Industri perfilman memang tidak akan pernah sepi dari talenta baru, termasuk para musisi besar yang ternyata sangat pandai untuk berakting. Industri perfilman memang selalu dipenuhi oleh para aktor dan aktris dengan talenta yang sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan mereka memang mendedikasikan dirinya untuk berakting dan berperan. Meskipun begitu, ternyata ada juga berbagai talenta yang bukan berasal dari kalangan aktor.

Contoh nyatanya adalah Dwayne Johnson, John Cena, dan bahkan Dave Bautista yang kini sukses di industri perfilman Hollywood. Padahal, pada awalnya, mereka adalah para pegulat profesional. Namun, mereka ternyata memiliki bakat dan pandai berakting. Selain para pegulat tersebut ada juga beberapa musisi besar yang pandai untuk berakting. Siapa saja?

Ludacris

Nama Ludacris mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar franchise Fast and Furious. Dia adalah pemeran dari Tej Parker di franchise tersebut. Ludacris sendiri muncul pertama kali di film 2 Fast 2 Furious menggantikan sosok Ja Rule yang memiliki konflik dengan pihak Universal. Ludacris sendiri berperan sebagai Tej di enam film Fast and Furious dan akan muncul di dua film terakhirnya.

Ludacris sendiri merupakan seorang rapper yang populer, terutama di era awal 2000an. Dia banyak memiliki banyak karya, yang mana bahkan salah satu karyanya muncul dan jadi soundtrack di film 2 Fast 2 Furious. Karir musiknya sendiri sudah dimulai sejak akhir 1990an, yang mana bahkan dia memiliki label rekaman sendiri. Dua album yang dia rilis di 2003 dan 2004 bahkan berhasil mendapatkan penghargaan. Selain di franchise Fast and Furious, Ludacris juga pernah muncul di beberapa judul series dan mengisi suara.

Ice Cube

Selain Ludacris, rapper legendaris yang ternyata pandai berakting adalah Ice Cube. Sosok Ice Cube sangat dikenal di kalangan pecinta hip hop, di mana dia merupakan salah satu anggota kelompok musisi N.W.A. bersama Snoop Dog, Dr. Dre, Eazy E, dan nama-nama lainnya. Album yang paling populer dan fenomenal hingga sekarang dari Ice Cube adalah Straight Outta Compton, It Was A Good Day, Gangsta Nation, dan sebagainya.

Ice Cube kemudian memulai karirnya sebagai aktor di tahun 1991 dengan membintangi film Boyz n the Hood, film yang dianggap jadi kebangkitan kaum kulit hitam di industri film. Seiring berjalannya waktu, karir Ice Cube terus menanjak dengan membintangi banyak judul. Contohny adalah Anaconda, XXX: The Next Level, Torque, dan sebagainya. Yang uniknya adalah Ice Cube sangat lekat dengan citra pemarah yang membuatnya sering muncul di beberapa judul film komedi, contohnya adalah 21 dan 22 Jump Street.

Harry Styles

Harry Styles merupakan salah satu musisi populer di era modern, di mana namanya melejit setelah bergabung dengan kelompok One Direction. Hingga saat ini, Harry masih menelurkan berbagai karya terbaiknya di industri musik. Contohnya adalah Story of My Life, Golden, dan Adore You. Harry ternyata pandai untuk berakting, terbukti dia bermain di film karya Christopher Nolan yaitu Dunkirk.

Meskipun penampilan Harry Styles di dunia akting belum terlalu lama, namun yang mengejutkan adalah banyak tanggapan positif yang muncul terhadap sosoknya terutama di film Dunkirk. Bahkan, dalam film Eternals kemarin kita diperlihatkan bagaimana Harry Styles akan memiliki peran yang luar biasa di masa depan MCU. Dia diperlihatkan jadi sosok yang memerankan Eros, adik dari Thanos.

Will Smith

Mungkin banyak dari Geeks yang tidak menyangka jika Will Smith adalah seorang musisi besar dengan berbagai karya. Sebelum memulai karirnya sebagai aktor, Will Smith lebih dikenal sebagai penyanyi. Bahkan, karir menyanyinya sudah dimulai sejak era akhir 1980an. Will Smith kemudian mulai kehidupan berakting sejak dia bergabung di sebuah sitkom Fresh Prince of Bel-Air.

Sitkom tersebut melambungkan nama Will Smith yang kemudian diperlihatkan dia bermain di film Man in Black pada 1997. Sejak saat itu, Will Smith mulai banyak berperan di berbagai film contohnya Pursuit of Happines, Bad Boys, I Am Legend, Hancock, dan berbagai judul lainnya. Nama Will Smith sendiri sempat jadi perbincangan di awal tahun 2022 kemarin dengan insiden penamparan terhadap Chris Rocks dalam ajang Academy Award.

Rihanna

Terkenal dengan singlenya yang berjudul “Umbrella,” Rihanna merupakan salah satu musisi pop yang pandai dalam berakting. Rihanna diketahui menjadi bintang di beberapa film blockbuster. Contohnya adalah Battleship di mana dia beradu akting dengan aktor kawakan seperti Liam Neeson. Dia juga bahkan jadi salah satu karakter utama di film spinoff franchise Ocean’s yaitu Ocean’s 8.

Dalam filmnya, Rihanna diperlihatkan sebagai seorang peretas handal yang terlibat dalam sebuah momen pencurian perhiasan. Selain berakting, Rihanna juga sempat mengerjakan proyek lainnya di luar musik seperti mengisi suara berbagai karakter film animasi. Rihanna sendiri menjadi penyanyi yang mengisi soundtrack film Black Panther 2: Wakanda Forever dengan judul “Lift Me Up,” di mana lagunya berhasil masuk nominasi Golden Globe dan Academy Award.

Jamie Foxx

Jamie Foxx dikenal memiliki banyak talenta dan kemampuan. Selain sebagai musisi, Foxx juga dikenal sebagai aktor dan komedian. Diketahui Jamie Foxx sudah merilis beberapa album di era 2000an dan juga merilis berbagai single. Bahkan, di tahun 2006 dan 2009 Jamie Foxx sempat mengadakan tour sebagai seorang penyanyi. Debut Foxx sebagai aktor dimulai pada 1992 di mana dia membintangi sebuah film komedi berjudul Toys.

Sejak saat itu, Foxx mulai banyak mendapatkan tawaran bermain film. Berbagai film yang pernah dibintangi oleh Foxx adalah drama biografi Ali pada 2001, Collateral pada 2004, Miami Vice, Django Unchained, dan The Amazing Spider-Man, serta Spider-Man: No Way Home. Jamie Foxx diketahui masih memiliki beberapa proyek film yang sedang dia kerjakan saat ini.

Awkwafina

Sosok Awkwafina mungkin lebih dikenal sebagai aktris yang muncul di film fenomenal Crazy Rich Asians. Namun, dia adalah seorang rapper wanita yang cukup aktif untuk menelurkan berbagai karya musik. Karya musik rap yang dihadirkan olehnya memang sangat vulgar, yang memang cenderung jadi ciri khas rap di era saat ini. Perjalanan karir Awkwafina di industri film dimulai pada 2014.

Dia berperan di berbagai judul TV series dan juga mengisi suara berbagai karakter. Namun, namanya mulai melejit setelah berperan di film The Farewell, Crazy Rich Asians, Ocean’s Eight, dan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Perannya sebagai Katy kemungkinan akan kembali di film sekuelnya, berdasarkan dari apa yang dihadrikan di post-credit scene.

Lady Gaga

Musisi besar yang pandai berakting terakhir tidak lain adalah sosok Lady Gaga. Rasanya Geeks sudah tidak asing lagi dengan penyanyi nyentrik satu ini. Banyak dari karya musiknya yang jadi fenomenal dan dikenal hingga sekarang. Contohnya adalah Poker Face, Bad Romance, Just Dance, Born This Way, dan masih banyak lainnya. Lady Gaga mengejutkan orang-orang dengan penampilannya di film A Star Is Born.

Kemampuan akting dari Lady Gaga dianggap begitu natural saat beradu dengan lawan mainnya, Bradley Cooper. Tawaran bermain film pun kemudian kembali muncul di mana dia berakting di film House of Gucci bersama Adam Driver. Yang paling baru, Lady Gaga dijadwalkan berperan bersama Joaquin Phoenix dalam sekuel Joker yaitu Folie à deux di mana Gaga akan berperan sebagai Harley Queen.

Meskipun pada dasarnya mereka adalah musisi, namun ternyata para musisi tersebut pandai berakting. Hal ini terbukti dengan berbagai tawaran akting muncul dan banyak judul film yang berhasil mereka bintangi. Ini menjadi bukti jika para musisi tersebut memiliki talenta lain yang luar biasa selain dalam hal musik. Bukan hal mustahil jika kemudian para musisi ini kedepannya akan memutuskan untuk benar-benar berfokus pada karir akting.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.