Nantinya para Suicide Squad ini mau tidak mau harus melaksanakan misi yang sangat berbahaya, karena jika menolak kepala mereka akan langsung meledak. Dari sinilah bisa disimpulkan bahwa pengamanan utama Belle Reve bukan terletak pada sistem keamanan penjaranya, melainkan tergantung pada Amanda yang sering menanamkan peledak di otak para narapidananya.

Arkham Asylum

Penjara super ketat selanjutnya yang difungsikan untuk menekan pertumbuhan kejahatan sekaligus ketidakwarasan supervillain adalah rumah sakit jiwa Arkham Asylum yang berlokasi di Kota Gotham. Meskipun tidak mempunyai pengamanan seketat Belle Reve, tetapi Arkham Asylum dikenal sebagai penjara paling menakutkan di DC Universe. Alasannya tidak lain adalah karena yang dijebloskan ke sini adalah para villain yang dikenal mempunyai gangguan mental, seperti Joker, Riddler, dan musuh Batman lainnya. Untuk mengimbangi mereka, para pengurusnya yang dikenal sebagai Arkham Family juga tidak kalah sadis dan ‘miringnya’ dari para villain tersebut.

Blackgate Penitentiary

Satu lagi penjara DC yang berlokasi di Kota Gotham dan terkenal mempunyai pengamanan paling ketat di muka Bumi, yaitu Blackgate Penitentiary. Penjara yang berlokasi di pulau terpencil ini hanya bisa diakses melalui air atau udara, hal itu sengaja dilakukan agar para narapidana tidak bisa kabur terlalu jauh meskipun berhasil menjebol tembok Blackgate, mirip seperti penjara Nusakambangan di Indonesia. Jika tadi Arkham Asylum difungsikan untuk menampung para villain yang tidak waras, Blackgate dikhususkan untuk villain yang umumnya mempunyai tingkat ancaman lebih tinggi, seperti Ra’s Al Ghul, Bane, Catwoman, atau para pindahan Arkham Asylum yang sudah tidak mungkin lagi ditampung di sana.

Phantom Zone

Dari Bumi sekarang kita beralih ke luar angkasa DC, di mana ada sebuah penjara dari bangsa Krypton yang dikenal sebagai Phantom Zone. Bermula dari penemuan ayah Superman yang disebut Phantom Zone Projector, penjara ini merupakan dimensi lain yang dapat mengurung para villain secara permanen walaupun Planet Krypton hancur. Alasan mengapa banyak villain yang merasa tersiksa setelah dikirim ke Phantom Zone adalah karena mereka sama sekali tidak menua dan tidak bisa mati. Dengan kata lain mereka akan terpenjara selamanya tanpa harapan sedikit pun. Adapun narapidana yang sering menjadi ‘langganan’ Phantom Zone di antaranya adalah General Zod dan Doomsday.

Sciencell

Jika kalian menganggap Phantom Zone sudah cukup mengerikan bagi para villain, kalian mungkin belum pernah mendengar Sciencell. Penjara yang satu ini adalah sebuah planet ciptaan bangsa kosmik Guardians of the Galaxy alias Oans untuk mengurung para kriminal galaksi paling berbahaya di DC Universe. Sebagai penegak hukum di galaksi, para Green Lantern sering membawa tahanan mereka ke Sciencell, di mana Oans akan menjatuhi hukuman ribuan bahkan miliaran tahun lamanya. Saking ketat dan kuatnya, selain sering menjadi penjara bagi supervillain sekelas Sinestro dan Despero, Sciencell juga pernah mengurung versi jahat Superman seperti Cyborg-Superman dan Superboy-Prime.

Itulah lima penjara super ketat yang dikhususkan bagi para supervillain di DC Universe. Secara garis besar kelima penjara ini sangat berbeda dengan penjara pada umumnya, karena siapa pun yang masuk ke dalamnya jika tidak mati maka akan terkurung untuk waktu yang sangat lama. Sekalipun para narapidanya bisa kabur dari salah satu penjara ini, entah bagaimana caranya mereka selalu kembali untuk merasakan kengerian yang sama. Di sisi lain keberadaan dari semua penjara khusus ini membuktikan bahwa para villain DC terlalu mengerikan untuk ditempatkan di penjara biasa.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.