Marvel Universe adalah semesta komik yang di dalamnya ada banyak sekali karakter menarik yang terbentang dari mulai superhero sampai supervillain. Mengingat umur Marvel yang sampai hari ini sudah lebih dari delapan dekade, sudah tidak terhitung lagi jumlah karakter yang telah mereka perkenalkan melalui berbagai cerita komiknya. Di mana hampir sebagian besar karakter ikonisnya sudah diperkenalkan juga satu per satu di semesta live action Marvel Cinematic Universe. Namun ternyata dari sekian banyak karakter Marvel, setidaknya ada lima superhero yang tidak bisa gabung MCU karena masalah hak properti.

Red Sonja

Red Sonja adalah salah satu superhero medieval yang pertama kali melakukan debut Marvelnya di komik Conan the Barbarian. Saking populernya, karakter tangguh yang terkenal cukup terbuka ini kemudian sempat mendapatkan komik solonya sendiri dan juga ikut ambil bagian di komik crossover Marvel Team-Up bersama Spider-Man. Bahkan setelah kisah solonya berakhir, pada tahun 90-an Red Sonja masih tetap beraksi di berbagai kisah Marvel. Sayangnya sekarang hak atas superhero cantik ini sudah dijual kepada Dynamite Entertainment, sehingga potensi kemunculan Red Sonja di MCU sangatlah kecil.

Powdered Toast Man

Sesuai dengan namanya, Powdered Toast Man adalah superhero nyeleneh dari kisah Ren & Stimpy yang mempunyai penampilan layaknya manusia roti panggang. Ren & Stimpy sendiri merupakan ikon hewan nyeleneh dari Nicktoon alias Nickelodeon Cartoon yang pernah menjadi bagian dari keluarga Marvel Comics pada tahun 90-an. Melalui salah satu kisah komiknya, Powdered Toast Man pernah diceritakan bertarung dengan sang web slinger andalan Marvel, Spider-Man. Sayangnya meskipun saat ini Spider-Man eksis di MCU, hal yang sama tidak akan terjadi kepada superhero Toast Man karena sekarang Marvel sudah tidak lagi bekerja sama dengan Nicktoon untuk menggarap kisah Ren & Stimpy.

Rom the Space Knight

Pada tahun 70-an Marvel Comics pernah memperkenalkan sejumlah karakter baru yang diadaptasi dari mainan populer di Amerika. Salah satunya adalah superhero robot bernama Rom the Space Knight, dari perusahaan mainan Parker Brothers, yang memulai debut Marvelnya di komik ROM: SpaceKnight. Selain kisah solo yang menceritakan pertualangannya saat melawan bangsa alien jahat Dire Wraith, Rom juga sempat muncul di kisah Secret Wars II, di mana dia sempat bertemu dengan sejumlah anggota Avengers. Namun, karena sekarang Parker Brothers sudah dibeli oleh Hasbro, hal ini membuat superhero sekeren Rom tidak akan bisa masuk MCU karena sudah lepas dari Marvel.

Doc Savage

Sebelum seterkenal sekarang, pada era Silver Age komik, Marvel bisa dibilang masih cukup sering bereksperimen dengan kisah yang ada di semesta komiknya. Hal itu sengaja mereka lalukan demi membuat komik mereka laris di pasaran. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan menghadirkan superhero klasik Doc Savage yang sudah lebih dahulu terkenal di kalangan penggemar pulp fiction. Superhero yang terkenal karena kekuatan fisiknya ini bahkan sempat diceritakan bekerja sama dengan The Thing dari Fantastic Four. Namun, karena sekarang Marvel sudah tidak lagi memegang hak properti Doc Savage, sangat mustahil bagi superhero kuat ini untuk muncul di MCU.

Conan of Cimmeria

Conan the Barbarian yang sekarang terkenal di kalangan penggemar Marvel sebagai anggota Savage Avengers bernama Conan of Cimmeria, adalah superhero terakhir di daftar ini yang tampaknya akan sangat sulit untuk bergabung dengan MCU. Meskipun karakternya debut di Marvel Comics pada tahun 1970 dan kemudian pada tahun 2021 kembali dengan kisah Savage Avengers, tetapi sekarang hak atas karakternya telah dijual oleh Marvel kepada Titan Books. Sehingga untuk menjadi anggota Avengers pada masa depan MCU sepertinya tidaklah mudah, karena Marvel Studios mungkin akan lebih memilih para karakter populer yang saat ini memang sudah jelas merupakan bagian dari Marvel Comics.

Itulah lima superhero Marvel yang tampaknya akan sangat sulit untuk dimunculkan di jagat sinema MCU. Meskipun saat ini sejumlah kisah dari para karakternya masih menjadi bagian dari koleksi Marvel Comics, tetapi untuk menghadirkan kisah baru di MCU adalah hal yang sama sekali berbeda. Karena jika ingin melakukan hal tersebut, mungkin Marvel Studios harus lebih dahulu melakukan kesepakatan yang tidak murah, mengingat saat ini MCU sangatlah populer. Jadi akan lebih baik bagi studio untuk menghadirkan para karakter yang lebih mudah diboyong dari Marvel Comics ke MCU, bukan dari luar Marvel.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.