Batman merupakan salah satu superhero veteran DC yang telah melanglang buana di semesta komiknya sejak akhir tahun 1930-an. Dengan sejarahnya yang sudah terbentang selama lebih dari delapan dekade, faktanya sampai hari ini tercatat ada banyak sekali karakter yang telah mengambil alih atau meminjam identitas superhero Bruce Wayne untuk sementara waktu. Menariknya, selain para sidekick-nya, seperti Dick Grayson, Jason Todd, bahkan anaknya Damian Wayne, ternyata ada setidaknya lima villain yang pernah jadi Batman di DC Universe. Siapa saja villain yang dimaksud? Simak di bawah ini, Geeks.

Hugo

Penggemar setia Batman pasti mengenal siapa Hugo Strange. Terkenal sebagai profesor sekaligus kepala psikiater yang korup dan manipulatif di Arkham Asylum, Hugo adalah villain yang sangat berambisi ingin mengungkap identitas rahasia Batman. Menariknya di kisah ‘Strange Apparitions’, Hugo diceritakan berhasil menangkap dan mengungkap identitas Batman. Dengan terkurungnya Bruce Wayne, villain yang terkenal mengerikan ini lantas menyamar jadi Batman dan berusaha membuat nama baik sang superhero menjadi buruk di mata penduduk Gotham. Terlepas dari tindakan jahatnya, Hugo bisa dibilang telah berhasil menyerupai Batman sepenuhnya, mulai dari suara sampai setiap pergerakannya.

Bane

Di DC Universe, Bane dikenal sebagai salah satu villain Gotham yang pernah membuat Bruce Wayne berada pada titik terendah dengan mematahkan punggungnya di peristiwa ‘Knightfall’. Walaupun begitu, dibalik semua kejahatannya, ternyata jauh di lubuk hatinya Bane sadar bahwa Batman adalah simbol Kota Gotham yang tak terpisahkan. Itulah mengapa di kisah Forever Evil, ketika Batman menghilang, villain berotot ini justru rela jadi Batman untuk melindungi Gotham dari Crime Syndicate yang berusaha menguasai dunia. Hebatnya lagi saat Batman diceritakan kembali, dia dengan berbesar hati mau langsung masuk kembali ke penjara Arkham seperti sediakala.

Black Mask

Villain tangguh lainnya yang pernah diceritakan jadi Batman adalah Black Mask. Semuanya bermula setelah Black Mask dengan sangat kejam membunuh Stephanie Brown, Robin wanita pertama di Bat-Family. Tidak berhenti sampai di situ saja, Black Mask lantas memanfaatkan momen duka Bruce Wayne dengan menyamar sebagai Batman dan membuat sang Caped Crusader tampak seperti villain di mata GCPD. Semua itu dia lakukan untuk membuat GCPD menjauh dari kelompok mafia yang dipimpinnya. Di sisi lain, Joker yang mengetahui ada yang salah dari musuh bebuyutannya, langsung mengakhiri ‘pertunjukkan solo’ yang dilakukan Black Mask dengan tangannya sendiri.

Hush

Di kalangan penggemar DC, Hush memang dikenal sebagai villain Gotham yang kecerdasan dan ketangguhannya mampu menandingi Batman. Teman masa kecil Bruce Wayne ini bahkan pernah dengan sengaja mengoperasi wajahnya agar terlihat seperti Bruce. Semua itu dia lakukan karena rasa cemburunya kepada Bruce yang mempunyai kehidupan masa kecil lebih bahagia darinya, sementara dirinya mendapatkan banyak siksaan dari ayahnya. Meskipun Hush belum sempat beraksi dengan kostum Batman, tetapi dengan wajahnya yang mirip Bruce, villain ini terbilang cukup sering menyamar jadi pemilik Wayne Enterprise demi merusak nama baik Bruce dan perusahaannya.

Joker

Berbeda dari kisah alternatif Bruce Wayne yang sengaja menyuntikan Joker Venom dan berubah jadi villain Batman Who Laughs, komik Batman: I, Joker justru menceritakan kisah tandingannya di mana sang Clown Prince of Crime memutuskan untuk mengambil alih peran Dark Knight di semestanya. Kisahnya berawal dari varian Batman jahat yang sengaja menciptakan kemudian mengalahkan banyak villain demi kesenangannya sendiri. Joker versi baik yang tidak bisa tinggal diam melihat tindakan kejam tersebut lantas memimpin pemberontakan dan berhasil mengalahkan Bruce Wayne. Untuk mengembalikan citra heroik Batman, Joker diceritakan mengambil alih identitasnya dan jadi superhero Gotham.

Itulah lima villain yang pernah diceritakan jadi Batman di DC Universe. Terlepas dari berbagai tujuannya, baik karena ingin merusak nama baik atau bahkan ingin menjaga nama Batman, para villain ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Batman adalah salah satu superhero yang identitasnya paling mudah untuk ditiru. Salah satu alasan terkuatnya adalah karena tidak banyak yang tahu identitas asli di balik topeng Batman, sehingga siapa pun yang memakainya selain Bruce Wayne akan dianggap sebagai sang Dark Knight sungguhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.