Meskipun dalam dunia buku komik atau film pahlawan super biasanya memiliki kekuatan dahsyat, namun ada juga pahlawan yang memanfaatkan teknologi sebagai kekuatan super mereka. Pahlawan super selalu berhasil membuat banyak orang terkesima sejak lama. Hal ini karena kemampuan unik mereka yang membuat mereka bisa melakukan banyak hal, yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Misalnya, mengangkat benda berat, melakukan telepati, dan sebagainya. Meskipun dalam sejarahnya ada banyak karakter pahlawan yang memiliki kekuatan super, terlepas dari bagaimana mereka mendapatkannya, namun ada juga beberapa pahlawan yang memanfaatkan teknologi canggih sebagai sumber kekuatan super mereka. Dan mereka tidak kalah dahsyat dari para pahlawan lainnya. Siapa saja mereka?

Booster Gold

Memiliki nama asli Michael Jon Carter, Booster Gold merupakan salah satu karakter yang cukup populer saat ini meskipun dia termasuk karakter baru. Dalam cerita komiknya, Booster Gold merupakan pahlawan super yang berasal dari masa depan. Dia memanfaatkan teknologi canggih dari masa tersebut untuk kembali ke masa lalu dan mencegah berbagai hal mengerikan terjadi.

Berkat teknologi dan peralatan canggih tersebut, Booster Gold memiliki armor yang memberikannya kemampuan untuk terbang, mendapatkan sumber tenaga yang dahsyat, dan bahkan armornya memiliki sistem persenjataan yang canggih. Dia juga memiliki sebuah alat canggih untuk menghasilan sebuah medang energi dan mampu memanipulasi waktu. Tidak heran jika Booster Gold jadi salah satu pahlawan yang diandalkan.

Green Arrow

Oliver Queen alias Green Arrow dikenal karena kemampuannya sebagai penembak jitu dalam melepaskan anak panahnya. Dia juga diketahui memiliki berbagai macam trickshot atau teknik khusus menembakan anak panah yang membuatnya jadi salah satu pahlawan yang disegani. Oliver Queen sendiri merupakan sosok yang sangat kaya, di mana keluarganya memiliki perusahaan Queen Industries yang merupakan saingan dari Wayne Industries.

Karena memiliki perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan militer, Ollie sering memanfaatkan berbagai teknologi dari perusahaan tersebut untuk menyelamatkan orang-orang. Biasanya, dia akan memanfaatkan panah miliknya untuk dipasangi berbagai anak panah yang sangat canggih. Misalnya, anak panah yang mampu untuk menghasilkan ledakan, bom asap, pengait, dan masih banyak lainnya.

Ant-Man

Teknologi yang dimiliki oleh Ant-Man, yaitu Ant-Man Suit, jadi bukti kedahsyatan dari teknologi yang digunakan di kostum tersebut. Kostumnya membuat sang pahlawan mampu untuk menyusut atau mengecil sampai level subatom. Hal tersebut membuatnya bisa melalui berbagai celah kecil yang tidak bisa dilalui oleh manusia atau hewan berukuran normal. Kostu

Kostum tersebut juga dilengkapi oleh berbagai peralatan canggih yang membuat Ant-Man mampu untuk mengendalikan semut-semut atau serangga, yang membantunya dalam berbagai misi. Dalam beberapa kesempatan, Ant-Man juga sering menggunakan teknologi seperti Pym Particles untuk memanipulasi ukuran dan besaran tubuhnya. Scott Lang dan Hank Pym adalah dua karakter yang pernah menggunakan titel ini.

Blue Beetle

Blue Beetle merupakan salah satu pahlawan DC yang rencananya akan muncul dalam versi live-action. Jamie Reyes alias Blue Beetle adalah pahlawan super yang menggunakan teknologi canggih dari luar bumi. Dia menggunakan scarab atau jimat berbentuk kumbang yang berasal dari luar bumi. Scarab tersebut membuat Jamie bisa mendapatkan banyak kekuatan super yang dahsyat.

Contohnya adalah terbang, meningkatkan level kekuatannya, energy projection, dan sebagainya. Yang luar biasanya juga adalah scarab yang dimiliki Jamie tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga menyatu dengan teknologi canggih lainnya. Meskipun begitu, satu kelemahan terbesar dari teknologi ini adalah bagaimana Jamie harus mengendalikan hasrat dalam dirinya agar teknologi tersebut tidak mengambil alih kesadarannya.

Vision

Sebagai makhluk buatan/manusia buatan, rasanya wajar jika dia masuk dalam kategori ini. Vision diketahui memiliki berbagai kemampuan teknologis seperti terbang atau menembus benda padat. Di cerita komiknya, Vision merupakan android yang dibangun dengan memanfaatkan sel milik sang pencipta, Phineas Horton, dan juga dipadukan dengan Solar Gem atau Mind Stone.

Namun, dalam cerita filmnya di MCU, Vision dibangun oleh Ultron yang dibantu oleh Helen Cho. Sumber kekuatannya sendiri berasal dari Mind Stone. Meskipun awalnya Vision diciptakan untuk membantu Ultron, namun pada akhirnya dia pun berpindah kubu. Vision diperlihatkan mampu beradaptasi dengan berbagai situasi, yang membuat dia jadi karakter yang patut untuk diperhitungkan.

War Machine

James Rhodes merupakan sahabat dari Tony Stark, yang juga sekaligus adalah mantan pilot tempur militer. Tony sendiri kemudian meminta Rhodey untuk bergabung dengannya dan menggunakan armor yang dia buat. Rhodey pun menggunakan salah satu armor ciptaan Tony dan kemudian mengadaptasi nama War Machine. Karena merupakan ciptaan Tony, armor War Machine jelas merupakan armor yang penuh dengan teknologi canggih.

Rhodey mampu untuk terbang, memiliki durabilitas yang tinggi, dan memiliki sistem senjata canggih mulai dari roket atau senapan dengan kaliber besar. Dalam armor War Machine ini juga terdapat sebuah sistem canggih yang membuatnya bisa melakukan analisis atau mengumpulkan data sebanyak mungkin.

Black Panther

Sebagai pemimpin dari negara Wakada, T’Challa memiliki akses terhadap teknologi paling canggih di dunia Marvel. Baik di film atau pun komiknya, diperlihatkan bagaimana T’Challa memanfaatkan teknologi canggih tersebut untuk membantunya dalam berbagai misi pahlawan yang dia lakukan. Contoh yang paling mudahadalah kostum Vibranium yang dia gunakan. Ini merupakan salah satu teknologi canggih yang dihadirkan di universe Marvel.

Dengan kostum Vibranium tersebut, T’Challa bisa melakukan banyak hal. Misalnya, menyerap semua serangan lawan dan mengembalikannya berkali-kali lipat. Kostum itu juga membuatnya bisa bergerak dengan sangat leluasa dan lincah. Senjatanya, cakar Vibranium juga bahkan mampu merusak tameng Captain America. Dalam cerita komiknya, T’Challa bahkan menciptakan senjata untuk para tim Avengers.

Cyborg

Separuh manusia dan separuh mesin, Victor Stone alias Cyborg merupakan karakter yang memang sangat erat kaitannya dengan teknologi. Bagaimana kemudian dia bisa kembali hidup pun sebenarnya berkat campur tangan teknologi. Cyborg memiliki kecanggihan yang dahsyat dalam dirinya, di mana selain memiliki kecepatan, daya tahan, dan kekuatan dahsyat, Cyborg mampu untuk melakukan semua hal yang berkaitan dengan komputer.

Misalnya, dia bisa masuk ke sistem perangkat yang tidak bisa diretas oleh orang-orang. Dia bisa mengendalikan mesin atau komputer dari jarak jauh. Selain itu, persenjataan dalam diri Cyborg juga luar biasa. Dia memiliki meriam sonic, perisai energi, dan hal lainnya. Dalam film Justice League, diperlihatkan jika bukan karena Victor Stone para pahlawan Justice League mungkin tidak akan menemukan markas dari Parademons.

Batman

Rasanya Geeks semua sudah terkejut jika kemudian Batman masuk ke daftar ini. Batman menggunakan teknologi untuk membantuknya dalam menghadapi kejahatan, seperti halnya dia menggunakan taktik dan kemampuan bela diri. Artinya, keduanya sama-sama berjalan beriringan. Banyak hal yang sudah Batman ciptakan sejauh ini, misalnya yang paling ikonik adalah Batmobile, Batwing, Batpod, dan Batboat.

Dia juga membangun sebuah supercomputer yang bisa melakukan berbagai macam hal, mulai dari pelacakan, peretasan, dan sebagainya. Belum lagi dia juga dilengkapi oleh berbagai peralatan canggih yang tidak kalah epik, misalnya Batarang, alat penyadapan, dan sebagainya. Seperti halnya Oliver Queen, Bruce Wayne memanfaatkan perusahaan teknologi dan militer milik ayahnya, Wayne Industries, untuk menghadirkan berbagai teknologi tersebut.

Iron Man

Selain Batman, pahlawan yang juga sudah tidak lagi asing di telinga Geeks yang sudah diduga akan masuk daftar adalah Iron Man. Sebagai seorang penemu dan juga insinyur handal, penggunaan teknologi dari Tony Stark adalah sesuatu yang tidak terelakan. Dan hal ini bisa kita lihat dari berbagai penemuannya. Yang paling jelas adalah bagaimana dia menciptakan berbagai versi dari armor yang dikenal sebagai Iron Man armor.

Selain menghadirkan armor yang kuat, armor ini juga dibekali oleh berbagai teknologi dan persenjataan canggih mulai dari repulsor, teknologi nano yang membuatnya bisa berubah kapan pun, laser, misil, dan lain-lain. Dan yang paling epik dari semuanya adalah bagaimana Tony menciptakan Arc Reactor, di mana teknologi ini mampu untuk menggantikan fungsi kerja jantung.

Meskipun kemampuan super dari para pahlawan menjadi sesuatu yang luar biasa, penggunaan teknologi dalam hal memeberantas kejahatan juga tidak kalah menarik dan dahsyat. Hal ini dibuktikan bagaimana para karakter pahlawan di atas sering jadi andalan di tim atau kelompok mereka masing-masing. Di sisi lain, ini juga membuktikan jika teknologi bisa digunakan untuk kebaikan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.