Meskipun menjadi salah satu tim pahlawan terkuat di universe DC, namun beberapa dari anggota Justice League pernah mengalami kematian dalam ceritanya. Seperti yang Geeks ketahui, Justice League merupakan tim pahlawan yang sangat luar biasa. Tim ini terdiri dari berbagai karakter kuat mulai dari Wonder Woman, Superman, Batman, The Flash, Green Lantern, dan sebagainya.

Justice League bertanggung jawab atas keamanan bumi dari berbagai ancaman besar yang muncul. Berbagai villain pun pernah mereka hadapi, misalnya adalah Darkseid. Meskipun begitu, DC Comics pernah memperlihatkan momen di mana beberapa karakter yang jadi anggota Justice League tewas. Kematian anggota Justice League tersebut jelas mengguncang para fans dan juga anggota lainnya. Siapa saja mereka?

Superman

Superman merupakan karakter yang banyak dikenal sebagai pemimpin dari Justice League. Sayangnya, Superman adalah Justice League pertama yang diperlihatkan tewas di universe DC Comics. Kematiannya terjadi dalam alur cerita “The Death of Superman” pada 1992. Dalam ceritanya, Superman dipanggil oleh para anggota yang sedang menghadapi Doomsday.

Semua anggota Justice League berusaha untuk menghentikan monster tersebut, tapi tidak berhasil. Bahkan mereka menggabungkan kekuatan untuk menyerang, namun tetap tidak menggoyahkan Doomsday sedikit pun. Pertarungannya dengan Superman berlangsung sengit. Dia pun berhasil menemukan kelemahan Doomsday. Dengan sisa kekuatan dan tenaganya, dibantu oleh Supergirl, akhirnya Doomsday berhasil dikalahkan namun Superman harus meninggal dalam momen itu.

Wonder Woman

Wonder Woman adalah salah satu superhero yang sudah sejak lama diperkenalkan oleh DC Comics dan juga jadi karakter yang ikonik selain Superman dan Batman. Wonder Woman sendiri diketahui tewas dalam komik Dark Nights: Death Metal salah satu alur cerita modern yang populer. Ceritanya sendiri berfokus pada perjuangan para pahlawan menghadapi sosok Batman.

Namun, Batman ini berasal dari timeline lain di mana Joker berhasil mengubahnya menjadi gila setelah terjatuh ke larutan kimia. Dengan misi menyelamatkan seluruh nyawa dari orang-orang yang dia sayangi, Diana kemudian memutuskan untuk mengorbankan dirinya. Diana kemudian diperlihatkan kembali bangkit dan mendapatkan kesempatan kedua setelah dia berhasil menjalani tantangan di alam lain.

Batman

Sebagai sosok paling cerdas di Justice League dan juga anggota yang paling bisa diandalkan, kehilangan sosok Batman jelas menjadi pukulan berat bagi Justice League apalagi Superman. Batman pernah diperlihatkan tewas dalam cerita Final Crisis yang rilis pada 2009. Dalam alur cerita tersebut diperlihatkan bagaimana Justice League harus berhadapan dengan Darkseid yang berencana menghancurkan multiverse.

Batman jadi sosok yang bertarung menghadapi Darkseid di puncak pertempuran mereka. Dalam pertarungan tersebut, Batman sempat “dikutuk” oleh Darkseid di mana dia menjadikan the Dark Knights sebagai bom hidup dengan memanfaatkan “Omega Energy.” Kematian Batman menjadi sebuah penderitaan yang mendalam terutama bagi Superman, yang begitu mengenal dekat sosok Bruce Wayne.

Martian Manhunter

Sebelum Batman tewas, Darkseid diperlihatkan berhasil untuk menghabisi nyawa salah satu anggota Justice League terkuat lain yaitu Martian Manhunter dalam cerita Final Crisis tahun 2008. Darkseid memang sejak lama mengincar bumi untuk dihancurkan, namun sebelum itu dia sempat mengirimkan berbagai pasukan miliknya. Contohnya adalah Libra, yang merupakan salah satu agen terbaik Darkseid.

Kemudian, Darkseid juga mengirimkan Secret Society of Super-Villains yang mana merekalah yang kemudian jadi penyebab kematian dari Martian Manhunter. Namun, bertahun-tahun setelah kematiannya Martian Manhunter diperlihatkan kembali bangkit. Hal ini demi membantu bumi menghadapi Nekron dalam cerita Blackest Night. Martian Manhunter dipilih oleh White Entity untuk mempertahankan bumi dari serangan zombie Nekron.

Aquaman

Pasca momen epik yang terjadi di Infinite Crisis, DC Comics kemudian menghadirkan sebuah cerita One Year Later. Dalam cerita tersebut sebuat timeskip terjadi yang memunculkan banyak teka-teki. Dalam komik Aquaman: Sword of Atlantis, terungkap bahwa dalam beberapa tahun belakangan Arthur Curry diperkirakan menghilang tanpa kabar. Bahkan, dia juga dianggap sudah tewas.

Sosok Aquaman yang baru, Arthur Joseph Curry, kemudian melanjutkan perjuangan tersebut. Namun, dia kemudian harus kehilangan nyawanya demi melindungi berbagai nyawa yang tidak berdosa. Arthur Joseph Curry kemudian mengorbankan nyawanya kepada para dewa demi keselamatan mereka. Namun, yang unik adalah Aquaman kemudian bereinkarnasi menjadi seorang dewa laut itu sendiri yaitu Dweller of the Depths.

Green Arrow

Kematian dari Green Arrow mungkin juga adalah salah satu kematian yang heroik sekaligus menyedihkan. Dalam komik Green Arrow yang rilis pada 1995, setelah berhasil menjalin koneksi dengan kelompok teroris lingkungan bernama Eden Corps, Oliver Queen dipaksa berada dalam situasi yang menegangkan. Dia diperlihatkan terjebak di dalam sebuah pesawat terbang.

Pesawat terbang yang hendak pergi ke Metropolis tersebut ternyata dipasangi bom. Superman sebenarnya berhasil tiba di pesawat tersebut dan hendak menolong Oliver Queen, namun ternyata situasinya sangat pelik. Olie hanya memiliki dua pilihan; tewas bersama pesawatnya atau kehilangan kemampuan memanah dan hidup. Akhrinya, Olie memilih opsi yang pertama. Connor Hawke yang merupakan anaknya kemudian menjadi pengganti sang ayah.

Hawkgirl (Kendra Saunders)

Dibandingkan para karakter di atas, mungkin Hawkgirl adalah salah satu anggota Justice League yang underrated. Dalam cerita Blackest Night, Hawkgirl terpilih bersama dua belas pahlawan lainnya untuk bertarung menghadapi para zombie Nekron. Tetapi, Hawkman kemudian menemukan fakta bahwa sosok yang bangkit dan jadi Hawkgirl bukanlah Kendra melainkan Shiera – dalam tubuh Kendra.

Hawkgirl sendiri kemudian harus tewas akibat diserang oleh zombie Sue Dibny, istri dari Elongated Man yang juga sama-sama berubah menjadi zombie. Ironisnya adalah Hawkgirl ternyata diperlihatkan memang ditakdirkan untuk tewas. Dan hal ini kemudian benar terjadi saat dia menyatakan cintanya kepada Hawkman.

Kematian menjadi sebuah hal yang memang terjadi apalagi terhadap para pahlawan seperti Justice League. Namun, kematian yang dihadirkan dalam berbagai cerita di DC Comics tersbeut biasanya dipenuhi oleh momen heroik. Contohnya adalah kematian Batman atau Superman. Meskipun begitu, kematian ini memberikan hal yang berbeda terhadap para sosok pahlawan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.